Sukses

Jangan Keliru, 3 Makanan Ini Ternyata Tak Boleh Disantap Saat Tubuh Sedang Demam

Apa saja sejumlah makanan yang pantang dikonsumsi saat demam? Berikut daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta Pada saat demam, badan biasanya akan menjadi lebih lemah dan tak bertenaga dari biasanya. Sebenarnya kondisi ini dapat terjadi akibat tubuh yang sedang berusaha memusnahkan bakteri dan virus penyakit yang menyerang. Untuk itu, selain menggunakan obat, kamu pun perlu mengonsumsi berbagai makanan yang sehat agar bisa sehat seperti sedia kala.

Sayangnya, tak semua sajian bisa dikonsumsi saat kondisi tubuh mengalami panas. Ini karena ada beberapa yang mampu memperburuk kesehatan, sehingga sebaiknya harus dihindari. Lalu, apa saja sejumlah makanan yang pantang dikonsumsi ini? Berikut daftarnya.

1. Roti Tawar

Memiliki rasa yang enak dan bisa langsung disantap tanpa perlu diolah, ternyata tak membuat roti tawar bisa dikonsumsi saat kamu sedang mengalami demam. Bukan tanpa alasan, makan roti tawar ketika sedang dalam kondisi yang kurang fit hanya akan memperparah peradangan dalam tubuh kamu sendiri. 

Diketahui bahwa makanan yang mengandung gula sangat tak disarankan karena bisa memberikan dampak buruk di tengah kondisi kesehatan sedang tidak stabil.  Makanan ini termasuk pula roti tawar, yang biasanya sering dijadikan sebagai alternatif santapan di kala sedang tidak enak badan.

2. Makanan yang Digoreng

Meskipun makanan yang digoreng tak pernah gagal dalam menggoyang lidah, namun ada baiknya jika kamu menghindari jenis hidangan ini dulu ketika sedang demam. Menu santapan seperti ayam goreng, tempe goreng, telur goreng, dan sebagainya memang enak bagi mulut. Namun, inilah yang bisa menyebabkan lemak jenuh padat menumpuk di dalam tubuh.

Ketika jumlah lemak jenuh ini terlalu banyak, maka sistem imun akan semakin berkurang efektifitasnya dan tak mampu untuk menjaga kekebalan tubuh. Jika hal ini sampai terjadi, maka kamu akan bisa terserang penyakit dengan lebih mudah dan membuat kekebalan tubuh jadi tak bisa melawan bakteri dan virus dengan lebih baik.

3. Olahan Daging

Daging memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Mulai dari menjaga berat badan, menambah asupan mineral dan vitamin, hingga menyehatkan jantung. Namun, menjadikan berbagai olahan daging sebagai santapan saat sedang demam ternyata tak dianjurkan karena dapat memberikan dampak buruk pada tubuh.

Mengonsumsi olahan daging yang berlemak dipercaya dapat memperburuk peradangan dan menekan kerja imunitas pada tubuh. Maka dari itu, lebih baik jika kamu banyak menyantap sup ayam dengan beragam jenis sayuran, yang sudah pasti mampu memenuhi kebutuhan nutrisi saat kamu sedang memulihkan kondisi kesehatan.

Itulah beberapa makanan yang tak seharusnya disantap di kala demam karena bisa menyebabkan dampak yang buruk. Nah, selain menghindari berbagai makanan di atas, kamu pun perlu juga untuk mengonsumsi obat pereda demam agar panas yang diderita bisa semakin menurun. Untuk itu, pilihlah obat penurun panas yang bisa diandalkan dan sudah bersertifikasi BPOM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.