Sukses

Niat Hati Liburan ke Bali, Turis Jadi Terbang ke Bari Gegara Salah Beli Tiket Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Kesalahan menggemaskan, tapi juga terkadang mengesalkan, hampir pasti terjadi selama liburan. Terlepas bagaimana kesannya saat terjadi, itu akan jadi pengalaman yang diingat untuk waktu yang lama. Di antara banyak, kisah seorang turis yang bermaksud liburan ke Bali ini bisa jadi salah satunya.

Semula, pemilik akun TikTok @Elf.lizzy ini memang ingin menghabiskan waktu bersantai di Pulau Dewata. Namun, alih-alih Bali, ia justru terbang ke Bari, Italia. Ini terjadi karena pasangannya salah membeli tiket pesawat.

Insiden ini pun dijadikan konten oleh si pemilik akun. Melalui klip singkat yang sudah mencatat 1,5 juta penayangan saat artikel ini ditulis, tampak mereka naik pesawat Wizz Air, maskapai bujet berbasis di Hungaria.

"Ketika ia secara tidak sengaja membuat kesalahan dan sekarang kami terbang ke Bari," tulisnya di unggahan Tiktok tersebut, sembari menyertakan emoji badut.

Dalam videonya, ia menunjukkan tiket pesawat mereka yang tertulis berangkat dari Praha, Republik Ceko dengan tujuan akhir Bari. Ia juga berbagi rekaman layar Google Maps, memperlihatkan bagaimana Bali dan Bari terpisah jarak ribuan kilometer.

Unggahan ini pun menarik ragam komentar. Beberapa di antaranya malah bersyukur karena jadi tahu adalah wilayah bernama Bari. "Vibe-nya Luca (film) Disney banget," tulis salah satu pengguna.

Sementara yang lain berkomentar, "Setidaknya sama-sama ada pantainya. Lucu sih ini typo-nya." Ada juga yang menceritakan pengalaman serupa tentang salah memesan tiket pesawat karena kemiripan nama lokasi tujuan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Instagram vs Realita Bali

Sebelumnya, konten seorang turis Australia yang memperlihatkan beda realita Instagram dan realita asli Bali telah lebih dulu menarik perhatian. Klip singkat di akun TikTok @victoria_goulbourne, yang diunggah pada 11 November 2022, telah ditonton lebih dari 46 juta kali saat artikel ini ditulis.

Video bermula dengan memperlihatkan pemandangan sebuah resor yang menawan di Canggu Bali menampilkan kolam renang dan kursi santai. Lalu, kamera disorot ke sekeliling untuk melihat pemandangan yang "agak mengecewakan."

Rekaman itu dilengkapi latar belakang lagu dengan lirik, "My life be like oh, ah" ketika menunjukkan resor, kemudian "oh ah, oh" saat menyoriot pemandangan dari akomodasi disertai tawa histeris.

Kursi geladak resor mengarah ke pemandangan yang diharapkan memiliki keindahan menakjubkan. Namun, itu sebenarnya hanya rawa banyak lumpur, batang kayu, rumput, dan semak yang terlihat karena rendahnya permukaan air di hutan bakau yang berdekatan.

Di TikTok, Victoria menulis, "Jangan tertipu oleh Insta #instavsreality." Sementara itu di Instagram, di mana ia juga kemudian mengunggah video, tertulis, "Semua lelucon, ily (i love you) benar-benar Bali. Melihat seolah-olah ini baru saja mencapai 20 juta tampilan di TikTok, saya pikir saya akan membagikannya di Insta."

3 dari 4 halaman

Tuai Komentar Pro Kontra

Victoria mengklarifikasi bahwa ia tidak menginap di akomodasi, dilansir dari news.com.au. Pelancong yang sekarang tengah berada di Ho Chi Minh, Vietnam ini tidak menyangka akan mendapat reaksi dari videonya.

Beberapa warganet dengan cepat menunjukkan bahwa resor di Bali itu berdekatan dengan "situs hutan bakau," sementara yang lain mengatakan untuk kembali di lain waktu demi melihat pemandangan lebih baik. "Anda tidak tahu bagaimana hutan bakau terlihat saat air surut?" komentar seorang pengguna.

Yang lain setuju, menulis, "Tapi itu bersih. Ini hanya air surut." Sedangkan warganet lain berkomentar, "Hahaha kembali lagi kalau bukan musim hujan." Namun, yang lain setuju dengan videonya.

"Itulah yang saya bicarakan. Bali hanya indah di foto," tulis seseorang, sementara yang lain mencatat, "Kursi geladak mereka menghadap ke arah yang salah."

Di kasus berbeda, seorang turis asing dilaporkan selamat setelah terjatuh dari sebuah tebing di Nusa Penida. Pria itu berpose untuk foto di tepi tebing sebelum mencoba membalikkan badan dan jatuh sekitar 40 meter ke bawah.

4 dari 4 halaman

Dilarikan ke Rumah Sakit

Polisi mengatakan, seorang pemandu wisata mengambil foto pria itu di tujuan wisata populer sebelum aksinya jadi bumerang. Media lokal melaporkan bahwa otoritas setempat telah berupaya melakukan layanan darurat, tapi terhalang medan berbahaya di sekitar tebing.

Mengutip New York Post, unit Siaga Pencarian dan Penyelamatan Nusa Penida mengatakan, operator berusaha mencapai pria itu dengan perahu, tapi terhalang ombak. Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, menyebut bahwa seorang penyelamat berhasil turun dari tebing dan menarik pria itu.

"Kami mendapat informasi sekitar pukul 10.00 WITA. Saksi mata adalah pemandu wisata. Korban dikatakan tengah mengambil foto sambil melakukan beberapa gerakan terbalik," katanya. "Kami memberikan pengobatan awal untuk mengurangi pendarahan dari cedera kaki dan tangan. Korban ditarik menggunakan tandu."

Pria itu dibawa ke rumah sakit karena menderita cedera kaki yang serius. "Ia jatuh dari sana," suara seorang pria terdengar dalam video yang merekam kejadian setelahnya. "Kaki dan lengannya patah. Bagaimana ia bisa selamat, saya juga tidak paham."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS