Sukses

China Segera Buka Rute Penerbangan Langsung ke Jakarta dan Bali, 3 Destinasi Super Prioritas Jadi Andalan

Indonesia menyambut baik rencana China melonggarkan aturan karantina dan perjalanan internasional dengan menyiapkan tiga destinasi super prioritas sebagai andalan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengumumkan bahwa China akan segera membuka rute penerbangan langsung menuju Indonesia, terutama Jakarta dan Bali. Hal itu sebagai sinyal positif bagi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif setelah pandemi berjalan hampir tiga tahun.

"Tiongkok juga hadir di G20. Presiden Xi membawa rombongan sangat besar, menyampaikan berita baik, sebuah angin segar karena Tiongkok menyatakan akan berkontribusi pada pemulihan ekonomi dunia," kata Sandi dalam The Weekly Brief with Sandi Uno (WBS) secara virtual, Selasa (15/11/2022).

Kunjungan wisatawan China sangat berarti bagi Indonesia. Pada 2019, jumlah wisatawan Tiongkok menempati posisi terbanyak kedua dengan dua juta kunjungan, di bawah Malaysia yang menyumbang 2,98 juta kunjungan turis.  

Pemerintah pun menyiapkan sejumlah strategi untuk memastikan bahwa Indonesia tetap berada dalam top of mind turis Tiongkok saat berpelesir ke luar negeri. Salah satunya dengan berpromosi bersama dengan online travel agent setempat, yakni Ctrip dan Qunar.

"Kami akan lakukan secara komprehensif menyiapkan tidak hanya destinasi wisata berkualitas dan berkelanjutan, tetapi juga sentra ekonomi kreatif agar wisatawan China yang dua tahun tidak berwisata, berpeluang membeli," ucap Sandi.

Pihaknya mempromosikan tiga destinasi super prioritas sebagai andalan untuk menarik minat wisatawan Tiongkok berkunjung, yakni Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo. Ketiganya adalah alternatif Bunaken yang sebelum pandemi banyak dikunjungi oleh wisatawan China.

"Wisatawan Tiongkok dikenal akan ketertarikannya pada wisata bahari. Mereka suka pantai, suka diving," kata Sandi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target Kunjungan

Sandi berharap pembukaan penerbangan langsung dari China itu akan berlangsung sesegera mungkin. "The sooner, the better," kata dia.

Setidaknya ada tiga maskapai China yang menyampaikan minatnya, yakni China Eastern, Air China Airlines, dan China Southern Airlines. Deputi Bidang Kebijakan Strategis Nia Niscaya menambahkan, Garuda Indonesia juga akan menyiapkan layanan penerbangan langsung menuju Tiongkok.

"Secara umum pariwisata akan tumbuh meski ada perlambatan, terutama di Asia Pasifik, khususnya market China. Pelonggaran akan berpengaruh (pada capaian target kunjungan)," katanya.

Lewat pendekatan tiga s, yakni size (jumlah kehadiran), spread (persebaran), dan spending (tingkat pengeluaran), ditambah growth, Nia menyebut Indonesia sudah menyiapkan target kunjungan turis Tiongkok ke Indonesia pada 2023. "Kami menargetkan target bawah 120.900 kunjungan dan batas atas 255.700 kunjungan," ucapnya.

Sebelumnya, China menyatakan akan menyingkat masa karantina dan menghapus sejumlah pembatasan dalam penerbangan internasional untuk para pelancong yang tiba dari luar negeri. Hal itu dipandang sebagai sinyal positif setelah sekian lama memberlakukan kebijakan nol Covid.

3 dari 4 halaman

Kebijakan Baru

Kebijakan baru itu diumumkan pada Jumat, 11 November 2022, usai pertemuan yang digelar oleh badan pengambil keputusan tertinggi di Partai Komunis yang berkuasa. Para pemimpin juga berjanji untuk mempertahankan protokol Covid-19 sambil menekankan perlunya meminimalkan gangguan ekonomi dan sosial. 

Langkah-langkah pelonggaran yang diambil akan mendorong pemerintah membatalkan apa yang disebut sebagai mekanisme 'pemutus sirkuit'. Dikutip dari CNN, mekanisme itu bermakna penerbangan tujuan China ditangguhkan jika sebuah maskapai terbukti membawa sejumlah penumpang yang hasil tes Covid-19-nya positif saat mendarat.

Penumpang internasional yang akan memasuki China juga hanya akan diwajibkan menjalankan tes Covid-19 satu kali dalam kurun waktu 48 jam terakhir sebelum naik pesawat. Sebelumnya, mereka yang memasuki China diharuskan menjalani tes PCR ganda dalam waktu 48 jam sebelum naik pesawat, dan tes terakhir harus dalam waktu 24 jam sebelum naik pesawat, seperti dikutip dari laman resmi Kedubes China di Indonesia.

China adalah pemilik ekonomi utama terakhir yang menerapkan kebijakan nol Covid-19. Mereka memberlakukan penguncian cepat, pengujian massal, pelacakan kontak ekstensif, dan karantina untuk membasmi infeksi segera setelah kasus terdeteksi. 

4 dari 4 halaman

Masih Tanda Tanya

Namun, pendekatan tanpa toleransi itu menghadapi tantangan yang semakin meningkat akibat kemunculan varian baru yang sangat mudah menular. Selain itu, biaya ekonomi dan sosialnya besar menimbulkan reaksi besar dari publik.

Tak mengherankan bila pasar merespons secara positif perubahan karena pembatasan COVID-19 membuat investor internasional gelisah. Indeks Hang Seng Hong Kong melonjak tujuh persen tepat setelah istirahat siang waktu setempat, sementara Indeks Shanghai Composite China daratan naik 2,5 persen.

Di bawah pedoman baru, orang yang diidentifikasi sebagai kontak dekat dengan kasus COVID-19 juga akan mempersingkat karantina di fasilitas terpusat yang dioperasikan pemerintah, turun dari tujuh hari ditambah tiga hari lagi di rumah, menjadi lima hari dan tiga hari di rumah. Selain itu, pejabat kesehatan pemerintah tidak lagi diwajibkan untuk melaporkan kontak dekat sekunder dalam banyak situasi.

Di bawah pedoman baru, orang-orang yang diidentifikasi sebagai kontak dekat dari kasus Covid-19 juga akan dipersingkat karantina di fasilitas yang dioperasikan pemerintah, turun dari tujuh hari ditambah tiga hari lagi di rumah, menjadi lima hari dan tiga hari di rumah. Namun, pengumuman yang telah lama ditunggu-tunggu itu tidak secara eksplisit menyebutkan kapan perubahan itu akan berlaku. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.