Sukses

Kate Middleton Copot Cincin Tunangannya Saat Jalani Tugas Kerajaan Bareng Pangeran William

Kate Middleton menjalani tugas kerajaan pertama setelah berulang tahun ke-41.

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton kembali muncul di publik secara resmi. Putri Wales itu menjalani tugas kerajaan pertama bersama Pangeran William pada Kamis, 12 Januari 2023, beberapa hari setelah ulang tahunnya ke-41 dan peluncuran memoar Pangeran Harry yang kontroversial.

Pasangan kerajaan Inggris itu mengunjungi Liverpool sehari setelah anak-anak mereka kembali bersekolah sehabis liburan. Tempat yang didatangi keduanya adalah Royal Liverpool University Hospital. 

Kate dan William tiba dalam balutan busana yang serasi. Kate terlihat elegan dalam balutan mantel tartan Holland & Cooper dengan gaun berikat pinggang biru tua dari Cefinn dan sepatu hak Gianvito Rossi yang serasi. Dia melengkapi penampilannya dengan tas Mulberry Amberley dan dan anting-anting safir yang senada dengan cincin pertunangannya.

Namun di tengah kunjungan yang berlangsung beberapa jam, Kate melepas dua aksesorinya yang paling berharga, yakni cincin pertunangan dan cincin keabadiannya. Hanya cincin kawinnya yang terbuat dari emas yang tetap dipakai di jari manisnya.

Dikutip dari Hello Magazine, Sabtu, 14 Januari 2023, Kate melepas kedua cincin itu adalah demi alasan kesehatan dan keselamatan. Cincin tunangan bermata safir 12 karat sangat jarang dilepaskan dari jarinya, begitu pula dengan cincin keabadian bermata berlian eclipse yang terbuar dari emas putih 18 karat.

Tapi, itu bukan pertama kalinya Kate melepas kedua cincin tersebut. Pada 2020, dia tampil tanpa mengenakan kedua benda itu dan hanya memakai cincin kawinnya ketika mengunjungi Rumah Sakit Anak Evelina.

Dua tahun sebelumnya, saat saat menghabiskan waktu bersama anak-anak di Great Ormond Street, dia juga melakukan hal yang sama. Saat itu, Istana Kensington memberi tahu bahwa Kate melepas cincinnya karena dia mengunjungi bangsal anak-anak. Karena itu, penting bagi kerajaan untuk menghilangkan potensi bahaya ketidakhigienisan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Abaikan Pertanyaan Wartawan

Sementara itu, Pangeran William tampil dalam balutan busana senada dengan istrinya. Ia mengenakan celana panjang biru gelap yang dipadankan dengan blazer warna senada dan sweater hijau membalut kemeja.

Pasangan itu sempat menyapa publik yang sudah menanti di luar rumah sakit dan melambaikan tangannya. Namun, mereka juga kompak mengabaikan pertanyaan wartawan yang ingin mengetahui tanggapan mereka terkait buku biografi Pangeran Harry, Spare.

"Yang Mulia, apakah Anda sempat membaca buku saudaramu sama sekali?" seorang koresponden melontarkan pertanyaan yang sama dua kali, sesuai rekam gambar yang diambil ITV, dikutip dari Page Six.

William tidak bereaksi mendengar pertanyaan itu dan segera berjalan keluar dari rumah sakit bersama Kate Middleton yang juga bersikap serupa. Pasangan kerajaan itu sempat singgah di Acara Amal Open Door di Birkenhead, Inggris, menandai penampilan kedua mereka di depan publik setelah buku Harry diluncurkan.

Tom Bower, penulis "Revenge: Meghan, Harry and the War Between the Windsors," mengungkapkan bahwa Putri Wales "marah dan terluka" setelah membaca isi buku tersebut. Sementara, penulis biografi kerajaan Katie Nicholl mengatakan William "secara pribadi mendidih" dan hatinya hancur oleh apa yang telah dilakukan Harry. Tapi, tidak ada pernyataan resmi apapun dari pihak kerajaan.

3 dari 4 halaman

Ulang Tahun Kate

Sebelumnya, Kate Middleton genap berusia 41 tahun pada Senin, 9 Januari 2023. Seperti biasa, tidak ada perayaan ulang tahun meriah di depan pubil. Meski begitu, ada yang hilang dari tradisi peringatan pertambahan usia anggota senior kerajaan itu.

Pihak kerajaan biasanya merilis foto terbaru dari pihak yang berulang tahun. Tapi, hal itu tidak terjadi pada tahun ini, meski ucapan selamat tetap disampaikan resmi oleh Raja Charles III dan Ratu Camilla.

Mengutip dari news.co.au, Rabu, 11 Januari 2023, unggahan terakhir Pangeran dan Putri Wales adalah lukisan yang dibuat oleh putra mereka, George. Hilangnya tradisi itu dipandang sebagian orang sebagai tanda kepanikan atas peluncuran autobiografi Pangeran Harry yang berlangsung pada keesokan harinya.

Sorotan dunia sedang berada pada Pangeran Harry yang menggelar tur buku untuk memoarnya berjudul "Spare". Selama hampir seminggu lebih, keluarga kerajaan telah diterpa aliran cerita yang sangat tidak menarik yang muncul dari halaman autobiografi, atas cerita versi Harry. Salah satunya tentang klaim Harry bahwa Raja Charles III adalah ayah yang lemah yang tidak melakukan pekerjaan yang baik dalam membesarkan anak-anaknya.

4 dari 4 halaman

Renggangnya Hubungan Kate dan Harry

Harry pernah memuji Kate Middleton sebagai kakak perempuan yang tak pernah dimilikinya. Namun, hubungan merenggang setelah ia berpacaran dan menikah dengan Kate Middleton.

Kalimat-kalimat pedas disertai tudingan mengalir dari Harry kepada kakak iparnya dalam buku terbarunya. Salah satunya menguak isi pesan singkat yang dikirimkan Kate Middleton dan diklaim membuat Meghan Markle sampai menangis di lantai.

Pertengkaran itu dipicu oleh keluhan Kate Middleton atas baju pengiring pengantin yang akan dipakai Charlotte di hari pernikahan Meghan dan Harry. Ia menyebut baju tersebut terlalu panjang dan longgar hingga Charlotte pun menangis, menolak memakai baju itu.

Kate menyebut baju itu perlu dijahit ulang, tetapi Meghan meminta agar Kate membawa putrinya untuk diukur ulang penjahit yang bersiap di Istana Kensington. Reaksi awal Kate tidak terlalu baik, meski begitu ia kemudian meminta maaf sambil membawa bunga dan kartu. Meghan bahkan dalam wawancara dengan Oprah Winfrey tak mau memperdalam masalah dengan menyebut Kate 'orang baik'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.