Sukses

6 Fakta Menarik Hungaria, Salah Satu Penghasil Foie Gras Terbesar Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Hungaria atau dikenal juga sebagai Hongaria Magyarország adalah negara Eropa tengah yang terkurung daratan. Ibu kotanya adalah Budapest.

Mengutip dari laman Britannica, Senin (28/11/2022), pada akhir Perang Dunia I, Hungaria yang kalah kehilangan 71 persen wilayahnya akibat Perjanjian Trianon (1920). Sejak itu, bergulat dengan hilangnya lebih dari dua pertiga wilayah dan orang-orang mereka, orang Hongaria telah melihat ke masa lalu yang lebih besar daripada masa kini karena jiwa kolektif mereka menderita apa yang disebut "Sindrom Trianon".

Sindrom ini tersebar luas sebelum 1945 akibat tekanan selama dominasi Soviet (1945–1990), lalu muncul kembali selama kemerdekaan pada 1990. Orang Hongaria mengenal negara mereka sebagai Magyarország, "Tanah Magyar", unik di antara negara-negara Eropa karena mereka berbicara dalam bahasa yang tidak terkait dengan bahasa utama Eropa lainnya.

Dikelilingi secara linguistik oleh negara-negara asing, orang Hongaria merasa terisolasi sepanjang sebagian besar sejarah mereka. Ini mungkin menjadi alasan mengapa setelah Kristenisasi mereka melekat pada bahasa Latin, yang menjadi bahasa budaya, keilmuan, administrasi negara dan bahkan bahasa bangsawan Hungaria hingga 1844.

Masih banyak hal lain tentang Hongaria. Berikut enam fakta menarik Hongaria yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (28/22/2022).

1. Sistem Pemerintahan

Hongaria menganut sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah Presiden dengan kepala pemerintahannya yaitu Perdana Menteri. Presiden Hongaria dipilih secara tidak langsung oleh Parlemen Hongaria dalam masa jabatan 5 tahun dan bisa dipilih kembali untuk periode kedua.

Perdana Menteri juga dipilih Parlemen Hongaria tetapi atas rekomendasi dari Presiden. Parlemen Hongaria yang disebut Orszaggyules (Majelis Nasional) terdiri dari 199 kursi untuk masa jabatan 4 tahun.

Sejak peralihannya dari sistem ekonomi terpusat (ekonomi komunis) menjadi sistem ekonomi pasar. Perekonomian Hungaria mengalami pertumbuhan yang signifikan dan saat ini tergolong sebagai salah satu negara maju di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Etnis

Secara umum Hongaria muncul ketika bangsa Magyar, bangsa Finno-Ugric, mulai menduduki cekungan tengah Sungai Danube pada akhir abad ke-9. Tetapi, menurut teori "penaklukan ganda" dari arkeolog Gyula László, penciptaan Hongaria dapat dilakukan pada tahun 670, dengan kedatangan gelombang penakluk sebelumnya, Avar Akhir, yang diklasifikasikan László sebagai Magyar Awal.

Dalam kedua kasus tersebut, pada zaman dahulu sebagian wilayah Hongaria telah membentuk provinsi Romawi kuno Pannonia dan Dacia. Ada 14 juta Magyarok yang tinggal di dunia yaitu 10 juta Magyarok yang tinggal di Hongaria, pada tahun 2001.

Bangsa ini terutama menghuni Hongaria. Penduduk kecil bangsa Hongaria umumnya di Rumania, Slowakia, Serbia, Ukraina, Rusia, Kroasia, Austria, Ceko, dan Slovenia. Mereka menuturkan bahasa Hongaria yang masih termasuk dalam kelompok bahasa Finno-Ugrik dan berkerabat jauh dengan bahasa Finlandia.

3. Sejarah

Setelah masa pendudukan bangsa Keltik, Romawi, Hun, Slavia, Gepid, dan Avar, kerajaan Hungaria terbentuk pada akhir abad ke-9 oleh pangeran agung Hungaria bernama Arpad. Cucunya, Stephen I naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1000 M, mengubahnya jadi kerajaan Kristen.

Kerajaan Hungaria bertahan sampai 946 tahun dan pada beberapa waktu menjadi pusat kebudayaan dunia Barat. Setelah Pertempuran Mohács dan pendudukan oleh Kesultanan Utsmaniyah (1541-1699), Hungaria menjadi bagian dari Kekaisaran Habsburg, yang kemudian membentuk bagian dari Kekaisaran Austro-Hungaria.

