Sukses

4 Kebiasaan Pagi Ini bisa Membuat Kamu Lebih Produktif Sepanjang Hari, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Rutinitas pagi seseorang biasanya akan menentukan apakah hari yang dijalani berjalan dengan produktif atau tidak. Perlu dipahami, bahwa produktif di sini bukan berarti berapa banyak tugas yang bisa diselesaikan, namun lebih mengarah ke kualitas pekerjaan tersebut. Apa gunanya bisa menggarap banyak tugas bila kualitasnya sangat tak maksimal. Sebaliknya, jika mampu mengerjakan sedikit tugas dengan kualitas yang bagus, maka akan timbul kepuasan bagi diri sendiri.

Melakukan sejumlah rutinitas yang positif di pagi hari juga memiliki beragam manfaat. Misalnya saja, kamu bisa lebih menghemat waktu, lebih bisa melakukan hal yang berbeda, dan sebagainya. Lantas, apa saja sih kebiasaan pagi yang perlu dibangun dan cocok untuk dilakukan? Berikut penjelasannya.

1. Bangun Awal

Kegiatan pertama yang perlu dilakukan mulai sekarang supaya bisa menjalani hari dengan produktif adalah bangun awal. Mungkin untuk beberapa orang, aktivitas ini sulit dilaksanakan karena 1 atau 2 alasan. Namun, tahukah kamu bahwa dengan melakukan kebiasaan ini bisa menghemat waktu berhargamu?

Yup, bangun dengan awal di pagi hari nyatanya bisa membantu kamu untuk menata jadwal agar lebih efisien. Sehingga, semua kegiatan dapat dilaksanakan dan diselesaikan lebih cepat daripada biasanya. Selain itu, kamu juga bisa lebih sigap dan tak terburu-buru dalam segala sesuatu. Alhasil, tingkat stress pun bisa berkurang.

2. Minum Air Putih

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika minum air putih di pagi hari. Di antaranya adalah mampu meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah naiknya berat badan, menghilangkan racun dalam sistem manusia, dan banyak lagi. Oleh karena itu, kebiasaan ini penting banget untuk diterapkan setiap pagi.

Rajin mengkonsumsi air putih juga akan mencegah kamu dari dehidrasi yang dapat mengganggu keseharian. Menurut para ahli, dehidrasi yang terjadi dapat membuat seseorang menjadi lemas, letih, dan sulit berkonsentrasi. Untuk itu, tak ada salahnya bukan bila mencoba hal ini agar keseharian bisa dimulai dengan lebih semangat dan produktif.

3. Meditasi

Tak hanya fisik saja yang perlu diperhatikan, namun juga mental dan psikologis. Jika pikiran tenang, maka aktivitas sehari-hari bisa dilaksanakan dengan lancar dan tanpa hambatan. Sebaliknya, jika perasaan negatif yang muncul, bisa saja berbagai hal jadi hancur berantakan dan tak terkendali.

Karenanya, cobalah untuk melakukan meditasi selama 15-20 menit di pagi hari. Melakukan hal ini, dinilai mampu memberikan ketenangan dan kedamaian dalam batin. Selain itu, pikiran juga menjadi lebih jernih dan rileks. Dengan demikian, hari pun jadi bisa dilaksanakan dengan lebih produktif.

4. Olahraga

Kebiasaan terakhir yang bisa dikerjakan di pagi hari adalah olahraga. Kegiatan sehat ini sebenarnya memiliki keuntungan yang baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Mulai dari memberikan energi positif pada diri sendiri, baik untuk kesehatan jantung, badan lebih bugar, tak mudah kelelahan, dan lain-lain.

Olahraga sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara sesuai kemampuan. Contoh olahraga yang bisa dilaksanakan dengan mudah di rumah adalah yoga, lompat tali, pilates, dan lain-lain. Dengan melakukan aktivitas ini di pagi hari, harimu bisa lebih termotivasi dan penuh energi.

Itulah beberapa kebiasaan yang perlu dibangun untuk bisa mendapatkan hari yang produktivitas. Semoga bermanfaat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS