Sukses

Gaun Ikonis Putri Diana yang Dilelang Pertama Kali dalam 25 Tahun Terjual Seharga Rp9 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Gaun beludru sutra berwarna ungu terong milik Putri Diana dikonfirmasi terjual seharga 604,8 ribu dolar AS (sekitar Rp9 miliar) oleh Sotheby's, rumah lelang barang mewah berbasis di New York, Amerika Serikat (AS). Potongan mode itu telah jadi salah satu busana paling ikonis sang putri, kendati tidak setenar "gaun balas dendamnya."

Melansir CNN, Sabtu (28/1/2023), mendiang bangsawan mengenakan gaun itu untuk potret resmi kerajaan pada 1991 dan pemotretan Vanity Fair pada 1997, tepat sebelum kematian tragisnya. Didesain couturier Victor Edelstein, gaun strapless ini memiliki potongan rok berbentuk tulip.

Itu terakhir dijual seharga 24.150 dolar AS pada 1997, sekitar 25 tahun lalu, selama lelang amal Christie yang menampilkan 79 gaun sumbangan Diana. Penjualan secara kolektif mencapai 3,25 juta dolar AS, dengan keuntungan diberikan pada organisasi AIDS dan kanker, termasuk Rumah Sakit Royal Marsden, di mana Diana menjabat sebagai presiden selama delapan tahun.

Dalam ulasan Vanity Fair, yang difoto Mario Testino, majalah tersebut berfokus pada pelelangan, menyebut keputusan Diana menjual gaun-gaun itu sebagai "simbol kuat dari perubahan hidup" setelah bercerai dari Pangeran Charles. Tapi, Princess of Wales tidak banyak berkomentar tentang keputusannya menjual pakaian tersebut.

Ibu dari Pangeran Harry dan Pangeran William ini mengatakan bahwa "melepaskan gaun-gaun indah ini" adalah "kunci yang pas." Ia berkata, "Namun, saya sangat senang bahwa orang lain sekarang dapat berbagi kegembiraan yang saya miliki saat memakainya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lelang Lainnya

Gaun ungu tua Putri Diana adalah bagian dari koleksi Autumn 1989 Edelstein, meski ia merancang tampilan khusus untuk sang putri selama lebih dari satu dekade, menurut Sotheby's. Itu ditampilkan dalam lukisan Douglas Hardinge Anderson pada 1991, serta boneka Franklin Mint pada 1998.

Edelstein juga berada di belakang "Travolta Dress" midnight blue Diana, yakni gaun beludru panjang yang terkenal saat ia menari dengan aktor tersebut di Gedung Putih. Gaun itu telah dijual seharga 264 ribu pound sterling pada 2019 untuk sebuah badan amal setelah gagal dilelang.

Sementara itu, lelang pada Jumat, 27 Januari 2023, menampilkan barang-barang penting lain dari mode dan hiburan, termasuk tiket ke ulang tahun mantan Presiden John F. Kennedy pada 1962 dan kaus Miami Heat LeBron James dari Final NBA 2013.

Baru-baru ini, liontin salib Attallah yang dikenakan Putri Diana juga berhasil dilelang di London dengan harga 197.453 dolar AS (hampir Rp3 miliar). Kim Kardashian jadi pemenang lelang, mengalahkan tiga penawar lainnya.

"Ini adalah perhiasan yang berani, dilihat dari ukuran, warna, dan gayanya yang tidak akan gagal membuat pernyataan yang semarak, baik itu terkait keyakinan ataupun mode, bahkan keduanya," kata Kristian Spofforth, kepala perhiasan Sotheby's London, dalam siaran pers, dikutip dari Vogue, 19 Januari 2023.

3 dari 4 halaman

Lionton Attallah

Spofforth menyambung, "Kami senang karya ini telah menemukan kehidupan baru di tangan nama lain (Kim Kardashian) yang terkenal secara global."

Liontin itu terbuat dari terbuat dari batu kecubung berpotongan persegi dengan aksen berlian melingkar. Menurut Sotheby's, harga jual akhir yang ditawarkan Kardashian naik lebih dari dua kali lipat dari nilai pralelangnya.

Lionton Attallah pertama kali dibuat pada 1920-an oleh Garrad, salah satu merek perhiasan yang paling sering dikenakan Putri Diana semasa hidup. Liontin itu dibeli Naim Attallah, salah seorang teman sang putri pada 1980-an. Ia kemudian meminjamkannya pada Putri Wales untuk tampil di sejumlah acara.

Yang paling dikenang adalah momen Diana mengenakan perhiasan tersebut pada Oktober 1987. Ia memadankan aksesori itu dengan gaun beludru ungu Catherine Walker saat menghadiri gala amal Birthright di London.

Kalungnya dilaporkan hanya pernah dikenakan Putri Diana. "Ketika saya tumbuh dewasa, kami selalu menaruhnya di atas meja untuk makan siang Natal, tetapi itu tidak pernah dipakai oleh siapa pun selain Diana dan belum pernah terlihat di depan umum sejak dia meninggal," kata Ramsay Attallah, putra Naim, pada Desember 2022.

4 dari 4 halaman

Gaun Paling Terkenal

Garrad yang membuat Attallah juga membuat banyak perhiasan lain untuk Putri Diana selama bertahun-tahun. Salah satu yang paling populer adalah cincin tunangan bermata safir ofal yang dikenakan Diana pada 1981. Kini, cincin itu diberikan Pangeran William kepada Kate Middleton. Putri Wales itu kerap memakainya saat tampil di depan umum.

Garrad juga membuat kalung Swan Lake yang terbuat dari berlian dan mutiara Laut Selatan yang dikenakan di penampilan publik terakhirnya, yakni sebuah pertunjukan Swan Lake di Royal Albert Hall, London, pada 1997. Kalung tersebut dijual seharga 12,1 juta dolar AS pada 2021, tapi sampai saat ini, belum ada penawar yang tertarik.

Sementara, dari banyak gaun yang pernah dipakai, gaun pengantin Putri Diana jadi salah satu yang paling terkenal sepanjang masa. Gaun pengantin itu dilihat 750 juta orang di seluruh dunia ketika Diana, yang saat itu berusia 20 tahun, menikahi Pangeran Charles di Katedral St Paul pada Juli 1981.

Pada 2021, gaun itu sempat dipamerkan untuk pertama kalinya dalam 25 tahun di Istana Kensington, Inggris. Gaun tersebut bisa dilihat publik langsung mulai 3 Juni 2021, hanya beberapa minggu sebelum ulang tahun ke-60 Putri Diana. Penyelenggara mengatakan gaun itu "sekarang di antara yang paling terkenal dalam sejarah busana pengantin."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.