Sukses

Serba-serbi Kucing Soleh yang Diangkat Jadi Pegawai Kantor Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Seekor kucing bernama Soleh menjadi viral di media sosial lantaran diangkat jadi penyuluh ahli meow di KPP Serpong, Tanggerang. Bermula dari cuitan akun resmi Ditjen Pajak (DJP) RI @DitjenPajakRI warganet pun penasaran akan sosok kucing tersebut.

"Soleh pertama kali datang ke KPP Pratama Serpong saat masih kitten, dan since the first time, para pegawai di kantor pajak sudah jatuh cinta pada pandangan pertama pada Soleh. Soleh kemudian diterima sebagai anggota KPP Pratama Serpong," tulis cuitan akun tersebut, dikutip Rabu (7/12/2022). 

Akun DJP sering mengunggah apapun mengenai Soleh. Disebutkan, Soleh dirawat dengan baik, asupan makanannya dijamin dan Soleh juga telah disteril serta divaksin oleh para pegawai KPP Pratama Serpong.

"Jadi bagi #KawanPajak yang sedang di @pajakserpong jangan lupa sapa Soleh ya!," lanjut akun tersebut. 

Mengulik dari cuitan lama pada 24 November 2022, kucing Soleh kemudian diangkat sebagai Penyuluh Ahli Meow untuk seluruh area Serpong sebagai ruang kerjanya. Tampak polos dan menggemaskan, tingkah polah Soleh juga terekam dalam foto dan video yang diunggah di akun Instagram miliknya.

"Kalau mau tahu kegiatan sehari-hari Soleh bisa cek IG-nya di https://instagram.com/solehthecat/ Meowning!😽😽," tambah akun DJP. 

Tentu warganet yang menyimak Twitter DJP makin ingin tahu, apa yang dikerjakan Soleh setelah diangkat menjadi penyuluh. "Kerjaan Soleh ngapain aja? Yang utama adalah memberikan keceriaan kepada para pegawai dan #KawanPajak di KPP Pratama Serpong," cuit akun DJP.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Banyak warganet yang gemas sekaligus iri dengan Kucing Soleh yang diangkat menjadi penyuluh di KPP Serpong. Bahkan, Kucing Soleh tampak dimanjakan dengan limpahan makanan dari pegawai kantor pajak Serpong. Para warganet pun ramai berkomentar.

"OP dan Badan disuruh bayar pajak, eh KPP malah buat id card buat kucing, ga kebayang berapa anggaran yg dikeluarin utk id card semua kucing di setiap KPP..huft," protes seorang warganet.

"Id card,pakaian,dan makanan soleh murni dari Mama Mamanya soleh yaa kak jadi bukan dari anggaran kantor," balas akun DJP. 

"Kalau mamanya soleh pegawai pajak, Apakah bs disebut kalau soleh masuk lewat orang dalem?" canda seorang warganet. 

Ada pula warganet yang bertanya apakah makanan Kucing Soleh dibeli dengan anggaran kantor pajak. DJP langsung membalas bahwa makanan Soleh dibeli menggunakan anggaran pribadi. 

"Terima kasih atas atensinya untuk Soleh, DJP akan berkomitmen menciptakan ruang kantor yang ramah untuk siapa saja. Bagi #KawanPajak di @pajakserpong yang bertemu dengan Soleh, jangan lupa untuk menyapa dan sempatkan berfoto dengan Soleh, ya!" tulis akun DJP. 

3 dari 4 halaman

Bahasa Tubuh Kucing

Kucing makhluk yang menggemaskan, lantaran binatang ini sering bermuka imut. Mengutip dari kanal Citizen6 Liputan6.com, 5 Desember 2022, hewan memiliki caranya tersendiri untuk berkomunikasi dengan manusia, termasuk kucing.

Biasanya, bila ingin berkomunikasi atau mengungkapkan perasaannya, hewan akan mengeluarkan suara hingga menggerakkan bagian tubuh seperti mengibaskan ekor hingga lewat tatapan matanya. 

Seringkali kucing menatap kedua mata kita terlalu lama yang bikin kita terintimidasi. Seakan-akan dia tengah melempar kode terhadap sesuatu yang sedang dia inginkan.

Manusia yang melihatnya pun jadi bertanya-tanya, sebetulnya apa yang kucing mau ketika menatap kita terlalu lama seperti itu? Apakah mereka lapar meminta makanan atau ingin sesuatu yang lain? 

Melansir laman PetMD, perlu diketahui ada banyak alasan kucing suka menatap kita berlama-lama. Untuk mengetahui alasan pastinya, orang harus melihat bahasa tubuh kucing secara keseluruhan, dari ujung mata hingga ekornya.

Saat orang sedang dalam situasi ditatap kucing, sebaiknya perhatikan ekornya. Ekornya berdiri tegak atau malah menekuk ke bawah mengandung makna berbeda tentang apa yang ingin kucing sampaikan.

4 dari 4 halaman

Arti Tatapan Kucing

1. Merasa bahagia

Saat kucing menatap dengan gestur tubuh yang santai dan sekali-kali mengedipkan matanya perlahan. Hal itu bisa jadi pertanda yang baik bahwa binatang peliharaan merasa bahagia dan juga salah satu cara mereka menyatakan rasa sayangnya pada pemiliknya.

2. Marah

Apabila yang terjadi sebaliknya seperti kucing menatap tajam dengan duduk atau berdiri kaku, lalu telinga sedikit turun, pupil mata mengecil, dan ekor yang mengibas cepat ke kanan dan ke kiri, itu merupakan tanda kucing yang sedang marah dan waspada. Untuk alasan yang membuat kucing marah kemungkinan atau bisa jadi karena privasinya terganggu. Mengatasi suasana itu, sebaiknya alihkan perhatian kucing agar kemarahannya tak menjadi-jadi. 

3. Takut

Jika kucing menatap tajam sambil ekornya menekuk ke dalam maupun sambil bersembunyi di balik kardus, itu pertanda kucing sedang merasa takut dan terintimidasi kedatangan kita. Penyebab ketakutan yang dirasakan, bisa jadi karena kita baru saja melakukan gerakan dan teriakan yang menakutinya.

4. Ingin Sesuatu

Kucing merupakan hewan yang cerdas. Mereka bisa mempelajari trik apapun yang nantinya bisa menarik perhatian pemiliknya atau orang lain di sekelilingnya. Dengan menatap sambil berkedip pelan, kucing berharap bisa mendapatkan apa yang mereka mau. Kucing akan menggunakan terus trik tersebut ketika menginginkan makanan, camilan, atau teman bermain.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS