Sukses

6 Fakta Putri Leonor, Terpincut Pesona Gavi dari Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah ajang Piala Dunia Qatar 2022, ada nama pesepak bola Pablo Martín Páez Gavira atau Gavi yang bermain sebagai gelandang tengah untuk tim nasional Spanyol. Gavi telah memenangkan hati banyak penggemar Barcelona dan Spanyol selama setahun belakangan, sejak ia terjun ke dunia sepak bola senior.

Tak terkecuali keluarga kerajaan di Spanyol. Wajah tampan Gavi dan kelihaiannya dalam bermain sepak bola turut mencuri perhatian Putri Leonor dari Spanyol.

Putri Leonor yang adalah putri sulung Raja Felipe VI dan Ratu Letizia dalam beberapa tahun telah mengambil lebih banyak tugas kerajaan. Penggemar keluarga kerajaan pastinya juga akrab dengan adik perempuannya, Putri Sofia, dalam berbagai acara kerajaan bersama orang tua mereka.

Diario AS mengatakan bahwa Putri Mahkota Leonor naksir gelandang menit. Menurut informasi mereka, folder sekolahnya dipenuhi foto-foto pemain internasional Spanyol itu.

Mengutip dari sportskeeda, Kamis (1/12/2022), ayahnya yang merupakan Raja Spanyol, Felipe VI, saat ini berada di Doha, Qatar, di mana dia mendukung tim nasional Spanyol.

Menuju ke ruang ganti ayah Putri Leonor memberi selamat kepada La Roja setelah kemenangan 7-0 mereka atas Kosta Rika, Rabu, 23 November 2022 Tercatat bahwa dia memiliki kemeja yang ditandatangani oleh Gavi dalam ukuran yang jauh lebih kecil dari miliknya.

Beberapa orang berspekulasi kaus tersebut mungkin untuk putrinya yang berusia 17 tahun. Leonor setahun lebih muda dari Gavi, yang berusia 18 tahun di awal tahun 2022 ini. Publik tentu penasaran dengan sosok Putri Leonor, bagaimana seorang anggota kerajaan naksir pesepak bola. Berikut enam fakta tentang Putri Leonor yang dirangkum dari berbagai sumber. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Lahir saat Halloween

Putri Leonor lahir tepat pada peringatan Halloween yaitu pada 31 Oktober 2005 di Rumah Sakit Internasional Ruber di Madrid. Dia merupakan anak tertua dan putri pertama dari Letizia dan Felipe.

Putri Leonor juga digadang sebagai ahli waris kerajaan. Gelarnya saat lahir adalah Yang Mulia Infanta Leonor dari Spanyol. Pada Januari 2006, dia dibaptis di Istana Zarzuela. 

Seperti ayahnya, Leonor dibaptis dengan air dari Sungai Yordan di kolam baptis romawi yang telah digunakan untuk membaptis pangeran Spanyol sejak abad ke-17. Ketika itu, kelahirannya diumumkan keluarga kerajaan kepada pers melalui SMS

2. Berfoto saat Lahir

Putri Leonor lahir melalui operasi caesar. Bayi yang baru lahir dan sang ibu, Letizia meninggalkan rumah sakit pada 7 November 2005, seminggu setelah kelahirannya.

Letizia dan Felipe berpose untuk fotografer di luar rumah sakit dan memberi dunia pandangan sekilas tentang kerajaan kecil itu. Setelah kelahiran Leonor, Felipe yang saat itu adalah seorang pangeran mengadakan konferensi pers bersama dengan tim medis.

 

3 dari 4 halaman

3. Gelar Putri Leonor

Gelar resmi gadis berusia 17 tahun itu adalah Putri Asturias. Itu merupakan gelar yang diberikan kepada ahli waris dari ayahnya yang sekarang merupakan Raja Spanyol, Raja Felive VI. 

Saat ini Putri Leonor memegang beberapa gelar sejarah. Gelar tersebut termasuk Putri Girona dan Putri Viana, serta Duchess of Montblanc, Countess of Cervera dan Lady of Balaguer. Menurut konstitusi Spanyol tahun 1975, suksesi takhta Spanyol berada di bawah sistem primogenitur kognatik preferensi laki-laki.

Hal ini berarti bahwa Putri Leonor sebagai anak sulung dari dua putri Felipe, berada di urutan pertama untuk mewarisi takhta. Namun, di bawah undang-undang saat ini apabila ayahnya memiliki anak laki-laki yang sah saat masih menjadi raja, Leonor akan dipindahkan dalam garis suksesi dan kembali menjadi Infanta dari Spanyol. 

Meskipun kemungkinn ada perubahan dari preferensi laki-laki menjadi hak anak sulung mutlak untuk gelar bangsawan Spanyol pada 2009. Pada 2022 tidak ada undang-undang disahkan yang memengaruhi suksesi takhta.

 

4 dari 4 halaman

4. Bakal Ratu Spanyol Pertama

Sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-10, Putri Leonor pernah dianugerahi Order of the Golden Fleece oleh ayahnya yang menjadikan dirinya sebagai calon penerus kekuasaan ayahnya. Adapun Ratu terakhir yang memerintah Spanyol adalah Isabella II, memerintah dari tahun 1833 hingga 1868.

Karena Revolusi Agung tahun 1868, dia digulingkan, kemudian dia secara resmi turun tahta pada 1870. Isabella digantikan oleh putranya, Alfonso XII, yang menjadi raja pada tahun 1874. Ayah Leonor, Felipe, telah menjadi raja Spanyol sejak dia naik tahta pada 19 Juni 2014, setelah ayahnya, Juan Carlos I turun takhta. 

5. Bisa Bahasa Spanyol dan Inggris

Putri Leonor, yang saat ini duduk di sebelah takhta Spanyol, bersekolah di Atlantic School, sebuah institusi populer untuk keluarga kerajaan di Wales. Leonor tampaknya berbakat dalam bahasa. Dia fasih berbahasa Spanyol dan Inggris dan dia bahkan telah belajar bahasa Mandarin selama sekolahnya. Dia dilaporkan belajar bahasa Inggris berkat pengasuh dan nenek Inggrisnya, Ratu Sofia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS