Sukses

Ardhito Pramono Pingsan Saat Manggung, Ingatkan Pentingnya Jaga Pola Makan dan Kesehatan

Insiden Ardhito Pramono pingsan ketika manggung terjadi pada Sabtu, 11 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tak mengenakkan datang dari musisi Ardhito Pramono. Pelantun "I Just Couldn't Save You Tonight" ini jatuh pingsan saat manggung menghibur para penggemar.

Ardhito Pramono pingsan di panggung ketika tampil di acara Pesta Malam Minggu yang digelar di Lapangan Lotte Grosir Medan, Sumetera Utara, Sabtu, 11 Februari 2023, seperti dikutip dari Showbiz Liputan6.com. Insiden itu membuatnya langsung digotong turun dan mendapat pertolongan.

Dua hari setelah kejadian tersebut, Ardhito membagikan unggahan disertai keterangan yang cukup panjang. Ada dua potret dari unggahan pada Senin (13/2/2023) tersebut.

Potret pertama menunjukkan Ardhito yang tengah terbaring sesaat setelah mendapat pertolongan. Sementara potret kedua menampilkan dirinya yang memunggungi kamera ketika tengah berada di atas panggung.

"11 - Februari - 2023 Terjadi sebuah insiden yang telah membuat saya menyadari bahwa betapa pentingnya menjaga pola makan, pikiran, jam tidur dan kesehatan," tulis Ardhito dalam unggahan tersebut.

Ia melanjutkan, di usianya yang menginjak 27 tahun, ia selalu mengabaikan hal-hal penting di atas hingga akhirnya tumbang juga. "Pola diet yang tidak teratur, konsumsi kopi yang berlebihan saat perut kosong dan jam tidur yang tidak teratur membuat fisik saya seketika seperti menolak untuk berdiri," lanjutnya.

Ardhito menjelaskan,"Rasa perih yang luar biasa di ulu hati dan menjalar sampai dada yang sakitnya seperti di tusuk menembus sampai pundak seketika membuat saya terjatuh saat menutup pemampilan kami di Medan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cerita Ardhito

Pelantun "Bitterlove" ini juga mengingatkan bagi mereka yang masih usia muda untuk menjaga kesehatan. "Jagalah sedari sekarang karena kita (mungkin) tidak tau apa yang sedang tubuh kita rasakan," terangnya.

Ardhito juga menuliskan saat ini tengah dalam proses penyembuhan dan dalam keadaan yang cukup membaik. Ia pun berterima kasih kepada keluarga dan teman-teman yang menyayangi dirinya.

"Saya akan belajar untuk lebih menjaga fisik dan memanusiakan tubuh saya sendiri. Terimakasih team Ardhito Pramono, Tim medik dan semua yang sudah menolong saya. Terimakasih banyak," tutupnya.

Unggahan Ardhito dibanjiri komentar dari pesohor negeri dan para warganet. Tak sedikit dari mereka yang mendoakan kondisi sang musisi lekas pulih seperti sedia kala.

"Segera pulih dan jaga kesehatan selalu tho," tulis Rizky Febian. "Cepet sembuh dan pulih kembali, Dhito," tulis Ariyo Wahab.

"Syafakallah get well soon Ardhito!" tulis Chiki Fawzi. "Duh, jaga diri ya pak," tulis Kunto Aji.

3 dari 4 halaman

Kronologi

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, Ardhito juga juga meminta maaf kepada para penggemarnya. Insiden semalam tentu membuat banyak pihak cemas, termasuk penggemarnya.

"Terima kasih teman-teman keadaan saya membaik pascasemalam. Maaf membuat khawatir teman-teman semua," ujar Ardhito Pramono pada Minggu, 12 Februari 2023.

Ardhito Pramono mengungkap penyebab pingsan di panggung. Kondisinya memang sedang kurang prima. "Ternyata selama ini saya mengidap penyakit maag akut yang membuat insiden yang kurang mengenakkan semalam," tuturnya.

Ada banyak faktor yang membuat penyakitnya kambuh. Berkaca dari pengalamannya, dia juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan.

"Jam makan berantakan, kurang tidur dan istirahat. Sekali lagi, tolong jaga kesehatan," Ardhito Pramono mengakhiri.

Sementara, sebelum turun panggung, terlihat Ardhito tak kuat lagi untuk berjalan ke bawah. Ia pun menundukkan kepalanya, dan jatuh pingsan.

Melihat Ardhito Pramono jatuh, kru dengan sigap langsung mengangkatnya turun dari atas panggung. Para pemain musik tak bisa berbuat apa-apa lantaran mereka harus tetap memainkan alat musik mereka sambil matanya tak berhenti memandang Ardhito.

4 dari 4 halaman

Pengiring Musik

Selama tampil di atas panggung, terlihat kondisi kesehatan Ardhito Pramono sedang tidak baik. Begitu selesai bernyanyi, Ardhito Pramono langsung jatuh pingsan hingga ia digotong oleh kru untuk turun dari panggung.

Ada satu hal yang menyita perhatian sejumlah penggemar. Berdasarkan unggahan di akun TikTok @febbykaramels, Minggu, 12 Februari 2023, warganet melempar komentar positif terhadap band pengiring Ardhito.

Menurut beberapa penggemar, cara band pengiring dengan terus memainkan instrumen musik mereka masing-masing sudah sangat tepat. Pujian pun dilontarkan lantaran band pengiring sukses mengendalikan suasana.

"Yg main alat musik: "the show must go on"," tulis seorang warganet, disahut oleh @febykaramels, "Iyaa bandnyaa kereen."

"Kenapa musiknya ga Berhenti? karena kalau hening bakalan semakin panik suasanya," kata warganet lainnya..

"Yaampunnnn.. keren player2nya tetep menghibur penonton jugaa.. tim produksi gercep angkat ardhito.. gws ardhito!" tulis warganet.

"Salut ama pemain musiknya ttap optimis," tambah lainnya.

"Pemain musik profesional terap berjalan walau ada distrac langsung dr ardhito," kata warganet lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.