Sukses

2 Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle Tak Diundang ke Penobatan Raja Charles III

Dua anak Pangeran Harry dan Meghan Markle, Archie Harison dan Lilibet Diana, disebut tak diundang menghadiri upacara penobatan kakek mereka, Raja Charles III.

Liputan6.com, Jakarta - Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle, Archie Harison dan Lilibet Diana, tidak diundang untuk menghadiri acara penobatan Raja Charles III yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 6 Mei 2023 di Westminster Abbey, London. Dalam upacara tersebut, Raja Charles akan dimahkotai bersama Ratu Camilla.

Dikutip dari The Sun pada Minggu, 12 Maret 2023, Pangeran Harry dan Meghan resmi diundang beberapa minggu yang lalu. Namun, surat dari Buckingham Palace itu tidak menyebutkan Archie yang berusia tiga tahun maupun Lilibet yang berusia satu tahun.

Dikabarkan bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle belum mengonfirmasi apakah mereka akan hadir di Westminster Abbey pada 6 Mei 2023. Berita itu muncul setelah terungkap bahwa anggota keluarga Harry menghadiri acara pembaptisan Putri Lilibet yang berlangsungsung tertutup, meskipun dicemooh oleh Raja dan bangsawan senior, menurut beberapa sumber.

Harry (38) dan Meghan (41) memberikan sakramen baptis kepada putri mereka yang berusia 21 bulan dalam sebuah upacara intim bulan ini yang diikuti oleh sebuah pesta di rumah mereka di Montecito, California. Anggota senior Keluarga Kerajaan, termasuk Pangeran William dan istrinya Kate, diundang tetapi tidak hadir.

Pembaptisan Putri Lilibet dihadiri oleh putra mereka yang berusia tiga tahun, Archie, ibu Meghan Doria Ragland, bapak baptis Lili Tyler Perry, dan sekitar 20 hingga 30 teman dekat. Baru-baru ini juga dilaporkan bahwa bibi-bibi dari keluarga Putri Diana, ibu Harry juga menghadiri pembaptisan tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Detail Kecil dalam Upacara Pembaptisan Lilibet Diana

Lady Jane Fellowes dan Lady Sarah McCorquodale, kakak perempuan dari Putri Diana, dikabarkan hadir di antara para tamu, menurut Marie Claire. Tidak jelas kapan terakhir kali Harry bertemu bibi-bibinya, meskipun mereka hadir dalam banyak acara penting dalam hidupnya, juga bersama dengan paman Harry, Earl Spencer.

Harry dan William tetap dekat dengan bibi dan paman dari sisi ibu mereka sejak Diana meninggal dunia pada 1997. Kedua saudara kerajaan itu terakhir kali terlihat bersama bibi mereka pada 2021 ketika mereka bersatu untuk meresmikan patung untuk menghormati Diana di Kensington Palace, London. 

Baik Harry maupun Wills terlihat menyapa Lady Sarah dan Lady Jane dengan pelukan dan ciuman. Beberapa detail telah muncul tentang pesta pembaptisan tetapi upacara itu diadakan oleh Pendeta John Taylor. Sebuah paduan suara gospel dikatakan telah menampilkan Oh Happy Day dan This Little Light of Mine, yang juga diputar pada pernikahan Harry dan Meghan pada 2018.

3 dari 4 halaman

Gelar Kerajaan bagi Lilibet Diana

Secara tradisional, sebuah pembaptisan kerajaan adalah acara keluarga kecil yang diadakan di kapel-kapel bersejarah Istana Buckingham atau Windsor. Archie dibaptis pada usia delapan minggu dalam sebuah upacara yang tenang dan pribadi di hadapan sekitar 25 tamu di Windsor Castle pada 6 Juli 2019.

Seorang sumber mengatakan, "Para tamu dijamu dengan makanan dan tarian - dengan Archie menikmati tarian dengan adik perempuannya." 

Diketahui bahwa Pangeran Harry dan Raja Charles sepakat memberikan gelar baru kepada Archie dan Lilibet setelah diskusi pasca-pemakaman Ratu Elizabeth II. Anak-anak tersebut sekarang akan dikenal sebagai Pangeran Archie dan Putri Lilibet setelah pembicaraan akhir tahun lalu.

Juru bicara untuk Meghan dan Harry mengatakan, "Saya dapat mengonfirmasi bahwa Putri Lilibet Diana dibaptis pada Jumat, 3 Maret oleh Uskup Agung Los Angeles, Pendeta John Taylor." Pernyataan tersebut adalah pertama kalinya Lilibet disebut sebagai seorang putri secara publik.

Di sisi lain, Meghan dan Harry dikabarkan mengajukan syarat agar bisa hadir dalam acara penobatan Raja Charles III. Penobatan itu menjadi yang pertama di abad 21 setelah Inggris diperintah 70 tahun oleh Ratu Elizabeth II. Penobatan tetap sama selama lebih dari 1.000 tahun. Upacara Inggris adalah satu-satunya acara yang tersisa dari jenisnya di Eropa. Namun, Istana Buckingham mengatakan bahwa meskipun penobatan akan "berakar pada tradisi lama", itu juga akan "mencerminkan peran raja hari ini dan melihat ke masa depan".

 

4 dari 4 halaman

Syarat yang Diajukan Harry dan Meghan untuk Menghadiri Penobatan Raja Charles III

 

Melansir Marie Claire, Jumat, 10 Maret2023, setidaknya ada empat syarat yang katanya diajukan Meghan dan Harry terkat ini:

1. Perayaan ulang tahun Archie

"Ulang tahun Archie jatuh pada 6 Mei, hari penobatan, dan keluarga Sussex ingin keluarga kerajaan mengakui itu," kata seorang sumber pada OK!. "Kelurga Sussex telah meminta semacam perayaan atau pengakuan untuk dimasukkan ke dalam rencana hari itu guna memastikan bahwa (momen perayaan) ulang tahun keempat Archie tidak akan hilang selama hari yang penting itu."

2. Tempat tinggal selama di Inggris

Menyusul pengusiran mereka dari Frogmore Cottage di Windsor, keluarga Sussex kabarnya ditawari sebuah apartemen di Istana Buckingham. Tapi, mereka justru meminta tinggal bersama Putri Eugenie dan keluarganya di Frogmore, menurut sumber OK!.

"Mereka ingin anak-anak mereka menghabiskan waktu dengan anggota keluarga lain, terutama sepupu mereka August yang kira-kira seumuran dengan Lilibet. Kedua pasangan itu sangat akrab dan sangat ingin anak-anak mereka dekat," kata seorang sumber.

3. Kemunculan di Balkon Istana Buckingham

Sumber ini menambahkan bahwa keluarga Sussex dilaporkan ingin ikut muncul di balkon Istana Buckingham pada hari itu. "Ini bisa jadi masalah nyata karena Istana telah mempersempitnya jadi hanya anggota keluarga Kerajaan Inggris yang bekerja yang akan muncul di balkon," kata sumber itu. "Harry dan Meghan sangat ingin jadi bagian dari momen keluarga yang spesial itu."

4. Jaminan Keamanan

Terakhir, pasangan yang berbasis di California ini mendesak kejelasan bahwa mereka dan anak-anak mereka akan aman jika kembali ke Inggris.

"Masih ada kasus hukum yang sedang berlangsung antara keluarga Sussex dan Home Office mengenai keamanan mereka. Pasangan itu menginginkan keamanan lebih saat mereka berada di Inggris dan ini perlu diselesaikan sebelum mereka menghadiri penobatan," kata sumber itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.