Sukses

Mantan Syabda Perkasa Belawa, Ribka Sugiarto Ucapkan Belasungkawa dan Terima Kasih

Liputan6.com, Jakarta - Atlet bulu tangkis Indonesia Syabda Perkasa Belawa, meninggal dunia pada Senin, 20 Maret 2023 dini hari saat menuju Sragen untuk berziarah ke makam sang nenek. Kepergian Syabda Perkasa Belawa yang mengalami kecelakaan di Tol Pemalang, Jawa Tengah bersama keluarganya, tentu meninggalkan duka bagi orang-orang terdekatnya maupun yang pernah dekat dengannya seperti Ribka Sugiarto.

Ribka Sugiarto adalah mantan pacar Syabda yang juga seorang atlet bulu tangkis nasional. Meski sudah tidak menjalin hubungan khusus, Ribka ikut merasa sedih dan bahkan sempat tak percaya Syabda sudah pergi untuk selamanya.

Pebulu tangkis ganda putri Indonesia itu ikut berbelasungkawa. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Syabda karena pernah mengisi hari-harinya sebagai kekasih.

Meski sudah berpisah dan masing-masing punya pasangan baru, Ribka tetap merasa sedih dan kehilangan ketika mengetahui mantan pacarnya telah tiada.

"Innalilahi wa inna ilaihi rojiun. Aku masih gak nyangka tem (Syabda) kamu pergi cepet banget," tulis Ribka dalam unggahan di Insta Stories di akun Instagramnya, @ribkasugiarto, Senin, 20 Maret 2023.

"Terima kasih sudah pernah mengisi kehidupan aku tem," lanjut wanita berusia 23 tahun itu.

Ibunda dari Syabda, Anik Sulistyowati, juga ikut meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut. Ribka pun juga berduka atas kepergian wanita berusia 49 tahun tersebut dan meminta maaf apabila dirinya memiliki salah.

"Tante juga bahagia ya di sana. Sama item juga udah gak ngerasain sakit lagi. Terima kasih tante sudah baik sama Ribka, udah Ribka anggap seperti mama sendiri. Maafin Ribka tante, kalo Ribka banyak salah ya tan," tulisnya lagi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ribka Beri Semangat pada Keluarga Syabda

Sementara itu, ayah, kakak dan adik dari Syabda, masih menjalani perawatan lebih lanjut di Rumah Sakit Al-Ikhlas, Pemalang. Ribka pun ikut menyemangati keluarga yang ditinggalkan untuk tetap kuat atas kehilangan tersebut. "Om, kak Diana, dek Tata harus kuat," tutup Ribka.

Saat ini, Ribka berpacaran juga dengan sesame pebulu tangkis nasional, Rian Ardianto. Saat Ribka berduka karena neneknya meninggal dunia di tahun lalu, Rian pun ikut memberikan dukungan. Saat sukses menyabet gelar juara Denmark Open 2022 pada Minggu, 23 Oktober 2023, pasangan Fajar Alfian di ganda putra itu mempersembahkan kemenangannya untuk nenek Ribka Sugiarto.

Selain kepada pelatih, orangtua, dan para penggemar yang setia mendukung, Rian Ardianto teringat pacarnya, Ribka Sugiarto yang sedang berduka karena neneknya meninggal dunia.

"Gelar ini buat almarhum nenek dari pacar saya karena sudah meninggal hari ini, jadi saya pengin mempersembahkan (kemenangan ini untuk almarhumah)," ucap Rian Ardianto di lapangan, dilansir dari kanal Showbiz Liputan6.com. 

3 dari 4 halaman

Kekasih Ribka Sugiarto

Jawaban itu disambut gemuruh tepuk tangan para penonton. Potongan wawancara ini diunggah warganet yang merespons kutipan pidato kemenangan Rian Ardianto akun Twitter terverifikasi @badmintontalk.

Sebelumnya, akun @badmintontalk mencuit pada 23 Oktober 2022 soal pernyataan Rian Ardianto, "Terima kasih buat keluarga saya, keluarga Fajar, dan juga… pacar. Dan saya juga ingin mendedikasikan gelar ini untuk almarhumah nenek dari pacar saya yang baru meninggal."

Sementara, mendiang Syabda Perkasa Belawa berpacaran dengan Pitha Haningtyas Mentari usai putus dari Ribka. Pitha yang juga pebulu tangkis nasional ini terlihat menangis ketika tim badminton Indonesia melakukan doa bersama, Senin 21 Maret 2023, jelang pertandingan di Swiss Open 2023. Terlihat dalam unggahan video di akun Twitter PBSI (@INABadminton), pelatih dan pemain badminton Indonesia mengadakan doa bersama untuk Syabda Perkasa Belawa.

Sepanjang doa bersama yang dipimpin oleh pelatih fisik PBSI Yansen Alphine berlangsung, terlihat kekasih Syabda itu duduk di lantai menyandar tembok. Tampak pula atlet spesialis ganda putri yaitu Apriyani Rahayu, berdiri di samping dan berusaha menenangkan Pitha Haningtyas.

4 dari 4 halaman

Pesan Terakhir dari Kekasih Syabda

Pitha sudah buka suara terkait setelah sang kekasih Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia akibat kecelakaan mobil. Ia mengungkapkan isi pesan terakhirnya kepada Syabda.Awalnya, Pitha menyampaikan kabar bahwa dirinya sudah tiba di lokasi yang ia tuju. "Aku udah landing. Alhamdulillah. Aku udah di bus, aku otw ya," tulis Pitha yang kala itu bertanding di All England.

Tak lama setelah pesan tersebut, ia kembali menuliskan pesan singkat. "Aku udah sampe, Alhamdulillah, sekamar sama Grego," tulisnya lagi meski tidak ada respons dari Syabda.

Terakhir ia menulis, "Papoyy, jawab chat aku. Sadaaa". Pesan itu kemudian jadi chat terakhirnya kepada Syabda meski tanpa balasan. Tangkapan layar keduanya tengah berkomunikasi ini ia unggah di Instastories dengan caption: Our last (dengan emoji hati).

Setelah itu, tidak ada lagi percakapan di antaranya keduanya karena Syabda Perkasa Belawa diketahui meninggal dunia karena kecelakaan di Tol Pemalang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.