Sukses

Siwon Super Junior Ditantang Diet Vegetarian, Ingin Kurangi Dampak Krisis Iklim

Prihatin krisis iklim yang kian parah, Siwon Super Junior yang juga Duta UNICEF menyatakan sebagai vegetarisme.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Super Junior yang juga Duta UNICEF Choi Siwon menyatakan sebagai penganut paham vegetarian (vegetarisme). Aktor Korea Selatan berusia 36 tahun itu mengungkapkan komitmennya tersebut melalui Instagram pribadinya.

"Krisis iklim adalah krisis bagi kita semua, termasuk anak-anak. Sebanyak 815 juta anak di seluruh dunia saat ini tinggal di lingkungan yang berisiko tinggi terpapar polusi timbal," ungkapnya dikutip dari Kbizoom, Senin (16/1/2023). 

Dia mengunggah foto dengan Hong Jung Wook, ketua Dana Margasatwa Dunia Korea yang sedang menantang dirinya untuk berlatih diet vegetarian. Siwon juga mengajak penggemarnya untuk bergabung.

Sejak 2010, Choi Siwon melanjutkan kegiatan donasinya melalui kampanye UNICEF. Dia ditunjuk sebagai perwakilan khusus UNICEF pada November 2015. Sebagai Duta Niat Baik UNICEF untuk wilayah Asia Timur-Pasifik, dia berjuang untuk perdamaian global selain masih aktif dengan karier menyanyinya.

Kali ini, dia menjadi contoh atas pernyataannya tentang krisis iklim dan tindakannya untuk dipraktikkan. Mengikuti Park Jin Hee yang baru-baru ini menggelar protes terkait krisis iklim, ia terlahir kembali sebagai penjaga lingkungan.

Dalam unggahannya, Siwon mengungkapkan anak-anak merupakan pihak tak bersalah yang paling menderita akibat dampak krisis iklim. Menurutnya, krisis iklim hanya dapat diperlambat saat perhatian dan upaya seluruh penduduk bumi bersatu. 

"Satu kali makan vegetarian sehari adalah perubahan kecil tapi besar untuk mengurangi krisis iklim! Langkah pertama itu berarti satu latihan sehari. Terima kasih banyak kepada mereka yang memperkenalkan saya pada makanan lezat meskipun sedang sibuk!" tulis Siwon di unggahannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pungut Sampah

Bukan sekali ini Siwon membahas isu lingkungan. Pada peringatan Hari Bumi, 22 April 2021, Choi Siwon ikut terlibat dalam Queen Flogging Challenge.

Ber-hoodie hitam dengan logo Unicef di bagian depan, Siwon mengacungkan jempolnya seraya memamerkan kantung sampah dan pencapit. Di potret berbeda, wajahnya terlihat serius saat memungut sampah yang ditemuinya di pinggir jalan hingga tepi sungai.

"Flogging adalah kampanye ramah lingkungan untuk memungut sampah sambil berolahraga, seperti joging atau berjalan kaki, setiap hari," tulis Siwon di akun Instagram miliknya, 16 April 2021.

Ia mengaku tantangan tersebut sangat bermakna baginya. Menurutnya, meski hanya tindakan kecil, ia berharap tantangan itu akan menetap menjadi budaya yang meningkatkan kesadaran untuk melestarikan lingkungan di masa depan.

"Seperti rangkaian titik-titik kecil yang kemudian bergabung bersama membentuk garis," sambung pria kelahiran 7 April 1986 tersebut.

Sebelumnya, Siwon merespons tantangan dari seorang pemilik Organica Jeong-Wook Hong, perusahaan Korea yang memproduksi makanan organik. Setelah berhasil menuntaskan tantangan itu, gilirannya menantang Sekjen Komite UNICEF Korea Selatan Lee Ki-cheol. Siwon diketahui merupakan salah satu duta UNICEF Korea yang banyak menyuarakan isu perlindungan anak.

3 dari 4 halaman

Makan Bareng Luna Maya

Choi Siwon beberapa waktu lalu kedapatan menghabiskan waktu dengan Luna Maya di Korea Selatan. Luna Maya mengaku ditraktir makan siang oleh sang idol. 

Lewat unggahan di akun media sosialnya, Luna berbagi momen pertemuannya dengan Siwon. "Thank You for the lunch @siwonchoi (terima kasih untuk makan siangnya)," ia menuliskan sebagai keterangan unggahan foto mereka, dikutip 31 Mei 2022 lalu.

Sebelumnya, penggemar BTS ini telah lebih dulu berbagi menu makan siang apa yang dinikmati bersama Siwon. Bukan makanan Korea, mereka memilih kuliner Italia. Menunya dimulai dari salad sayuran, dilanjutkan pasta krim dengan irisan jamur truffle mahal.

Masih dari varian pasta, mereka juga menikmati hidangan spageti hitam yang dibuat dari tinta cumi, lengkap dengan potongan cumi yang bertekstur kenyal. Tampak pula semacam gyeran jimm, yakni telur kukus khas Korea yang disajikan bersama potongan daun bawang.

Sebagai makanan penutup, Luna dan Siwon menyantap kue cokelat yang bercita rasa manis. Lewat video singkat di TikTok, Luna kedapatan melontarkan kalimat yang cukup menggegerkan para penggemar personel Super Junior tersebut.

4 dari 4 halaman

Bertemu Boy William

Bukan hanya Luna Maya, artis Indonesia lainnya seperti Boy William juga sempat bertemu dengan Choi Siwon namun saat sang idola datang ke Jakarta. Dari akun Instagram @boywilliam17, yang dikutip di kanal Showbiz Liputan6.com pada 17 September 2022, tampak Boy William dan Choi Siwon berjabat tangan erat pada pertemuan tersebut.

Mereka juga tampak tersenyum ke satu kamera dengan perawakan wajah yang hampir mirip satu sama lain. Boy memuji sikap Siwon yang rendah hati, telah berhasil membuat presenter itu merasa sangat nyaman.

Lucunya, Boy William membuka keterangan foto dengan melontarkan candaan mata uang dari negara masing-masing. Boy William juga mengaku Siwon sudah sudah jadi sosok yang menginspirasinya. Boy menyebut pertemuannya dengan Siwon melebihi ekspektasinya karena sikap sang artis Korea Selatan yang rendah hati dan mampu menjadi inspirasi tak pernah diduga-duga olehnya.

"Siwon & Sirupiah. I have to say, i heard alot about how great of a person he is, but he is beyond my expectations. His humble and very human nature for someone at his level is an inspiration for me," sebut Boy, mengutip keterangan fotonya di akun Instagram presenter itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.