Sukses

Perayaan Tahun Baru 2023 di Berbagai Negara, Didominasi Pertunjukan Kembang Api

Beberapa negara merayakan tahun baru 2023 dengan mewah dan sukacita.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai negara merayakan Tahun Baru 2023 secara meriah untuk pertama kali setelah dua tahun sebelumnya menerapkan pembatasan akibat pandemi Covid-19.  Beberapa negara pun merayakan pergantian tahun dengan mewah dan sukacita.

Sejumlah negara di Asia, Australia sampai Eropa merayakan tahun baru 2023 dengan cara dan tradisi mereka. Di Indonesia misalnya, ada pesta kembang api dan sejumlah panggung musik.

Sedangkan di Amerika, termasuk Amerika Serikat, baru akan merayakan tahun baru di siang hari waktu Indonesia atau sekitar pukul 12.00 sampai 13.00 hari ini, Minggu (1/1/2023). Berikut ini kemeriahan perayaan tahun baru 2023 di berbagai negara di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Australia

Australia termasuk negara pertama yang merayakan malam pergantian tahun. Perayaan meriah digelar di semua kota termasuk di Sydney dengan pertunjukan kembang api yang memesona. Pertunjukan kembang api diluncurkan dari Sydney Opera House dan Harbour Bridge. Selain itu untuk pertama kali, perayaan dimeriahkan air terjun pelangi dari Harbour Bridge yang terkenal.

2. Prancis

Prancis juga menggelar pesta kembang api Tahun Baru yang pertama sejak 2019 yakni berpusat di Paris. Pertunjukan kembang api selama 10 menit dimulai pada tengah malam diikuti sekitar 500 ribu warga yang berkumpul di jalanan Champs-Elysees.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. China

Di China, perayaan tak kalah meriah digelar di Beijing sampai Wuhan, sekaligus menandai berakhirinya pembatasan Covid-19 yang ketat. Meski begitu, perayaan digelar di tengah lonjakan kasus infeksi di negara itu. "Virus ini seharusnya pergi dan mati saja, saya tidak percaya tahun ini bahkan tidak bisa menemukan teman yang sehat bisa pergi bersama merayakan tahun baru," kata seorang warga asal Provinsi Shandong, di media sosial, dilansir dari CNA, Minggu (1/1/2023),

Sementara warganet lain menyatakan harapan bahwa Tahun Baru 2023 ini menandai kembalinya China ke kehidupan seperti sebelum pandemi. Di Kota Wuhan yang diyakini jadi asal muasal wabah Covid-19, puluhan ribu orang berkumpul untuk merayakannya di tengah pengamanan ketat. Ratusan polisi dan petugas keamanan lainnya berjaga-jaga saat perayaan besar malam Tahun Baru untuk pertama kalinya digelar setelah pembatasan.

Perayaan juga digelar di Shanghai, para warga memadati jalan tepi sungai The Bund. Bahkan banyak dari mereka yang sengaja datang dari luar provinsi.

Perayaan juga digelar di Hong Kong, beberapa hari setelah wilayah itu mencabut pembatasan untuk berkumpul. Puluhan ribu orang memenuhi dekat Pelabuhan Victoria untuk melakukan hitung mundur. Lampu-lampu bersinar dari beberapa gedung di depan pelabuhan terbesar di kota itu.

4. Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan melanjutkan upacara pembunyian lonceng tahunan untuk merayakan malam Tahun Baru setelah dua tahun ditangguhkan karena pandemi COVID-19. 

Melansir Yonhap, Senin (1/1/2023), upacara yang diselenggarakan oleh pemerintah metropolitan Seoul ini berlangsung pada pukul 23:30 waktu Korea Selatan di Paviliun Bosingak, Seoul dengan dihadiri sekitar 100.000 orang. Untuk mencegah kepadatan, acara tahun ini digelar serentak di Bosingak, Gwanghwamun Square, dan Dongdaemun Design Plaza dan disiarkan secara daring.

5. Uni Emirat Arabi

Seperti tahun sebelumnya Uni Emirat Arab (UEA) merayakan tahun baru dengan mewah dan sukacita. Melansir kanal Global Liputan6.com, UEA menyiapkan 43 lokasi untuk pesta kembang api. Lokasi-lokasi utamanya adalah Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Ajman, Ras Al Khaimah dan Fujairah.

Di Abu Dhabi, ada tujuh lokasi utama untuk melihat kembang api tahun baru, termasuk Abu Dhabi Corniche yang gratis. Jalanan sepanjang 8 kilometer itu memiliki area bermain untuk anak-anak, pesepeda, dan pejalan kaki. Ada pula restoran dan kafe yang jadi tempat para warga maupun wisatawan berkumpul dan menghabiskan waktu menjelang tahun baru 2023.

Pesta kembang api meriah berada di Sheikh Zayed Festival yang berlokasi di Al Watchba. Gedung tertinggi Burj Khalifa juga menggelar pesta kembang api juga. Selain itu, sejumlah klub juga menggelar pesta kembang api.

 

3 dari 3 halaman

Tak Terlalu Meriah

Namun di perayaan tahun baru 2023 di beberapa negara suasananya tidak terlalu meriah. Pemerintah Malaysia misalnya, mereka membatalkan penghitungan mundur Tahun Baru dan acara kembang api di Dataran Merdeka di Kuala Lumpur setelah banjir di seluruh negara membuat puluhan ribu orang mengungsi dan tanah longsor menewaskan 31 orang pada Desember 2022. Menara Kembar Petronas yang terkenal di negara itu mengatakan akan mengurangi perayaannya tanpa pertunjukan atau kembang api.

Sejumlah kota di Kroasia, termasuk ibu kota Zagreb, membatalkan perayaan kembang api di Tahun Baru setelah para pecinta hewan memperingatkan tentang efek merusak dari kebisingan dan gas pada hewan dan manusia, menyerukan perayaan yang lebih sadar lingkungan.

Sementara itu perayaan sederhana digelar di Praha, Republik Ceko, Negara itu mengalami kesulitan ekonomi sehingga tidak mengadakan pertunjukan kembang api. Sedangkan cuaca ekstrem yang menerjang Belanda.pada Sabtu, 31 Desember 2022, memaksa pembatalan pertunjukan kembang api di Amsterdam , Rotterdam dan Den Haag dibatalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.