Sukses

Kim Sae Ron Didenda 20 Juta Won karena Mengemudi Sambil Mabuk

Pada Rabu (8/3/2023), Kim Sae Ron muncul di pengadilan untuk persidangan pertamanya yang diadakan oleh Pengadilan Distrik Pusat Seoul, 10 bulan setelah insiden dirinya mengemudi sambil mabuk.

Liputan6.com, Jakarta - Bintang film A Girl at My Door didenda 20 juta won atau sekitar Rp234 juta karena menyebabkan kecelakaan saat mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Kim Sae Ron muncul di pengadilan untuk persidangan pertamanya yang diadakan oleh Pengadilan Distrik Pusat Seoul, pada Rabu (8/3/2023).

Dikutip dari Kbizoom, Kim Sae Ron tampil mengenakan kardigan abu-abu, rambutnya diikat ke belakang, dan masker di wajahnya. Ia tampak lelah dan menunjukkan lingkaran hitam sampai ke tulang pipinya.

Selama persidangan, Kim Sae Ron, yang didakwa atas tuduhan melanggar Undang-Undang Lalu Lintas Jalan (mengemudi dalam keadaan mabuk), meminta maaf. Ia menyatakan bahwa dia "merefleksikan tindakannya dan tidak akan pernah membiarkan kejadian seperti itu terjadi lagi."

Jaksa penuntut umum menyoroti kadar alkohol dalam darah Kim Sae Ron, yang ditemukan lebih dari 0,22 persen, sebagai faktor signifikan dalam kecelakaan itu. Pengadilan memperhitungkan bahwa ini adalah pelanggaran pertama Kim Sae Ron.

Ia juga mengakui dakwaan dan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memulihkan kerusakan. Namun, dia tetap dinyatakan bersalah dan didenda sebesar 20 juta won.

Saat persidangan, Kim Sae Ron meminta keringanan hukuman. Ia mengungkapkan bahwa keluarganya sedang berjuang dengan mata pencaharian mereka setelah membayar kompensasi dalam jumlah besar.

Penuntut menyatakan, "Tingkat alkohol dalam darah Kim Sae Ron lebih dari 0,2 persen dan dia mencoba melarikan diri tanpa mengambil tindakan apa pun setelah mengemudi di bawah pengaruh (alkohol). Tidak dapat dianggap enteng bahwa penumpang A masih membantu dan bersekongkol dengan Kim Sae Ron meskipun mengetahui bahwa dia mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Namun, Kim Sae Ron mengaku dan berusaha untuk mengompensasi kerusakan tersebut."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Pengacara soal Kasus Kim Sae Ron Kecelakaan

Mereka kemudian menjatuhkan denda 20 juta won pada Kim Sae Ron, dan 5 juta won (Rp58,5 juta) pada A. Pengacara Kim Sae Ron menyatakan, "Terdakwa sangat menyesali tindakannya dan bersumpah tidak akan pernah melakukan kejahatan seperti itu lagi. Dia juga menahan diri dari minum alkohol dan menjual mobilnya. Dia telah membayar semua kompensasi untuk kerusakan. Bahkan, dia tidak pernah mengemudi dalam keadaan mabuk sebelum kecelakaan itu dan sering menggunakan sopir untuk jarak dekat."

Pengacara juga menjelaskan situasi saat itu, dengan mengatakan, "Kim Sae Ron minum dua gelas anggur dan pergi ke apartemen temannya untuk berbicara. Dia menghentikan mobilnya di depan apartemen temannya setelah berkendara sejauh 1 km. Ketika terdakwa dan temannya sedang berbicara, mereka menerima permintaan untuk memindahkan mobil dan memanggil sopir lagi."

Perwakilan Kim Sae Ron melanjutkan, "Terdakwa telah menghubungi sopir beberapa kali sebelum melakukan kejahatan, dan tingkat residivismenya rendah", menambahkan "Terdakwa saat ini menghidupi keluarganya sebagai anak perempuan tertua, dan keluarganya juga berjuang dengan masalah kesulitan keuangan setelah membayar ganti rugi dalam jumlah besar."

Mereka menegaskan, "Kami berharap agar tergugat diberikan keringanan hukuman sebanyak-banyaknya."

3 dari 4 halaman

Kim Sae Ron Kecelakaan

Sebelumnya pada 18 Mei 2022, Kim Sae Ron menyebabkan kecelakaan dengan menabrak pagar pembatas, pohon jalanan, dan trafo saat mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Insiden itu terjadi di dekat Persimpangan Hakdong di Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan.

Kecelakaan tersebut menyebabkan kerusakan pada bisnis di sekitarnya, mengakibatkan terputusnya pasokan listrik ke 57 lokasi. Pada saat kecelakaan itu, Kim Sae Ron menolak untuk menjalani tes alkohol, tetapi tes pengumpulan darah kemudian mengungkapkan bahwa konsentrasi alkohol dalam darahnya jauh lebih tinggi daripada tingkat pembatalan lisensi.

Akibat kecelakaan tersebut, area terdekat, seperti Sinsa-dong dan Apgujeong-dong, padam dan lampu lalu lintas juga lumpuh. Hal tersebut menyebabkan ketidaknyamanan bagi pedagang, penduduk, dan warga.

Kim Sae Ron ditangkap oleh polisi yang diberangkatkan ke tempat kejadian setelah menerima laporan bahwa sebuah mobil terhuyung-huyung di jalan. Tes kesadaran aktris keluar dengan hasil positif. Karena Kim Sae Ron menolak untuk diperiksa konsentrasi alkohol dalam darah, polisi membiarkannya pulang setelah melakukan tes darah.

4 dari 4 halaman

Sosok Kim Sae Ron

Menurut tes pengumpulan darah Kim Sae Ron, konsentrasi alkohol dalam darahnya lebih dari 0,2 persen, yang melebihi tingkat 0,08 persen untuk pencabutan surat izin. Polisi mengirim Kim Sae Ron ke kejaksaan pada 28 Juni 2022. Kejaksaan memutuskan untuk mengatur kasusnya setelah 6 bulan.

Kim Sae Ron memulai debutnya sebagai model sampul majalah pada 2001. Ia memulai kariernya sebagai aktris cilik melalui film "A Brand New Life" pada 2002. Ia kemudian muncul dalam berbagai karya terkenal, seperti film "The Man from Nowhere" , "The Neighbor", "Barbie", drama "The Queen's Classroom", "Secret Healer", namun telah menghentikan aktivitas aktingnya sejak kecelakaan itu.

Kim memiliki dua adik perempuan, Ah-ron dan Ye-ron, yang juga aktris. Ia bersekolah di Miyang Elementary School di Seoul dan lulus dari Yang-il Middle School di Ilsan pada Februari 2016. Ia kemudian mulai bersekolah di School of Performing Arts Seoul. Pada 2018, Kim diterima di Chung-Ang University di Departemen Seni Pertunjukan dan Studi Film.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.