Sukses

Viral Video Anak Terjepit Loyang Kue, Bisa Lepas Usai Ditolong Petugas Damkar

Sebuah video viral di TikTok memperlihatkan anak kecil yang terjepit loyang kue hingga membutuhkan pertolongan petugas pemadam kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video viral di TikTok memperlihatkan kepala anak terjepit loyang kue hingga membutuhkan pertolongan petugas pemadam kebakaran (damkar). Video diunggah oleh akun @yuliantaraburhan yang memperlihatkan seorang bocah tengah menangis dengan kondisi kepalanya terjepit loyang.

"Kondisi sebelum dievakuasi.. bisa masuk tapi tidak bisa keluar," tulisnya sang pembuat konten di TikTok yang diunggah pada 24 Februari 2023.

Mulanya unggahan tak begitu banyak mendapatkan komentar. Setelah diunggah ulang, konten itu jadi ramai bergulir di media sosial.

Pengunggah lalu membuat video lain tentang cara petugas damkar menyelamatkan anak yang terjepit loyang kue. Sang anak dipegangi ibunya, sementara petugas pemadam kebakaran terlihat memotong loyang kue tersebut dengan sebuah alat agar kepalanya bisa dikeluarkan. Ada tiga petugas yang terlihat dalam proses penyelamatan itu.

Kejadian tersebut ternyata terjadi di Sleman, Yogyakarta. Hingga berita ini dibuat setidaknya sudah mendapatkan 18 ribu tanda suka dan mendapatkan komentar lebih dari 645 kali. Video juga dibagikan ulang hingga 587 kali dan disimpan 530 kali. 

"rodo diluar nalar tapi kok nyata," tulis seorang warganet.

"Damkar lagi, kayaknya aku nggak butuh suami deh, ada apa aja tinggal telpon damkar," komentar yang lain.

"Bisa jadi cerita pas kumpul keluarga ketika sudah dewasa nanti," sambung warganet.

"Adeknya ngapain masuk loyaanggg," tambah warganet.

"Jejak digital ini bakal buat si adek terheran-heran pas gede," tulis warganet lagi.

"kaget baca caption, anak terjebak di loyang kue," sahut warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terjepit Lubang Oli

Kejadian terjepit tak hanya menimpa anak balita saja, tapi juga remaja, seperti yang terjadi pada Muklis (14), asal Tambak Sari Surabaya. Ia tidak pernah menyangka bakal dievakuasi lantaran jari tengahnya terjepit di lubang oli sepada motor miliknya.

Mengutip dari kanal Surabaya Liputan6.com, sang ibu, Endang Sri Gunawati yang mengetahui kondisi jari anaknya langsung sigap membawanya ke mako Damkar Pasarturi Kota Surabaya. "Yang bersangkutan dibawa ke Mako Damkar Pasarturi, sekitar pukul 20.59, Selasa, 31 Januari, kemarin malam," ujar salah satu petugas Command Center 112 Kota Surabaya, Amir, Rabu, 1 Februari 2023.

Amir menceritakan, berdasarkan keterangan dari Muklis dan ibunya, sekitar pukul 18.00 WIB, korban hendak membersihkan oli pada crankcase motornya. "Dan ketika membersihkan pada bagian dalamnya, jari tengah korban bisa masuk tapi tidak bisa keluar," ucapnya.

Lalu, lanjut Amir, orangtuanya membawa Muklis ke Mako Damkar Pasarturi dan ditangani Tim Rescue. Ia berujar, "Tim Rescue mengevakuasi jari tengah yang masuk ke dalam lubang Bak Engkol Mesin (Crankcase) dengan hati-hati dan teliti."

3 dari 4 halaman

Jari Tengah Aman

Amir mengungkapkan, dengan menggunakan gerinda kecil untuk memotong besi, jari tengah korban bisa berhasil dikeluarkan dengan selamat, pukul 22.16 WIB. "Setelah evakuasi selesai, korban kondisi sadarkan diri dan jari tengah korban tidak terluka sama sekali," katanya lagi.

Kejadian terjepit lainnya yang tak mengenakkan juga dialami seorang perempuan saat memergoki suaminya selingkuh. Mengutip kanal Surabaya Liputan6.com, Polres Probolinggo Kota meringkus pria bernama YH (26) lantaran melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya YA (39), usai terpergok selingkuh.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota AKP Jamal mengatakan, peristiwa itu bermula saat YH berpamitan kepada istrinya YA melalui pesan whatsapp dengan alasan mau mengecek proyek. Mulanya, YA tidak mencurigai YH. Namun, YA menerima pesan dari seorang rekannya yang melihat suami temannya itu tengah berada di rumah kontrakan, di Jalan MT Haryono, Mayangan, Kota Probolinggo.

Kecurigaan YA muncul karena rumah kontrakan yang dimaksud dihuni seorang perempuan. Ia segera bergegas mendatangi rumah tersebut.

4 dari 4 halaman

Terseret Beberapa Meter

"Saat sampai di lokasi itu, YH tertangkap basah keluar kamar bersama perempuan. YH kemudian mencoba kabur, dengan segera memasuki mobilnya,” ungkap Jamal, Selasa, 13 Desember 2022.

Mendapati suaminya kabur, YA berupaya mengejar YH dengan memaksa masuk ke dalam mobil suaminya. Namun upaya itu tak berhasil, tangan YA terjepit kaca pintu mobil YH.

"Tangan korban terjepit jendela pintu mobil YH, korban bahkan terseret beberapa meter, lantaran YH berupaya kabur sampai akhirnya terlepas, setelah YH menghentikan mobilnya serta membuka sedikit kaca jendelanya," sebut Jamal.

Usai tangan korban terlepas kata Jamal, pelaku Kembali tancap gas mobilnya dan beruapa kabur, hingga akhirnya ditangkap polisi. "Dari hasil penyelidikan dan kelengkapan alat bukti, pelaku dipastikan melakukan KDRT ke istrinya, itu karena korban sampai mengalami luka-luka pasca-terseret mobil yang dikendarai pelaku," ungkap Jamal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.