Sukses

Gaya Belanja Reza Rahadian yang Tertarik Frugal Living

Untuk urusan belanja, Reza Rahadian akan pergi ke suatu tempat dan sudah memiliki rencana yang jelas.

Liputan6.com, Jakarta - Belanja menjadi salah satu hal yang digemari banyak orang. Namun, setiap orang tentu memiliki gayanya tersendiri dalam memenuhi kebutuhan, tidak terkecuali dengan aktor Reza Rahadian.

"Kalau saya untungnya soal itu cukup mindfull (dalam belanja), berusaha untuk hidup hemat. Tapi, saya itu lagi tertarik banget dengan frugal living," kata Reza saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Pemain film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas ini melanjutkan, "Mau beli sesuatu yang luxury, yang high quality, enggak apa-apa karena yang dibeli bukan cuma barang dan enggak dibeli sekadar tiba-tiba ingin aja, tapi ada kualitas di situ, harga yang dibayar untuk quality bahwa ini bisa long term barangnya."

Berdasarkan sudut pandang tersebut, Reza menganggap lebih baik membeli sesuatu yang secara harga agak tinggi, tapi lebih berkelanjutan dengan usia barang yang lebih panjang. "Jadi, itu ya itu gaya saya," tambah aktor berusia 35 tahun tersebut.

"Saya bukan tipikal orang yang senang cuma sekadar window shopping muter-muter, terus malah enggak ada juntrungan, saya malah enggak bisa kayak gitu," terang Reza.

Ia menambahkan, untuk urusan belanja, ia akan pergi ke suatu tempat dan sudah memiliki rencana yang jelas. "Datang, saya tahu saya ada meeting, habis meeting mau ngopi santai, habis itu mungkin cari sesuatu and then of course saya biasanya menyempatkan waktu untuk duduk cari spot yang enak," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Frugal Living?

Dikutip dari Wealthsimple, Kamis, 2 Maret 2023, bagi banyak orang, frugal living atau hidup hemat terdengar seperti berbelanja di toko barang bekas hingga lebih banyak tinggal di rumah daripada pergi keluar. Tapi, konsep hidup hemat lebih besar dari itu.

Hidup hemat berarti menyadari pengeluaran Anda dan berfokus pada beberapa prioritas keuangan. Seorang konsumen yang ingin hidup hemat harus memikirkan tujuan utama mereka dan bagaimana mengubah keuangan dapat membantu mereka mencapai tujuan tersebut.

Ini adalah gaya hidup umum yang mendorong orang menyerahkan apa yang tidak mereka pedulikan untuk mendapatkan lebih banyak hal yang mereka inginkan. Terkadang, itu berarti menghabiskan lebih banyak waktu untuk menghemat uang, tapi itu juga bisa berarti menghabiskan uang untuk mengulur waktu, semua tergantung pada prioritas pribadi Anda.

Tips Hidup Hemat

Meski hidup hemat tidak memiliki definisi tunggal, ada beberapa metode dan strategi yang bisa Anda terapkan. Sebelum memulai perjalanan hidup hemat, Anda perlu tahu ke mana perginya uang Anda. Hanya dengan begitu Anda dapat memutuskan ke mana uang harus disalurkan.

Mulailah dengan memilih metode penganggaran, seperti aplikasi, jurnal, atau spreadsheet. Mungkin perlu lebih banyak waktu menemukan metode yang paling cocok jika Anda belum pernah menganggarkan uang sebelumnya.

Mulailah dengan hanya melacak berapa banyak yang Anda belanjakan dan membagi transaksi tersebut ke dalam kategori. Setelah sekitar satu bulan, lihat pengeluaran Anda dan lihat apa yang mengejutkan.

Kebanyakan orang terkejut mengetahui berapa harga kebiasaan makan siang harian mereka atau biaya happy hour mingguan mereka. Setelah mengetahui cara membelanjakan uang, Anda dapat memutuskan perubahan apa yang akan dilakukan.

Beberapa, seperti membawa makan siang, mudah diperbaiki. Mulailah dari mana Anda berada dan jangan terjebak jika Anda kesulitan membelanjakan lebih sedikit.

Mengubah kebiasaan finansial Anda untuk hidup hemat adalah keputusan gaya hidup yang besar, seperti berolahraga atau makan sehat. Jangan berkecil hati jika butuh waktu berminggu-minggu untuk melihat hasilnya.

3 dari 4 halaman

Cari Opsi Barang Bekas

Berbelanja barang bekas merupakan salah satu tips hidup hemat yang tidak lekang waktu, entah itu tentang membeli mobil bekas atau pakaian bekas. Hampir semuanya lebih murah jika tidak baru, dan Anda sering dapat menemukan barang bekas yang berfungsi dengan baik.

Beberapa contoh yang kurang umum termasuk membeli furnitur bekas, dekorasi rumah, aksesori dan peralatan dapur, pakaian anak-anak, dan banyak lagi. Membeli barang bekas tidak selalu berarti mencari obral pekarangan di akhir pekan. Ini bisa berarti berbelanja di toko konsinyasi, di mana Anda dapat menemukan barang desainer kelas atas dengan harga murah.

Meal Plan

Bahan makanan bisa menjadi pengeluaran variabel terbesar dalam anggaran seseorang. Tidak jarang keluarga menghabiskan banyak uang untuk belanja, tanpa menyadari ada cara yang lebih baik. Perencanaan makan dapat menghemat uang untuk makanan sekaligus menghilangkan pemborosan. Untuk merencanakan makan secara efektif, buka lemari es, freezer, dan pantry Anda dan lihat apa yang Anda miliki.

Cobalah merencanakan makanan berdasarkan apa yang sudah Anda miliki, alih-alih membeli semua bahan. Makan makanan berdasarkan apa yang sudah Anda miliki menghemat uang dan memaksa Anda menjadi kreatif. Perencanaan makan juga berarti mengurangi makan di luar. Ini dapat membantu Anda makan lebih sehat.

4 dari 4 halaman

Investasikan Uang

Banyak konsumen takut kehilangan uang mereka, terutama jika telah bekerja keras untuk menabung dan memperolehnya. Menginvestasikan uang Anda adalah kunci membangun kekayaan dan membuat uang Anda bekerja untuk Anda.

Anda dapat menginvestasikan uang Anda di rekening pensiun. Berinvestasi berarti mengambil risiko bahwa nilainya mungkin turun, tapi pada akhirnya, Anda akan menghasilkan lebih banyak.

Berinvestasi adalah satu-satunya cara menabung yang cukup untuk melampaui inflasi, yaitu antara 2--3 persen. Jika menyimpan uang di rekening bank, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan cukup uang untuk mengalahkan tingkat inflasi.

Ini berarti uang Anda akan berkurang nilainya setiap tahun. Jika menginvestasikan uang dan menghasilkan 7--8 persen, uang Anda akan mulai menghasilkan bunga yang kemudian akan menghasilkan lebih banyak bunga.

Perbandingan Harga

Setiap kuartal, periksa tagihan Anda untuk penyedia internet, ponsel, dan asuransi. Bandingkan harga dengan perusahaan lain dan lihat apakah Anda dapat menemukan penawaran yang lebih baik.

Anda mungkin terkejut dengan berapa banyak uang yang dapat Anda hemat dengan beralih. Anda juga harus mulai membandingkan merek bahan makanan dan barang rumah tangga.

Lihat jumlahnya dan pastikan Anda tidak membayar jumlah yang sama untuk jumlah yang lebih kecil. Ini membutuhkan beberapa keterampilan investigasi, jadi gali lebih dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.