Sukses

4 Acara Pesta Rakyat di Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal satu hari lagi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menyandang status sebagai suami istri. Persiapan pernikahan mereka saat ini nyaris rampung. Namun tak hanya acara pernikahan yang disiapkan, tapi juga bakal ada pesta rakyat yang akan digelar di Solo, Jawa Tengah.

Diketahui, setelah melaksanakan akad nikah pada Sabtu, 10 Desember di Yogyaakrta, akan dilanjutkan dengan acara ngunduh mantu di Solo pada Minggu, 11 Desember 2022 di Pura Mangkunegaran.  Bulan lalu, beberapa menteri dari kabinet Jokowi, berkunjung ke Taman Pura Mangkunegaraan di Solo.

Lokasi tersebut akan menjadi tempat pesta pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berlangsung.  Ada tiga menteri yang mengunjungi lokasi dan melihat titik demi titik tempat acara. Mereka adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

"Ada dua persiapan memang, satu kegiatan untuk masyarakat dimana ada festival kecil dan hiburan tapi juga ada pernikahan," kata Erick kepada awak media di Taman Pura Kemangkunegaraan, Solo, dilansir dari kanal News Liputan6.com, 20 November 2022.  Erick mewanti, acara yang digelar besar-besaran itu tidak menyulitkan warga Solo dan sekitarnya. Justru sebaliknya, Erick ingin acara tersebut bisa menyatu dengan masyarakat setempat.

"Jangan sampai ada acara besar malah menyulitkan masyarakat karena kita ingin ini bersatu dengan masyarakat," ujarnya.  Erick memastikan, nantinya akan ada sejumlah panggung yang digelar tersebar di Taman Pura Kemangkunegaraan. Masyarakat umum bisa menikmati suguhan tersebut, sembari menghadiri pernikahan Kaesang dan Erina. "Akan ada festival kecil-kecilan, akan ada panggung yang akan dirasakan kemeriahannya untuk masyarakat Solo, ya semacam itu (pesta rakyat)," ungkapnya.

Erick menjelaskan konsep pesta rakyat ini dilakukan untuk memanjakan warga lokal dengan pertunjukan atau hiburan. "Jadi kemeriahan itu dirasakan juga oleh masyarakat Solo, karena Bapak (Presiden Joko Widodo) kan memang di Solo sebelumnya," lanjutnya.

Di sisi lain, adanya Taman Pracima Mangkunegaran yang baru saja diperbaiki akan dibuka untuk umum. Erick menilai hal ini akan menjadi daya tarik wisatawan atau masyarakat lokal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah acara yang rencananya akan digelar dalam pesta rakyat menyambut pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Sembilan Panggung

Menurut Erick Thohir, ada sembilan panggung yang sudah dipersiapkan di kawasan Pura Mangkunegaran dan sekitarnya. Sembilan panggung hiburan disiapkan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, mulai dari rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.  Erick menjelaskan konsep pesta rakyat ini dilakukan untuk memanjakan warga lokal dengan pertunjukan atau hiburan.

Rencananya, panggung hiburan rakyat, akan diisi dengan hiburan dari para seniman lokal. Hiburan yang ditampilkan seperti musik keroncong, karawitan, hingga band dari seniman asli Solo.  Meski belum mengungkapkan detail acaranya maupun pengisi acaranya, Erick meyakini acara akan berjalan dengan meriah demi menghibur masyarakat.

2. Car Free Day dan UMKM

Selain hiburan di 9 titik, masyarakat yang hadir di area Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi bakal dimanjakan dengan suguhan makanan gratis. Kirab pengantin Kaesang-Erina yang dimulai pukul 07.30 WIB dari Loji Gandrung, memang akan melintasi area CFD. Pemkot Solo juga tidak meliburkan kegiatan tiap Minggu pagi tersebut.