3 dari 4 halaman

4. Ilmu Pengetahuan dan Olahraga

Hungaria terkenal karena lembaga matematikanya yang telah mendidik banyak pemenang Hadiah Nobel. Contoh matematikawan Hungaria terkenal termasuk Pál Erdős yang terkenal karena menerbitkan buku dalam lebih dari 40 bahasa dan yang angka Erdősnya masih ditelusuri, John von Neumann yang merupakan salah satu perintis dalam komputasi digital, Eugene Wigner, dan masih banyak lagi lainnya.

Bangsa Hungaria pun sangat bangga akan penemuan-penemuannya yang mencakup holografi, korek api, teori tentang bom hidrogen, bolpen, kubus Rubik dan bahasa pemrograman BASIC. Salah satu tokoh terkenal, János Bolyai, ia matematikawan Hongaria yang berperan besar dalam penemuan geometri non-Euclides.

Bangsa Hongari ajuga memiliki keunggulan di bidang olahraga, salah satunya mereka mempunyai sejarah sepak bola yang cemerlang. Hongaria sempat mendapat tiga medali emas Olimpiade, menjadi juara kedua pada Piala Dunia 1938 dan 1954, dan juara ketiga pada Kejuaraan Sepak bola Eropa pada 1964. Kemudian Hungaria merevolusi sepak bolanya pada 1950-an, dengan gaya total sepakbola dan mendominasi persebakbolaan dunia dengan Goldem Team bersama legendanya Ferenc Puskas, yang menjadi topskor sepanjang abad ke-20.

4 dari 4 halaman

5. Pariwisata

Kastil Buda akan cocok untuk penikmat sejarah. Tempat ini masuk ke dalam daftar salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO sejak tahun 1987. Kastil dibangun ketika abad ke-14 dan ke-15 dan menjadi istana pertama yang bergaya gothic dengan arsitektur ornamen baroque.

Lokasi kastil ada di Puncak Vargehy yang menghadap ke bagian kota. Kastil terletak di atas ketinggian 48 meter di atas Danube. Kastil Buda ini memiliki sejarah yang sangat penting bagi Hungaria.

Kastil ini juga menjadi simbol akan naik atau turunnya keberuntungan dari Hungaria. Sekarang kastil ini banyak digunakan untuk kegiatan lembaga budaya. Kastil Buda yang ada sekarang strutur utamanya disebut dengan Royal Palace. 

Selain itu, saat ke Hongaria, kunjungi Heroes Square di mana terdapat Monumen Millenium dan Museum Seni Rupa yang pembangunannya dilakukan pada 1896. Saat itu merupakan peringatan ulang tahun ke-1000 dari kedatangan Basin Carphatian ke Negara Hongaria ini.

Letak dari Heroes Square ini ada di bagian ujung jalan Andrássy Avenue dan di letaknya tepat sebelah City Park. Lalu ada Sinagog Dohany Street yang terletak di Distrik Old Jewish. Inilah pusat ajaran Neolog Yudaisme dan tempat ibadah umat Yahudi terbesar yang ada di Eropa.

Di sini dapat ditemui pemakaman Yahudi, Museum Yahudi, serta Monumen Peringatan Holocaust. Jika berkunjung kemari, wisatawan akan menemukan arsitektur yang indah dan juga kaya akan sejarah.

6. Kuliner

Salah satu yang terkenal di Hongaria adalah Rögös túró, keju cottage tradisional yang dibuat di Hongaria dari susu sapi, krim, dan biakan bakteri asam laktat. Keju berwarna putih gading hingga putih kekuningan. Rasanya asam lembut dan menyenangkan, segar, buah dan aromatik, mengingatkan pada susu segar.

Setelah Perang Dunia I, Hongaria mulai mengekspor keju sapi mentah dan olahan. Keju terutama pergi ke Jerman, di mana keju Hongaria lebih dihargai dan lebih mahal daripada keju lainnya. Keju cottage mulai dibuat sekitar waktu itu. Pembuatannya dengan memotong keju sapi menjadi potongan-potongan halus seukuran kemiri.

Selanjutnya ada foie gras Hongaria yang kelezatan terkenal. Memiliki tekstur lembut, terbuat dari olahan hati angsa atau bebek. Keistimewaan gourmet ini dapat ditemukan mentah, kalengan, atau dalam toples.

Di restoran Hongaria, hati angsa biasanya digoreng dan disajikan dalam berbagai kombinasi menarik misalnya dengan apel flambéed, pir karamel, salad jamur, nasi, atau kentang tumbuk. Foie gras Hongaria terkenal di dunia, dan negara ini adalah penghasil foie gras terbesar kedua di dunia.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS