Sukses

J-Hope BTS Didapuk Jadi Duta Merek Louis Vuitton, Siap Masuki Babak Baru

Sebelum ini, J-Hope BTS sudah lebih dulu menghadiri peragaan koleksi busana Louis Vuitton di Paris Fashion Week.

Liputan6.com, Jakarta - J-Hope BTS resmi didapuk sebagai duta merek Louis Vuitton pada Jumat (24/2/2023). Kabar tersebut tidak terlalu mengejutkan para penggemar karena mereka sudah menebaknya ketika pemilik nama asli Jung Hoseok ini menghadiri peragaan busana pria rumah mode itu di gelaran Paris Fashion Week 2023.

Melansir WWD, penunjukan ini menandai semacam kepulangan bagi rapper, penyanyi, penulis lagu, dan produser tersebut. Pasalnya, BTS secara kolektif pernah menjadi duta merek LV pada April 2021. Dengan grup yang hiatus, para personelnya telah menandatangani kesepakatan individu dengan rumah mode saat mereka fokus pada proyek solo dan bersiap menyelesaikan wajib militer.

Menggambarkan BTS sebagai "ikon pop abad ke-21," Louis Vuitton mengatakan, J-Hope "membawa pesona dan gayanya yang unik ke babak baru yang menarik bersama sang maison." Film dokumenter Disney+ baru, J-Hope in the Box, berada di balik layar album solo debutnya Jack in the Box dan penampilan utamanya di Lollapalooza musim panas lalu.

"Ia dicintai para penggemar di seluruh dunia karena energinya yang ceria, koreografi yang tepat, dan arahan musik yang kreatif," kata LV dalam sebuah pernyataan. "Dengan penampilan positif di dalam dan di luar panggung, J-Hope terus mendorong batasan artistik dan menginspirasi penonton internasional."

Grup tujuh anggota, yang terdiri dari RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook, mengenakan setelan LV khusus ketika menghadiri Grammy 2022, dengan J-Hope memilih setelan putih dengan sepatu kets yang serasi. Untuk tahun ketiga berturut-turut, grup ini dinominasikan untuk Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik pada penghargaan 2023 untuk kolaborasi hit Coldplay mereka My Universe.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bergabung dengan Para Pesohor Lain

BTS berada di nomor dua di Global Recording Artist Chart untuk tahun 2022 menurut IFPI, organisasi yang mewakili industri musik rekaman di seluruh dunia. Ini menandai tahun ketiga berturut-turut mereka di tiga besar, menyusul kemenangan beruntun pada 2020 dan 2021.

Pengaruh bintang K-pop terus berkembang, sebagaimana dibuktikan umpan balik dari pekan mode pria terbaru di Paris dan Milan, kata perusahaan data Launchmetrics dalam laporan baru-baru ini. "Secara keseluruhan, merek berfokus untuk memperkuat suara mereka di pasar APAC," katanya.

Mereka menyambung, "Lebih khusus lagi, sejalan dengan merek-merek yang memasuki zeitgeist budaya dan mencari pengaruh global, kami mencatat Korea Selatan menjadi fokus dominan selama dua minggu tersebut."

J-Hope bergabung dengan daftar duta merek LV yang juga termasuk Jackson Wang, Bradley Cooper, dan Tahar Rahim. Rekan satu grupnya, Jimin, telah lebih dulu menandatangani kontrak dengan Dior, sementara Suga adalah duta merek untuk Valentino.

3 dari 4 halaman

Jimin Digandeng Dior

Jimin ditunjuk sebagai duta global Dior lewat pengumuman resmi di akun Instagram mereka pada 16 Januari 2023. Ia bergabung dengan Sehun EXO dan Cha Eun Woo yang terpilih lebih dulu.

"The House dengan senang hati mengumumkan @J.M (Jimin) dari #BTS sebagai duta global baru Dior," demikian pembuka pengumuman tersebut.

Pihak Dior menambahkan bahwa idol yang akan segera merilis album solo perdana bertajuk "Face," bulan depan, ini "meminjamkan citranya untuk kreasi dari Direktur Artistik koleksi pria Dior, Kim Jones." Mereka juga menyertakan dua potret pria asal Busan, Korea Selatan itu, berbalut busana Koleksi Musim Panas 2023 terbaru Dior.

Dikutip dari KBIZoom, Dior juga menjelaskan secara singkat alasan mereka memilih Jimin. "Artis Korea Selatan sekarang mewujudkan semangat dan keunikan gaya Dior, modernitas dengan ciri khas yang tidak lekang waktu," sebut rumah mode itu.

Ini jadi kesempatan pertama Jimin mengambil peran duta merek fesyen ternama secara individual. Ia bahkan menghadiri show Dior pada Januari 2023 ditemani J-Hope yang lebih dulu menghadiri show Louis Vuitton.

4 dari 4 halaman

Suga untuk Valentino

Sehari setelahnya, yakni 17 Januari 2023, Suga BTS resmi digandeng merek mewah Valentino sebagai duta merek terbaru mereka. Terkait kerja sama itu, seperti dilansir dari KBIZoom, Direktur Kreatif Valentiono, Pier Paolo Piccioli, memuji pemilik nama asli Min Yoongi ini sebagai "seniman multifaset" dan "penerjemah" yang "menggunakan bakat dan karyanya untuk mengekspresikan diri dengan energi dan orisinalitas."

Si desainer menambahkan, "Ia dengan sempurna mewujudkan semua yang diperjuangkan kesaksian DI.VA: keragaman, inklusivitas, kreativitas, dan semangat."

Menanggapi peran barunya sebagai duta merek Valentino, rapper yang juga penulis lagu dan produser ini berkata, "Semua individu memiliki impian dan nilai yang berbeda." Ia menambahkan bahwa Valentino dan Piccioli "telah mendukung keragaman yang merupakan sesuatu yang juga saya yakini."

"Saya benar-benar senang bisa terlibat dalam kampanye kampanye 'Maison Valentino Essentials,'" imbuh idol asal Daegu, Korea Selatan tersebut.

Penunjukan Suga sebagai duta merek Valentino sebenarnya tidak terlalu mengejukan bagi ARMY, sebutan penggemar BTS. Pasalnya, Suga dan rumah mode Italia itu telah melempar banyak petunjuk sejak seminggu sebelum pengumuman tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.