Sukses

Wanita Bikin Gaun Pengantin Sendiri Seharga Rp200 Ribu, Hasilnya Banyak Dipuji

Liputan6.com, Jakarta - Menikah termasuk momen yang diharapkan berlangsung hanya sekali seumur hidup. Untuk itulah berbagai persiapan harus disiapkan dengan maksimal, mulai dari venue, catering, makeup, sampai gaun pengantin.

Makeup dan busana pengantin menjadi persiapan yang penting bagi calon pengantin wanita. Para wanita pasti ingin tampil manglingi saat pernikahan. Oleh karena itu, persiapan untuk mempelai wanita terkadang lebih fokus untuk perkara makeup dan busana.

Calon mempelai wanita harus mempersiapkan gaun yang sekiranya cocok dan pantas digunakan saat pernikahan. Untuk gaun biasanya pengantin menyewa karena banyak tempat yang menyewakan pakaian, baik yang tradisional, nasional dan bahkan internasional.

Meski begitu, tidak semua wanita menyukai model gaun dan busana yang mewah yang biasanya jadi ciri khas pakaian pengantin. Hal itu dialami oleh pemilik akun TikTok @dhisyaku.

Wanita ini mengaku tidak menyukai model kebaya dan gaun yang mewah dan penuh payet. Selain itu, ia juga tidak mampu menyewa gaun dan kebaya pengantin. Jadi, ia memilih untuk membuat busana pernikahannya sendiri.

"Gak suka dan gak pede pake kebaya dan gaun yang mewah dan bling bling. Akhirnya bikin sendiri yang polos dan simpel. Alhamdulillah hemat biaya karena ndak mampu harga sewa," kata @dhisyaku, mengutip unggahannya, Selasa (22/11/2022). Ia membuat gaun dan kebaya pengantin untuk akad nikah dan resepsi pernikahan. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Murah tapi Mewah

Ia mengklaim hanya membutuhkan biaya kurang dari Rp200 ribu rupiah saja untuk membuat kedua gaun tersebut.  Kebaya dan gaun pengantin murah meriah tapi mewah. "Ga nyampe 200 ribu," ungkapnya.

Wanita itu pun menunjukkan hasil gaun dan kebaya yang kurang dari Rp200 ribu tersebut. Hasilnya ternyata justru bikin takjub dan mendapat banyak pujian.

"Nikah serba low budget tapi tetep mevvah," tulis pemilik akun TikTok @dhisyaku. Untuk kebaya pengantin, wanita itu memilih menggunakan long outer tile sederhana yang diberi hiasan bros kristal. Sekilas, kebaya tersebut terlihat seperti kebaya kutu baru modern. Agar makin anggun, ia memakai jarik, kemben, serta inner yang menutupi tubuh sebelum diberi outer.

Sementara itu, untuk riasan ia tetap menggunakan riasan pengantin adat Jawa, lengkap dengan ronce melati dan cunduk mentul. Selanjutnya untuk gaun pernikahan, ia memilih model yang sangat sederhana. Meski sederhana, gaun tersebut terlihat mewah ketika dipakai untuk menikah

 

3 dari 4 halaman

Jadi Inspirasi

Gaun itu berupa gaun one piece putih dengan model A-line. Selain itu, ia menambahkan tule tail sebagai aksesori hijabnya. Gaun pernikahan bernuansa putih itu terlihat sangat elegan. Tak akan ada yang menyangka busana kebaya dan gaun itu hanya seharga di bawah Rp200 ribu per bajunya. 

Hasil kreativitas wanita itu pun menuai pujian dari warganet. Tak sedikit yang memuji gaun dan kebaya miliknya sangat indah dan mewah. "MasyaAllah sangat menginspirasi sekali kak," komentar seorang warganet.

"Emang dasarnya udah cantik banget kakanya," komentar warganet lainnya. "mau kaya gini, biar beda dari yang lain ," timpal warganet lainnya.

Membuat atau menjahit baju bukan pekerjaan yang mudah. Namun beberapa waktu lalu seorang wanita bikin kagum karena hasil karyanya yang dikerjakan dengan cepat. Kali ini bukan baju pengantin, tapi untuk acara wisuda.

Hal ini diunggah sendiri oleh pemilik akun TikTok @wiwikindra766. Ada dua video yang diunggahnya pada 10 Januari 2022. Pada salah satu videonya, ia menyatakan akan pergi ke sebuah acara. Karena merasa terburu-buru ia akhirnya membuat baju dengan cepat.

4 dari 4 halaman

Sesuai Pesanan

"Yang penting jadi," tulis akun tersebut. Pada videonya, wanita yang diketahui bernama Wiwik ini terlihat telaten memotong kain dengan potongan cetakan dari koran.  Kemudian ia juga menjahit mulai dari mesin jahit sampai membuat kancing baju. Pada akhir video terlihat baju yang mirip tunik sudah jadi dipasang di sebuah patung.

Baju berwana sage atau hijau keabu-abuan itu terlihat cantik dengan aksen di area dada yang simpel tapi manis. Meskipun pengerjaannya cepat, tapi banyak warganet dibuat kagum dengan baju hasil buatannya.

"Enggak niat jualan apa kak, ini bajunya cantik banget," komentar seorang warganet. "Gimana cara bikin plisketnya cantik banget, aku juga penjahit tapi agak malas," timpal warganet lainnya.

Meskipun banyak warganet yang meminta untuk dijual, Wiwik menyatakan bahwa ia hanya mengerjakan jahitan sesuai pesanan dan belum menyanggupi untuk berjualan.

"Tidak dijual kak, tapi bisa di request," tulisnya saat menjawab pertanyaan seorang warganet. Ia mengakui ada niatan untuk membuka usaha dengan membuat baju tapi kemungkinan dalam beberapa waktu mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.