Sukses

Mengintip Bagian Dalam Kastil di Italia yang Dijual Seharga Rp31,4 Miliar

Harga kastil di Italia ini dilaporkan lebih murah daripada townhouse di pusat Kota London atau apartemen loteng di Roma.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan harga kurang dari nilai townhouse di pusat Kota London atau apartemen loteng di Roma, sebuah kastil di Italia dipasarkan. Kastil abad pertengahan di Serravalle, setengah jalan antara Kota Modena dan Bologna di wilayah Emilia Romagna utara Italia, dijual seharga 1,9 juta euro (sekitar Rp31,4 miliar).

Melansir CNN, Sabtu, 17 Desember 2022, properti ini diklaim sudah layak huni dan dilengkapi pemanas, dengan hanya membutuhkan sedikit perbaikan, dan harganya masih bisa dinegosiasi. Terletak di perbukitan hijau, kompleks hunian ini terbentang seluas 1.800 meter persegi di ketinggian 400 meter.

Properti ini terdiri dari kastil yang dibangun di atas reruntuhan permukiman pagan, juga istana megah abad ke-18 tiga tingkat yang disebut Palazzo Boccadiferro, tempat pemilik saat ini kadang-kadang tinggal. Ada pula pondok berburu dengan gudang kayu, menara pengintai empat lantai, jalan panorama yang menakjubkan, dan taman rimbun seluas 14 ribu meter persegi.

"Tidak hanya sangat nyaman, kira-kira turun jadi 1.000 euro per meter persegi, ini memiliki potensi yang sangat besar, baik sebagai tempat peristirahatan pribadi yang sunyi, atau sebagai investasi untuk mengubahnya jadi sebuah resor," Paolo Giacopini dari Immobiliare Giacopini, agen real estat yang menangani penjualan tersebut, mengatakan pada CNN.

Ia menyambung, "Pesona dan panoramanya tiada tara, dikelilingi kebun anggur, di lokasi yang strategis di antara dua kota teratas Emilia Romagna, wilayah indah yang sering kali dikalahkan secara tidak adil oleh Tuscany dalam hal kastil dan rumah bangsawan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perlu Beberapa Perbaikan

Saat ini, perkebunan yang terpelihara dengan baik disewakan untuk acara dan konferensi pribadi. Namun, pemilik saat ini, yang tidak ingin disebutkan namanya, tidak lagi dapat mengelola properti yang luas tersebut.

Mereka tinggal di kastil selama bulan-bulan musim panas, kata Giacopini, sehingga sudah dapat dihuni dengan pemanas, dapur, utilitas, perapian, beberapa kamar tidur, dan kamar mandi. Pondok berburu dua lantai, dibangun sebagai rumah pedesaan, juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Meski kastil ini terpelihara dengan rapi, bagian lain dari properti tersebut, seperti menara pengawas, yang dibangun pada 1227 dan dimodifikasi pada 1523, mungkin memerlukan beberapa perbaikan. Perabotan mewah bergaya Renaisans, termasuk lukisan, juga berpotensi dijual.

Giacopini, yang mengajak pengunjung yang tertarik pada tur berpemandu, mengatakan bahwa vendor terbuka untuk penawaran. Ia menyebut, mengingat nilai sejarah dan artistiknya, kastil ini berada di bawah pengawasan otoritas seni daerah yang membatasi perubahan struktural radikal, seperti mengubah kamar mandi jadi kamar tidur, atau sebaliknya.

3 dari 4 halaman

Sarat Akan Sejarah

Beberapa fitur sejarah menambah lapisan intrik properti tersebut. Salah satunya, yakni sebuah lorong bawah tanah rahasia yang menghubungkan menara ke istana dan pernah digunakan penjaga yang melarikan diri dari serangan musuh.

Bagian itu sejuk di musim panas, tapi sangat dingin di musim dingin. Giacopini mengatakan, seorang klien Amerika yang berkeliling properti bersamanya mengklaim kakinya hampir membeku di dalam sepatu ketsnya.

Serravalle kaya akan sejarah. Benteng tersebut selama berabad-abad telah jadi jantung perseteruan teritorial dan pertempuran melawan penjajah dan wilayah kekuasaan tetangga. Sebelum penyatuan kerajaan Italia pada 1861, negara ini terbagi jadi banyak negara kota, atau comuni, masing-masing berjuang untuk supremasi.

Pada abad ke-12, kastil tersebut diperebutkan dengan sengit oleh Modena dan Bologna karena posisi militernya yang strategis. Pada masa itu, kastil adalah mikrokosmos militer kecil yang melindungi sebagian besar tanah, petani, dan penyewa.

Benteng, yang dibangun di atas abu pos terdepan militer Romawi kuno yang disebut Verabulum, ditaklukkan dan dihancurkan suku Lombard pada abad ke-8. Setelah dibangun kembali, menurut legenda, kastil tersebut menampung Charlemagne dalam perjalanannya ke Roma untuk dinobatkan sebagai kaisar, ditemani pasukan Prancis, pada abad ke-9.

Meski tenang dan damai, properti ini tidak sepenuhnya terisolasi. Desa ini memiliki keramaian sosial dengan 40 keluarga, gereja yang memiliki lukisan dinding, kedai minuman tradisional, dan museum anggur yang berfokus pada kehidupan pedesaan setempat.

4 dari 4 halaman

Ada Cerita Hantu

Ada aura seram di sana. Menurut legenda lokal, kastil dan perkebunan dihuni hantu salah satu penguasa Boccadiferro yang dikatakan telah membunuh 12 istrinya secara berturut-turut. Roh mereka yang tersiksa, meratap, dan marah dikatakan berkeliaran di koridor dan aula pada malam hari untuk membalas dendam, meninggalkan bau parfum di udara.

Giacopini menepisnya sebagai dongeng belaka. "Almarhum saudara laki-laki dari pemilik saat ini menulis pamflet penelitian tentang sejarah tempat itu dan menemukan bahwa Boccadiferro sangat mencintai satu istrinya, sehingga potretnya dicat beberapa kali dengan pakaian yang berbeda, jadi sepertinya ada banyak wanita, tapi itu selalu hanya dia," katanya.

Serravalle sangat cocok untuk pecinta alam, serta mereka yang ingin mencicipi sajian kuliner daerah ini. Properti ini dikelilingi kedai rumah pertanian yang disebut agriturismi, menyajikan tagliatelle al ragù dan tortellini buatan tangan yang lezat.

Ada juga jalur trekking, bersepeda, dan berkuda dengan santai di lingkungan pedesaan, sementara di dekatnya terdapat lapangan golf dengan 18 lubang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.