Tak hanya makanan gratis, keluarga Presiden Jokowi juga menyiapkan banyak kejutan untuk warga yang ikut menyaksikan kirab Kaesang-Erina.  Namun, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang menjadi juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, belum mau membocorkan apa saja kejutan itu. "Acara ini ada banyak surprise-nya juga," katanya, dilansir dari merdeka.com.

Ditambahkannya, panitia melibatkan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan perusahaan keluarga Jokowi. "Pokoknya nanti ada dari perusahaan sendiri, binaan UMKM. Kami ingin bagi-bagi," terangnya.

Gibran menambahkan, seluruh masyarakat di wilayah Solo Raya dan sekitarnya dibolehkan hadir untuk meramaikan pesta pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Mereka juga diperkenankan membawa makanan yang telah disediakan.

Baca juga: Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina, Jokowi Pulang ke Solo

3 dari 4 halaman

3. Makanan Gratis

Selain 9 panggung hiburan rakyat, Kaesang Pangarep juga akan bagi-bagi makanan gratis. Pembagian makanan gratis produk dari perusahaan starup milik Kaesang Pangarep dilakukan di dua lokasi, yaitu di depan Stadion Sriwedari dan di kawasan Ngarsopuro atau depan Mangkunegaran.

"Nanti ada 9 panggung hiburan rakyat. Mas Kaesang juga akan bagi-bagi makanan gratis. Jadi kalau nanti mau hunting makanannya produk perusahaan Mas Kaesang yang enak-enak itu, ada di sana," jelas Erick Thohir, melansir laman merdeka.com, Kamis, 8 Desember 2022.

Menurut Erick, makanan yang bakal dibagikan diantaranya produk dari Sang Pisang, Yam Ayam Mangkokku, dan lainnya. Untuk di depan Stadion Sriwedari ada 8 tenda yang menyediakan 8 jenis makanan. "Kalau di Ngarsopuro juga ada 8 tenda yang juga menyediakan berbagai jenis makanan. Untuk tiap tenda ada sekitar 1.000 makanan," jelasnya.

Mengingat hari tersebut adalah hari Minggu yang juga digunakan untuk Car Free Day (CFD) maka dipastikan akan terjadi kerumunan warga di sekitar lokasi tersebut.  Untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan, Erick mengatakan dipasang pagar, sehingga warga yang ingin mendapatkan makanan gratis tetap harus antre.

"Jangan sampai rebutan, itu bukan masyarakat Solo. Kalau masyarakat Solo itu harus ngantri. Sampah masukin ke tempat sampah, kan katanya mau jadi kota wisata," tukasnya.

 

4 dari 4 halaman

4. Kereta Kencana Pasangan Pengantin

Dalam acara ngunduh mantu di Solo, sebelum pesta di Pura Mangkunegaran, akan dilaksanakan upacara adat di Rumah Dinas Wali Kota Solo atau Loji Gandrung.  Adapun adat yang dimaksud adalah sungkeman, pasrah tinampi dan beberapa rangkaian acara lainnya. Setelah itu, kedua mempelai akan dikirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran menggunakan kereta kencana.

Pada saat kirab berlangsung, seluruh masyarakat bisa melihat langsung Kaesang dan Erina yang nantinya sudah resmi menjadi pasangan suami istri, dan nantinya akan ada prosesi udik-udik pada acara kirab itu. Udik-udik merupakan tradisi menebarkan atau melemparkan uang logam yang bertujuan untuk membagikan kepada tamu yang hadir dalam hajatan di masyarakat Jawa.

Udik-udik bakal dimulai di panggung yang akan dibangun di halaman depan Loji Gandrung yang berbentuk huruf L. Meski hanya keluarga inti saja yang boleh hadir di Loji Gandrung, tapi sebanyak kurang lebih 300 maayarakat dapat ikut menyaksikan prosesi di lokasi itu dan ikut prosesi udik-udik. Dalam tradisi Jawa udik-udik dilakukan oleh anak terakhir dalam sebuah keluarga.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS