Sukses

Selain Jadi Bahan Aktif Skincare, Hyaluronic Acid Juga Bisa Mengatasi Rambut Kering

Liputan6.com, Jakarta - Seiring populernya ragam produk kecantikan, nama-nama kandungan bahan aktif di dalamnya pun jadi bunyi kian familiar di telinga banyak orang. Salah satunya adalah Hyaluronic Acid yang sudah tenar sebagai bahan aktif skincare.

Manfaatnya tidak berhenti di situ saja, mengingat senyawa alami yang sebenarnya bisa diproduksi tubuh manusia itu juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering. Secara general, masalah rambut ini disebabkan berkurangnya minyak alami yang diproduksi kulit kepala.

Rata-rata orang Indonesia mengalami rambut kering karena berbagai faktor, seperti gaya hidup, diwarnai, atau penataan tertentu secara intens. Kondisi pekerjaan yang mengharuskan berada di luar ruangan dan di dalam ruangan ber-AC pun jadi penyebab lain.

Medical doctor yang praktik di sebuah klinik di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, dr. Tisha Dionetta, menyebut, selain baik untuk kulit, Hyaluronic Acid juga mampu mengatasi rambut kering. Pasalnya, bahan aktif itu bisa mengikat hingga seribu kali lipat air pada kulit dan batang rambut.

"Oleh karena itu, sangat baik menggunakan Hyaluronic Acid pada rambut kering terlepas dari apapun penyebabnya," katanya saat jumpa pers di bilangan Jakarta Selatan, Kamis, 26 Januari 2023.

Menurutnya, penggunaan Hyaluronic Acid pada rambut akan lebih maksimal jika menggabungkan dua jenis bahan aktif tersebut, yaitu Mikro Hyaluronic Acid dan Makro Hyaluronic Acid. Mikro Hyaluronic Acid akan memberikan penetrasi lebih dalam ke lapisan kulit atau batang rambut.

Karenanya, manfaat bahan aktif tersebut akan diserap lebih efisien oleh lapisan kulit guna memberikan pemulihan yang lebih baik pada rambut. Ia juga menjelaskan bahwa rambut yang kering dan dehidrasi merupakan ciri rambut rusak.

"Ciri lainnya (dari rambut rusak) bisa juga kusam, memiliki warna seperti warna jagung, dan bercabang," katanya.

2 dari 4 halaman

Tips Merawat Rambut bagi Perempuan Berhijab

Sementara dalam kasus wanita berhijab, rambut berminyak dan berketombe jadi keluhan terbesar. Tisha pun memberikan tips merawat rambut bagi perempuan berhijab.

1. Jangan Mencuci Rambut Terlalu Sering

Jangan terlalu sering, ia menyarankan untuk mencuci rambut dua hari sekali.

2. Memakai Vitamin

Menurut Tisha, rambut juga harus diberi nutrisi, seperti vitamin atau serum rambut. Penggunaan kondisioner setelah sampo pun membantu melembapkan rambut.

"Biasanya tipe rambut berhijab itu oily scalp atau rambut kering, jadi (disarankan) sering menggunakan vitamin atau serum," katanya.

3. Jangan Langsung Menggunakan Hijab Saat Rambut Basah

Kebiasaan ini, menurut Tisha, memicu berbagai permasalahan rambut. "Penggunaan hijab langsung saat rambut basha justru membuat rambut jadi lebih mudah berketombe dan berbau karena lepek," ia menyebutkan.

Menyambung sederet rekomendasi tersebut, Marco, yang merupakan penata rambut profesional, menyarankan untuk tidak menggosok rambut dengan handuk karena akan membuatnya lebih mudah bercabang. Ini berlaku secara umun, bukan untuk rambut perempuan berhijab saja.

3 dari 4 halaman

Tips Merawat Rambut ala Eva Celia

Di sisi lain, penyanyi Eva Celia punya trik tersendiri dalam merawat rambutnya. Belakangan, ia menerima kondisi rambut keritingnya, setelah sempat meluruskan rambutnya karena tidak percaya diri.

"Aku tumbuh di lingkungan di mana jarang melihat perempuan dengan rambut keriting. Jadi, aku lebih memilih meluruskan rambut," tuturnya.

Seiring penerimaan rambut alaminya, Eva menilai bahwa rambut keriting sangat membutuhkan kelembapan. Karena itu, ia memutuskan mengurangi heat styling pada rambutnya.

Biasanya, ketika rambut masih basah, Eva lebih memilih hair dryer diffuser ketika terburu-buru. "Karena kalau hair dryer aja akan membuat rambut mengembang dan gelombang rambutnya akan rusak," ia bercerita.

Untuk melembapkan rambut, ia memilih menggunakan produk L'Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture Night Cream. Biasanya, produk itu digunakan ketika ingin tidur dalam jumlah "agak banyak," kemudian ditutup dengan silk wrap dan didiamkan semalaman.

Walau bisa digunakan tanpa dibilas, Eva lebih memilih mencuci rambutnya di pagi hari untuk memberikan kesan lembut dan mudah diatur.

4 dari 4 halaman

Produk Baru

Mendukung upaya perawatan rambut, L'Oréal meluncurkan produk baru, yaitu rangkaian L'Oréal Paris Elseve Hyaluron Moisture yang terdiri dari sampo, kondisioner, dan krim malam. Pihaknya menggunakan Hyaluronic Acid mikro dan makro pada produknya untuk lebih melembapkan rambut.

"Kami mengidentifikasi bahwa perpaduan spesifik Makro dan Mikro Hyaluronic Acid bisa menawarkan keampuhan dan keefektifan paling memuaskan," kata Brand General Manager L'Oréal Paris Indonesia, Ceren Hepyalniz.

Dalam perilisan produk tersebut, Brand Business Leader of Haircare and Make up L'Oréal Paris, Deddy Lukmanda, mengatakan bahwa pihaknya terinspirasi tren media sosial yang memperlihatkan penggunaan produk serum Hyaluronic Acid pada batang rambut.

Rangkaian perawatan rambut ini diklaim bisa memberikan hidrasi empat kali lebih banyak dan melembapkan hingga 72 jam. Sementara, krim malam jadi produk andalan yang tidak perlu dibilas setelah digunakan. Produk ini bisa didapatkan mulai dari harga Rp65 ribu dan sudah tersedia di sejumlah e-commerce

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.