Sukses

Sempat Kirim Sinyal Bahaya, Pesawat Qantas Akhirnya Mendarat Selamat

Pesawat Qantas yang mengangkut 145 penumpang dari Selandia Baru itu sempat mengirimkan sinyal bahaya satu jam sebelum tiba di destinasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Qantas berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Sydney pada Rabu (18/1/2023) setelah mengirimkan sinyal bahaya pada pihak bandara. "145 penumpang yang diangkut berhasil turun dari pesawat secara normal," demikian pernyataan Qantas, dikutip dari CNN.

Pihak maskapai menyampaikan, pesawat QF144 dilaporkan 'bermasalah dengan salah satu mesinnya' saat melintasi Laut Tasman setelah lepas landas dari Auckland, Selandia Baru, pada Rabu sore. Sinyal bahaya yang sempat dikirimkan akhirnya diturunkan jadi peringatan 'kemungkinan diperlukan bantuan' sebelum pesawat mendarat di Bandara Sydney sekitar pukul 3.30 sore, waktu setempat.

Qantas menyatakan pesawat Boeing 737 itu masih sekitar satu jam lagi menuju destinasi di Sydney ketika mengirimkan sinyal bahaya. Rute yang menghubungkan dua kota terbesar di Selandia Baru dan Australia itu biasanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 3,5 jam.

Mobil pemadam kebakaran, ambulans, dan polisi segera dikerahkan ke Bandara Sydney sebagai upaya pencegahan, menurut perwakilan bandara. Maskapai menyatakan para teknisi Qantas saat ini sedang menilai kondisi pesawat.

"Meski mati mesin dalam penerbangan jarang terjadi, dan secara alami akan mengkhawatirkan penumpang, pilot kami dilatih untuk menanganinya dengan aman dan pesawat dirancang untuk terbang dalam waktu lama dengan satu mesin," kata pernyataan resmi dari maskapai tersebut.

Beberapa penumpang mengatakan kepada afiliasi CNN, 7NEWS, bahwa mereka mendengar beberapa gangguan dalam penerbangan, namun tidak tahu apa penyebabnya. "Saya hanya mendengar ledakan, dan mungkin sedikit bergetar, tapi hanya itu," kata seorang penumpang.

"Mereka sangat profesional tentang hal itu dan sangat tenang menghadapinya," sambung yang lain. "Saya memperhatikan sesuatu, tetapi itu tidak dapat dikenali," kata penumpang lain. Tidak ada seorang pun di pesawat yang terluka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Maskapai Teraman di Dunia 2023

Maskapai Qantas sebelumnya dinyatakan sebagai maskapai paling aman di dunia menurut AirlineRatings.com pada awal Januari 2023. Operasional dan tingkat keselamatannya dinilai luar biasa sehingga kembali menduduki posisi puncak.

Pada tahun lalu, Qantar kehilangan posisi teratas, karena insiden di Bandara Perth pada 2018. Kejadian tersebut dialami pesawat Boeing 737 yang baru saja keluar dari landasan pacu, taksi melewati stop bar dan hampir bertabrakan dengan 737 lain yang ada di dalamnya.

Laporan insiden ini tidak dicatat hingga 2020 yang kemudian memengaruhi peringkat keselamatan pada 2021. Qantas turun ke peringkat tujuh.

Mengutip dari Euronews, 8 Januari 2023, ArlineRatings.com sebelumnya menganalisis 385 perusahaan perjalanan udara yang berbeda untuk menentukankan 20 yang paling aman di dunia. Dalam jajak pendapat terpisah, mereka juga mengumpulkan 10 maskapai penerbangan hemat teratas.

Jadi, apakah terbang dengan kelas satu atau ekonomi, pelancong akan tahu berada di tangan yang aman. Untuk mengetahui 20 teratas mereka, AirlineRatings.com melihat berbagai faktor, termasuk catatan insiden serius selama dua tahun terakhir, audit pemerintah, usia armada, dan tentu saja, protokol keselamatan COVID-19. 

