Sukses

Profil Momoland yang Dibubarkan Setelah 7 Tahun Berkarya, Sempat Dituduh Tak Hormati BTS

Momoland sempat tersandung skandal berperilaku tidak sopan pada BTS, beberapa tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Momoland mengikuti jejak sejumlah grup idol Korea yang dibubarkan oleh agensi. Pada 14 Februari 2023, grup yang beranggotakan enam orang itu mengunggah surat perpisahan dalam tulisan tangan yang ditulis dalam bahasa Korea dan Inggris menyusul pengumuman pembubaran mereka.

Dikutip dari Soompi, Rabu (15/2/2023), Hyebin, Jane, Nayun, JooE, Ahin, dan Nancy Momoland membagikan pesan terakhir mereka kepada para penggemar dalam bahasa Inggris. 

"Pertama-tama, kami dengan tulus meminta maaf kepada Merries (sebutan fans Momoland) kami menghadapi kabar ini melalui sebuah artikel. Kami benar-benar meminta maaf atas pembaruan yang terlambat," demikian surat tersebut dibuka.

"Setelah diskusi panjang dan mendalam, keenam anggota kami memutuskan untuk mendukung satu sama lain untuk memiliki awal baru yang hebat ke depan. Meski kami memutuskan untuk mengambil jalur kami masing-masing menuju mimpi-mimpi kami, Momoland akan selalu menjadi sebuah tim," sambung surat tersebut.

Mereka juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para penggemar atas memori berharga dan selalu berada di samping grup itu selama tujuh tahun terakhir. Mereka meyakinkan bahwa para penggemar selalu menjadi segalanya untuk grup idol yang dibentuk oleh MLD Entertainment tersebut.

"Kami meminta maaf dari lubuk hati terdalam karena tidak dapat memberi tahu kalian lebih cepat, tapi terima kasih dengan tulus kepada semuanya atas kesabaran menunggu kami.  Ke depan, tolong terus dukung dan cintai MOMOLAND dan jalan setiap anggota. Terima kasih," demikian penutup surat itu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Acara Bakat

Momoland adalah grup idol perempuan yang dibentuk MLD Entertainment lewat acara pencarian bakat Finding Momoland pada 2016. Dikutip dari Kpoping, enam pemenang yang terdiri dari Hyebin, Yeonwoo, Jane, Nayun, JooE, Ahin, dan Nancy menjadi anggota orisinal grup tersebut.

Mereka debut perdana pada 10 November 2016. Momoland berubah menjadi grup beranggotakan sembilan orang setelah Daisy dan Taeha bergabung sebagai anggota baru pada 2017. Hyebin merupakan anggota tertua dan terpilih sebagai leader Momoland. Sementara, maknae mereka adalah Nancy yang merupakan kelahiran 13 April 2000.

Selama aktif berkarya, Momoland telah menelurkan 15 album dengan total 36 lagu. Lagu-lagu mereka yang populer di antaranya adalah Yummy Yummy Love, Pinky Love, dan BBoom BBoom.

Pada 30 November 2019, MLD Entertainment mengumumkan bahwa Taeha dan Yeonwoo meninggalkan grup, diikuti Daisy pada 2020. Anggota grup yang tersisa hingga dibubarkan adalah Ahin, Hyebin, Jane, JooE, Nancy, dan Nayun. Pada 27 Januari 2023, MLD Entertainment mengumumkan seluruh anggota meninggalkan label karena kontrak telah berakhir.

 

3 dari 4 halaman

Sempat Diserbu ARMY

Perjalanan sebagai grup tak terlepasdari masalah. Pada 2018, mereka dirundung sejumlah ARMY karena dituding berperilaku 'tak hormat' pada BTS selama acara MBC Plus x Genie Music Awards. 

Para fans BTS menyebut dua momen yang menunjukkan Momoland berperilaku tak profesional terhadap BTS. Pertama, dikutip dari Koreaboo, mereka menilai Momoland menertawakan kesalahan vokalJimin saat membawakan Fake Love di panggung. 

"Aku selalu tahu Momoland problematik tapi bila mereka menertawakan Jimin, maka itu berlebihan kawan-kawan. seperti tak menunduk kepada seniormu? aku bisa terima, tapi menertawakan seseorang yang sedang menyanyikan langsung dan hanya membuat kesalahan? hmm," tulis seorang warganet.

Momoland juga dikritik karena tak menunduk kepada BTS saat mereka melintas. Momen itu terjadi saat grup tersebut dipanggil ke atas panggung untuk menerima penghargaan sebagai 'Best Dance Performance'. Momoland dilihat hanya melewati BTS dan Twice tanpa membungkuk seperti selayaknya junior kepada seniornya.

Selama berhari-hari akun media sosial Momoland diserbu Army yang marah. Namun, tindakan sejumlah ARMY itu juga dikritisi sesama mereka karena dianggap menebarkan kebencian dan berperilaku munafik.

 

4 dari 4 halaman

Kamera Tersembunyi

Nancy Momoland kini menghadapi sebuah insiden mengerikan, yang membuat amarah penggemar menggelegak. Dilansir dari Koreaboo, Senin, 11 Januari 2021, Nancy menjadi korban kamera tersembunyi dan fotonya kini disebar ke media sosial. 

MLD Entertainment, agensi yang menaungi Momoland, menyatakan bahwa foto yang beredar adalah hasil editan. Foto ini diambil secara sembunyi-sembunyi saat Nancy Momoland sedang berganti pakaian kala menjadi MC Asia Artist Awards 2019 di Vietnam. 

Koreaboo menyebut ada dugaan bahwa pelaku adalah staf agensi Nancy sendiri.  "Foto Nancy yang dimanipulasi secara ilegal baru-baru ini beredar secara daring di platform media sosial," begitu pernyataan dari perwakilan agensi. 

"Nancy adalah korban yang fotonya diambil dan dimanipulasi secara tak pantas. Orang pertama yang harus dilindungi adalah Nancy. Kamu meminta kerja sama Anda dengan berat hati," kata perwakilan agensi.

Pihak MLD jug menyatakan akan bekerja sama dengan kepolisian, termasuk polisi luar negeri, untuk mengusut siapa yang mengambil dan menyebarkan foto ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.