Sukses

Selamat, Desainer Perhiasan Indonesia Raih Juara 1 di Kompetisi HRD Antwerp Design Award 2022

Liputan6.com, Jakarta - Desainer perhiasan Indonesia, Amelia Rachim, meraih juara 1 dalam kategori gemstone di HRD Antwerp Design Awards ke-18. Kompetisi perhiasan bergengsi yang berawal di Belgia itu pada tahun ini digelar pada pameran perhiasan internasional Vicenzaoro, Italia, pada 22 Januari 2023.

Amelia Rachim menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang bersaing dengan 1.600 peserta dari lebih dari 100 negara. "Sebagai desainer perhiasan, tentunya saya senang dan bangga karena dapat membawa nama Indonesia di kancah internasional," kata Amelia dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (31/1/2023).

Alumnus desain industri Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2008 itu mengambil inspirasi desain perhiasannya dari semut dan keberagaman Indonesia dalam kompetisi yang mengusung tema Peace, It Starts With You!. Ia mempersembahkan anting-anting bernama Piece by Piece into Peace yang berbentuk rangkaian semut yang bekerja sama membawa batu pertama dalam berbagai warna.

Lewat desain itu, Amelia ingin menyampaikan pesan mengenai harmoni dalam perbedaan yang digambarkan dengan semut yang saling bahu-membahu membawa batu perhiasan dalam warna dan bentuk yang beragam. Perilaku semut itu, menurut Amelia, menggambarkan karakteristik gotong-royong yang menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia.

Dalam mewujudkan desainnya, Amelia memadukan rancangan dengan teknik pembuatan perhiasan tradisional khas Indonesia. "Padu-padan desain khas Indonesia dan teknik pembuatan perhiasan tradisional dalam karya saya ini harapannya dapat membuat para perajin Indonesia semakin percaya diri dalam mengembangkan karyanya. Sebab, teknik-teknik yang mereka gunakan sebenarnya banyak diadaptasi oleh produsen perhiasan internasional," ujart Amelia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakal Dipamerkan

Amelia juga mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian terbarunya. Prestasi itu diraihnya setelah perempuan kelahiran Jakarta itu menjadi seorang ibu dan kini menetap di Italia.

"Sejak menjadi seorang ibu, aku menutup mimpiku di dalam kotak berdebu tanpa tahu kapan akan kubuka lagi. Di awal tahun ini, aku coba mengintip ke dalam kotak dan menemukan diriku di tempat pertama kategori gemstone di kompetisi desain perhiasan paling bergengsi di dunia," tulisnya di akun Instagram pribadinya.

Ia juga membocorkan bahwa desain perhiasannya akan dipamerkan di Museum Perhiasan Antwerp pada Maret hingga Mei 2023. "Bila Anda sedang berada di sana, silakan datang dan menyapa," ucapnya dalam bahasa Inggris.

"Harapannya, capaian ini dapat menginspirasi desainer muda lainnya dalam mengasah diri dan karya. Tidak hanya dari segi estetika terkait orisinalitas ide, tetapi juga faktor lain seperti wearability, manufacturability, teknik, dan kreativitas dalam penggunaan perhiasan dan batu berharga," kata Amelia perihal prestasi terbarunya.

Amelia bukan orang baru di dunia perhiasan. Sejumlah penghargaan bergengsi diraihnya, termasuk Evolvea Jewelry Design Contest pada Desember 2014. Ia saat itu berhasil menjadi juara dengan membawa desain Cincin Toraja yang terinspirasi tradisi suku Toraja yang memercayai tanduk kerbau sebagai simbol dari kekuatan esoteris. Hasilnya adalah perhiasan yang eklektik dan visual yang menonjol.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Pemenang

Dikutip dari laman Diamond Loupe, kompetisi HRD Antwerp mendapuk seorang desainer dari China bernama Wang Xuerui sebagai Global Winner untuk seluruh kompetisi. Para juri menilainya dari kekuatan penceritaan, keterampilan teknis, dan kemampuan menerjemahkan cerita ke dalam desain. 

Karya Wang Xuerui dinamai "Mutualistik", tampilan karya logam yang berani dan pengerjaan yang mendetail. CEO HRD Ellen Joncheere menanggapi para kontestan, "Secara umum, kami terkejut dengan tingginya tingkat desain yang kami terima, dan terbukti bahwa dengan platform yang tepat Anda menghilangkan semua hambatan dan memberi ruang bagi calon desainer baru."

Dalam kesempatan tersebut, mereka juga meluncurkan inisiatif baru untuk mendukung para desainer muda di seluruh dunia yang bertajuk Young Designers Community. Berikut daftar lengkap pemenang HRD Antwerp Design Award 2022:

Pemenang Global: Wang Xuerui - China

Pemenang kategori aksesori:

Wang Xuerui - China

1st runner-up: Jun Yuying Zhang - China

2nd runner-up: Yi-Wen Chen - Taiwan

Pemenang kategori batu permata:

Amelia Rachim - Indonesia

1st runner-up: Maho Nozawa - Jepang

2nd runner-up: Chao Yu - China

Pemenang kategori berlian: 

Indika Wjayarathna - Sri Lanka

1st runner-up: Benoit Schrijnemakers - Belgia

2nd runner-up: Lily Leung - China.

 

4 dari 4 halaman

Sekilas tentang Kompetisi

HRD Antwerp Design Award merupakan ajang kompetisi bergengsi yang telah dilangsungkan lebih dari dua dekade sebagai wadah para desainer perhiasan berbakat di seluruh dunia dalam menunjukan kreativitasnya. Pada tahun ini, kompetisi menyertakan satu kategori baru, yakni aksesori, menggenapi dua kategori lainnya, yakni gemstone (batu permata) dan diamonds (berlian).

Kompetisi itu melibatkan penilaian oleh dewan juri berkompeten dalam industri perhiasan. Mereka adalah Gaetano Cavaliery (President CIBJO–The World Jewellery Confederation,) Lucia Silvestri Jewellery (Creative Director Bulgari), Giorgio Damiani (Vice President of the DAMIANI Group), Lorenzo De’ Medici (HRH Prince Lorenzo de’ Medici), dan Romberto Coin (Founder of Roberto Coin S.P.A).

Dikutip dari laman resmi mereka, HRD Antwerp didirikan pada 1973 sebagai 'Dewan Tinggi Berlian', atas inisiatif pemerintah Belgia dan perwakilan industri berlian, terkait dengan sejarah Antwerp World Diamond Center (AWDC). Organisasi itu juga menerbitkan Natural Diamond Grading Report, yakni laporan oyang mengonfirmasi keaslian berlian alami yang telah dipoles dan memberikan deskripsi mendetail tentang karakteristik utamanya, yang disebut 4C: karat, warna, kejernihan, dan potongan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.