Sukses

Jokowi Sempat Singgung Mixue yang Sudah Punya 1.000 Gerai Lebih di Indonesia

Kalau hari ini kita melihat ada ruko kosong yang disewakan, maka ruko tersebut akan jadi gerai Mixue berikutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mixue Indonesia kini telah kantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 16 Februari 2023. Penetapan halal tersebut setelah Komisi Fatwa melaksanakan sidang produk halal pada Rabu, 15 Februari 2023.

Dikutip dari laman mui.or.id, MUI telah menelaah dan mengkaji laporan audit kehalalan yang disampaikan pimpinan Lembaga Pemeriksa Halal Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPH LPPOM MUI). Pihak Mixue Indonesia telah mengajukan sertifikat halal sejak 2021. Namun, baru mendapatkannya pada 2023 ini.

Dan diketahui sertifikat halal yang dikeluarkan MUI untuk Mixue berlaku hanya empat tahun saja, yaitu sejak 2023 hingga 2027 mendatang. Melalui akun Instagramnya, Jumat (17/2/2023), Mixue Indonesia memperlihatkan sertifikat halal dari MUI bernomor ID00410001326911122 untuk PT Zhisheng Pacific Trading.

Beberapa waktu lalu, franchise es krim dan minuman asal China, ini juga menjadi sorotan publik Indonesia karena gerainya yang tersebar secara masif di berbagai wilayah di Tanah Air.  Namun hal itu tidak mengherankan, karena harga produk es krim dan minumannya yang murah meriah membuat Mixue semakin digemari berbagai kalangan. Kabarnya, sudah ada lebih dari 1.000 gerai Mixue di sejumlah daerah di Indonesia.

Di Jakarta misalnya, hampir di setiap jalanan sepertinya ada gerai Mixue. Bahkan ada semacam anekdot kalau hari ini kita melihat ada ruko kosong yang disewakan, maka tak lama lagi ruko tersebut akan jadi gerai Mixue berikutnya.

Fenomena itu sempai menarik perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) meski secara tidak langsung. Hal itu yang tertuang dalam sebuah unggahannya di akun Instagram miliknya belum lama ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ruko Es Krim

Unggahan itu sempat jadi perbincangan hangat karena Jokowi mengunggah sebuah gambar karikatur yang memperlihatkan rumah toko (ruko) dengan keterangan "Disewakan Cocok Untuk Ruko Es Krim". Sontak warganet ramai-ramai mengaitkan hal tersebut dengan fenomena ruko Mixue yang viral saat itu karena gerainya ada di banyak tempat.

Gambar tersebut terdapat dalam unggahan Jokowi yang mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional. “Dua tahun dalam masa pandemi, dua kali pula saya hanya bisa menghadiri perayaan Hari Pers Nasional secara daring. Hari ini, 9 Februari 2023, saya datang ke Medan untuk bersama-sama insan pers tanah air memperingati HPN,” tulis Jokowi dalam unggahan pada 9 Februari 2023.

Sejumlah warganet menyerbu kolom komentar untuk mengomentari bagian gambar ruko es krim tersebut.  "Ada masbro sama toko yang cocok disewakan untuk toko es krim Mixue," komentar salah satu warganet.

"Jangan sampai Mixue melihat postingan ini," tulis warganet lainnya. “Ya Allah ada ruko kosong, ditunggu kedatangan mixue wkwk capek banget😭🙏,” komentar warganet lainnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Biaya Franchise

Dengan banyaknya gerai Mixue yang tersebar di Indonesia, terutama di wilayah DKI Jakarta, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuka franchise es krim tersebut?  Dilansir dari laman resmi perusahaan yakni mxbc.com, Rabu (28/12/2022) biaya yang diperlukan untuk membuka franchise Mixue di tingkat provinsi dan kota dipatok sekitar 370 ribu yuan atau sebesar Rp837,1 juta.

Biaya tersebut sudah termasuk dengan deposit kontrak, manajemen harian, bimbingan operasional, dan dukungan promosi, hingga peralatan yang dibutuhkan untuk toko serta bahan baku produk.

Berbagai pertanyaan di media sosial pun datang tentang bagaimana pengusaha bisa mendapat keuntungan karena produk minuman dan es krim Mixue yang murah.Perusahaan menjelaskan, pihaknya telah memiliki rantai pasokan sendiri dan pabrik independen untuk menghasilkan bahan inti.

"Karena sekarang kami memiliki puluhan ribu toko, kami memiliki banyak pengaruh untuk membeli bahan-bahan berkualitas tinggi - susu, teh, buah, kopi, dan gula - dengan harga murah," terang Mixue Bingcheng Co., Ltd, melansir kanal Bisnis Liputan6.com, 28 Desember 2023. Selain itu, perusahaan juga membebaskan semua biaya logistik untuk pewaralaban.

4 dari 4 halaman

Syarat Buka Gerai

"Kami juga memastikan semua produk terjangkau dan berkualitas tinggi, franchisee masih memiliki margin keuntungan. Strategi pasar massal dan margin rendah memperpanjang vitalitas bisnis dan menghadirkan produk berkualitas tinggi dan terjangkau bagi semua orang di seluruh dunia," jelas perusahan itu.

Mixue menyarankan, agar setiap pengusaha yang hendak membuka gerai di wilayahnya merujuk ke pemerintah daerah mereka masing-masing mengenai sertifikat yang diperlukan. Sertifikat ini salah satunya adalah sertifikat kesehatan yang diperlukan untuk staf gerai, izin usaha, hingga lisensi Katering/Layanan Makanan yang sesuai dengan persyaratan kebersihan makanan setempat.

Berikut adalah syarat ukuran, atribut, hingga fasilitas pada gerai Mixue :

- Area operasi bersih: ≥ 20㎡ (satu lantai)

- Papan nama etalase: lebar ≥ 2m; tinggi ≥ 0,4m

- Interior toko: lebar pintu ≥ 2m; lebar toko ≥ 2,5m; kedalaman ≥ 2,5m; luas bersih ≥ 20㎡

- Tinggi: tinggi pintu ≥ 2,5m; Tinggi dalam ruangan ≥ 2,7m

Air: pasokan air yang melimpah dan sistem drainase yang lancar

- Daya: Listrik tiga fase 380V. Total daya akan melebihi 37kw.C

atatan: Lokasi atau tata letak toko khusus harus diperiksa dan disetujui oleh perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.