3 dari 4 halaman

Daftar 20 Besar

Air New Zealand yang merupakan pemenang tahun lalu, berada di posisi kedua tahun ini. Etihad Airways UEA berada di urutan ketiga, sementara Qatar Airways berada di urutan keempat.

"Maskapai penerbangan ini menonjol di industri dan berada di garis depan keselamatan, inovasi, dan peluncuran pesawat baru," kata Pemimpin Redaksi AirlineRatings.com Geoffrey Thomas tentang peringkat situs web.

"20 maskapai teraman kami tahun 2023 selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi keselamatan, keunggulan operasional, dan peluncuran pesawat baru yang lebih canggih seperti Airbus A350 dan Boeing 787."

Adapun 20 besar lainnya maskapai paling aman di dunia 2023 adalah:

5. Singapore Airlines

6. TAP Air Portugal

7. Emirat

8. Alaska Airlines

9. EVA Air

10. Virgin Australia/Atlantik 

11. Cathay Pacific Airways

12. Maskapai Hawaii

13. SAS

14. United Airlines

15. Grup Lufthansa/Swiss

16. Finlandia

17. British Airways

18. KLM

19. American Airlines

20. Delta Air Lines 

Situs web peringkat juga memilih sepuluh maskapai penerbangan murah yang paling aman untuk pelancong juga. Meskipun mereka tidak diberi peringkat dalam urutan tertentu, berikut adalah maskapai penerbangan bertarif rendah paling aman untuk terbang bersama tahun ini: Air Arabia, easyJet, Frontier, Grup Jetstar, Jetblue, Ryanair, Vietjet, Volaris, Westjet, dan Wizz.

4 dari 4 halaman

Kecelakaan di Nepal

Dalam pekan yang sama, Nepal berkabung setelah pesawat Yeti Airlines yang mengangkut 68 penumpang dan empat awak kabin jatuh di dekat bandara internasional Pokhara, Nepal, pada Minggu, 15 Januari 2023. Badan pesawat terbakar dan berserakan di Ngarai Seti akibat insiden tersebut. 

Pesawat ATR-72 bermesin ganda itu diketahui mengangkut 15 turis asing. Selain empat warga Rusia, korban warga negara asing lainnya adalah lima warga India, dua warga Korea Selatan, satu dari Argentina, satu dari Prancis, seorang warga Australia, dan seorang berkebangsaan Irlandia.

Detik-detik terakhir saat pesawat Yeti Airlines jatuh di Nepal itu sempat terekam lewat Facebook Live oleh salah satu penumpangnya. Video yang beredar di media sosial menunjukkan bagian dalam pesawat beberapa saat sebelum insiden. Diyakini video itu merekam momen saat pesawat hendak mendarat di bandara yang baru dibuka di Kota Pokhara.

Dikutip dari Daily Mail, rekaman yang kabarnya diambil oleh seorang pria India bernama Sonu Jaiswal, menunjukkan penumpang tersenyum saat pesawat terbang di atas rumah. Logo Yeti Airlines terlihat di bahu Jaiswal dan iklan asuransi Nepal dapat dilihat di baki maskapai.

Klip berlanjut sebelum kamera tiba-tiba mulai bergetar dan terdengar teriakan penumpang. Layar mendadak berubah hitam dengan suara dentuman keras, sebelum nyala api menerangi bingkai.

Kebenaran rekaman tersebut belum dikonfirmasi secara independen oleh MailOnline, meskipun Times of India mengatakan telah berbicara dengan sepupu Mr Jaiswal, yang mengonfirmasi bahwa pria berusia 29 tahun itu ada di dalam pesawat. Dilaporkan salah satu rekan Jaiswal, tiga di antaranya juga orang India, berteriak 'sangat menyenangkan' beberapa saat sebelum kecelakaan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.