Sukses

Kaesang Pangarep Jelang Pernikahan dengan Erina: Saya Memohon Maaf kepada Masyarakat

Acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono rencananya akan dimeriahkan dengan menggelar sembilan panggung rakyat dan bagi-bagi makanan gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tinggal menghitung hari. Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengikuti acara gladi bersih sebagai bagian memantapkan persiapan jelang akad nikah yang digelar pada Sabtu, 10 Desember 2022.

Seusai latihan, pemilik usaha Sang Pisang itu menyempatkan menemui media yang menunggu di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo pada Selasa (6/12/2022).  "Terima kasih untuk semua pihak yang sudah terlibat dalam pernikahan saya yang akan berlangsung 10 Desember 2022," ujar Kaesang Pangarep, dilansir Antara.

Dalam kesempatan itu, ia juga memohon maaf kepada masyarakat, baik di Yogyakarta maupun di Solo, Jawa Tengah, yang nanti terganggu dengan acara pernikahannya yang dimungkinkan memicu kemacetan.

"Saya memohon maaf kepada masyarakat yang terganggu oleh kegiatan ini. Sekali lagi saya mohon maaf. Pasti akan macet di mana-mana. Di Yogyakarta dan Solo maupun kota sekitarnya, kami sekeluarga memohon maaf sebesar-besarnya," kata dia.

Ia berharap doa semua pihak agar seluruh rangkaian acara pernikahannya berjalan lancar. "Kami sekeluarga mohon doa restunya, semua dapat berjalan lancar," sambungnya.

Sebelum Kaesang, Presiden Jokowi lebih dulu meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat Solo dan Yogyakarta jika pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono mengganggu aktivitas warga. Erina akan menggelar Midodareni di rumahnya, di Sleman, Yogyakarta, 9 Desember 2022. Akad nikah dilaksanakan keesokan harinya, di Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Kaesang menjelaskan bahwa prosesi akad nikah akan berlangsung pada Sabtu, 10 Desember 2022, di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, pukul 13.00 WIB. "Pukul 12.30 WIB undangannya. Akad akan dilakukan pukul 13.00 WIB," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gelar Panggung dan Makanan Gratis

Di Pendopo Royal Ambarrukmo, prosesi akad akan dilanjutkan dengan upacara panggih atau bertemunya mempelai pria dan wanita yang telah sah menjadi suami istri. Menurut Kaesang, hanya 150 tamu yang diundang dalam acara itu.

Setelah panggih digelar, pihaknya akan menggelar resepsi kecil untuk memberi kesempatan para undangan berfoto bersama. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan syukuran di Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah.

"Tapi sebelum itu, kami akan melakukan acara 'ngunduh mantu' di Loji Gandrung. Setelah 'ngunduh mantu', kami melakukan kirab dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran," jelas dia.

Pada Minggu, 10 Desember 2022, Jokowi akan ngunduh mantu di Loji Gandrung disusul jamuan syukuran di Pura Mangkunegaran Solo. Kereta kencana yang ditumpangi kedua mempelai dan keluarga akan melintasi Jalan Slamet Riyadi Solo.

Menurut Kaesang, pihaknya akan mendirikan sembilan panggung hiburan di Solo yang ditujukan untuk masyarakat. Sebanyak 34 perusahaan miliknya dan UMKM binaannya akan dilibatkan untuk menyajikan berbagai hidangan yang dapat dinikmati masyarakat secara cuma-cuma.

"Kami memberikan secara cuma-cuma untuk masyarakat sekitar yang ingin mencoba makanan saya," ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Reservasi Meningkat

Sementara itu, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan tingkat reservasi atau pemesanan kamar pada hotel-hotel yang ada di wilayah tersebut mengalami lonjakan menjelang prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

"Tingkat reservasi mencapai 70 hingga 80 persen," kata Ketua DPD PHRI DIY Deddy Pranawa Eryana saat dihubungi Antara.

Menurut Deddy, berdasarkan laporan para anggota PHRI DIY, reservasi antara lain dilakukan oleh kalangan pejabat, termasuk para menteri. Meski begitu, ia tidak dapat menyebutkan siapa saja pejabat atau menteri yang telah memesan kamar hotel di Yogyakarta.

Ia juga belum bisa memastikan bahwa tingginya tingkat pemesanan kamar hotel tersebut terkait dengan acara pernikahan Kaesang-Erina atau tidak. "Ada juga kalangan pejabat, menteri, namun kami belum bisa pastikan," tutur Deddy.

Lonjakan reservasi tersebut, kata dia, rata-rata tercatat pada sejumlah hotel yang berlokasi di wilayah timur dan utara Kota Yogyakarta. Secara mendetail PHRI DIY tidak mendapatkan informasi soal tipe kamar yang banyak dipesan. "Belum tahu tipe kamarnya," ucap Deddy.

4 dari 4 halaman

Renovasi Pendopo

Di sisi lain, manajemen Royal Ambarrukmo Yogyakarta yang menangani persiapan lokasi akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan finalis Puteri Indonesia itu makin sibuk. Pendopo Agung Ambarrukmo dipilih sebagai tempat prosesi akad nikah Kaesang dan Erina pada Sabtu, 10 Desember 2022. Pihak manajemen menyatakan renovasi kecil-kecilan dilakukan jelang hari H.

"Kalian sendiri sudah lihat, (pendopo) sudah mulai cantik, sudah mulai bagus, yang pasti siaplah," ujar General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Herman Courbois.

Sejumlah pekerja saat itu terlihat mengecat ulang sejumlah ornamen di beberapa sudut Pendopo Agung yang terletak di antara Hotel Royal Ambarrukmo dan Mal Plaza Ambarrukmo itu. Sementara di sisi timur bangunan cagar budaya itu, beberapa pekerja mulai mendirikan tenda bernuansa serba putih.

Menurut Herman, program perbaikan atau renovasi berbagai sudut bangunan pendopo rutin dilakukan, bukan hanya untuk persiapan pernikahan Kaesang-Erina.

"Renovasi tertentu tidak ada. Dari dulu memang renovasi jalan terus. Selama saya dua tahun di Yogyakarta memang renovasi jalan terus," kata pria asal Belanda tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.