Sukses

Sociolla Award 2022, Mencari Produk Kecantikan Terfavorit di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sempat vakum tahun lalu, Sociolla kembali menghadirkan Sociolla Award 2022, ajang penghargaan yang melibatkan ratusan produk kecantikan. Penghargaan ini mengajak jutaan pecinta produk kecantikan memilih dan menentukan item terfavorit di Indonesia sepanjang 2022. 

Kali ini, Sociolla dibantu Alvara Research Center untuk melakukan proses penghitungan, mulai dari voting sampai merangkum hasilnya. Dengan perhitungan transparan, diharapkan ajang penghargaan ini dapat dipercaya para konsumen dan merek-merek kecantikan.

CMO sekaligus co-founder Social Bella, Chrisanti Indiana, mengatakan bahwa tahun ini banyak sekali mekanisme berbeda, yakni salah satunya menggunakan konsep real voice, real people only. Ini merujuk pada ulasan pengguna yang sudah membeli produk kecantikan di Sociolla. 

"Acara ini benar-benar memilih, menyeleksi, dan mengurasi produk-produk kecantikan menggunakan konsep real voice, real people only," tegasnya dalam jumpa pers virtual, Senin, 21 November 2022.

Dari ajang Sociolla Award 2022, Santi ingin para penggemar produk kecantikan mendapatkan panduan terbaik di Indonesia dan bisa dijadikan acuan. Selain itu, acara ini juga ingin memberikan apresiasi tinggi pada brand partners yang selama ini bekerja sama dengan Sociolla. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Syarat Nominasi

Nominee Sociolla Award 2022 disebut cukup melewati tahapan seleksi yang ketat. Mereka dikurasi menggunakan kaidah statistik, sehingga bisa dipertanggung jawabkan. 

Lilik Purwandi, Wakil Kepala Ahli Statistik Alvara menyebutkan bahwa ada dua indikator yang memengaruhi proses ini dari awal hingga akhir, yaitu ulasan terpercaya dan rata-rata peringkat total ulasan. Produk maupun brand kecantikan harus memiliki rating minimal 4.00 dan minimal 50 ulasan terpercaya dari SOCO member, sebutan pengguna Sociolla.

Setelah dua indikator ini dihitung, pihaknya akan ditentukan skor untuk menentukan kandidat, masing-masing kategori akan diambil lima kandidat. Selanjutnya, mereka melakukan standarisasi sebelum diberikan peringkat.

Lilik menyebut bahwa ajang penghargaan produk kecantikan ini dapat dinilai berbeda dari kontes serupa karena menggunakan "hitungan dan kredibel." “Kalau di Sociolla Award ini nilai dari kedua indikator yang dipilih tadi sifatnya terbuka dan bisa divalidasi, sehingga brand atau konsumen tahu mengapa mendapatkan nilai rendah dan tinggi,” ia menjelaskan.

3 dari 4 halaman

Antusiasme Beauty Brands

Santi menyebutkan bahwa Sociolla Award 2022 telah ditunggu-tunggu brand partners, di antaranya adalah L'Oreal dan Avoskin. Founder dan CEO Avo Innovation, Anugrah Pakerti, menyebutkan bahwa ajang penghargaan ini akan menyatukan industri kecantikan lebih terbuka lagi. 

"Kami sangat mengapresiasi Sociolla yang kembali menghadirkan Sociolla Award tahun ini dengan proses kurasi yang sangat ketat," ia mengatakan.

Sementara itu, Rikka Anggitha, Brand Business Leader of L'Oreal Paris, mengaku bahwa pihaknya sangat senang bisa terpilih sebagai salah satu nominee dalam ajang ini. Ia juga menilai bahwa ajang penghargaan ini dinilai sangat unik karena menggunakan proses pemungutan suara oleh SOCO member.

Juga, menggunakan pihak ketiga untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi. "Kami berharap, Sociolla Award ini terus berjalan setiap tahunnya dan jadi acuan bagi para beauty enthusiast untuk menemukan produk kecantikan terbaik dan terpercaya," tuturnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Voting

Setelah melalui perhitungan yang ketat, Sociolla Award 2022 memiliki 32 kategori yang berisi 65 brand kecantikan dan 154 produk lokal dan internasional yang masuk dalam nominasi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, masing-masing kategori diwakilkan lima produk kecantikan. 

Berikut adalah cara voting produk kecantikan favorit Anda melalui aplikasi atau situs web resmi Sociolla. 

1. Pastikan Anda sudah terdaftar jadi SOCO member sebelum Senin, 21 November 2022 dan merupakan pengguna aktif.

2. SOCO member bisa menggunakan hak suaranya per Senin, 21 November 2022 dini hari hingga 12 Desember 2022

3. Ketika memasuki aplikasi atau situs Sociolla, akan ada banner yang mengarahkan untuk melakukan voting. 

4. Pilih sesuai kategori dan pilih brand kecantikan yang Anda suka. 

Untuk pengguna baru SOCO, mereka belum berkesempatan menggunakan hak suaranya tahun ini, tapi pengguna baru tetap bisa melakukan pembelian dan memberikan ulasan terpercaya untuk produk yang dibeli.

Para pemenang akan diumumkan di akhir Desember 2022, yang ditentukan berdasarkan perhitungan terverifikasi oleh Alvara Research Center.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.