Sukses

Pelaminan di Atas Genting Rumah, Tamu Harus Antre Naik Tangga untuk Ketemu Pengantin

Pelaminan di atas genting rumah itu bikin warganet merasa ngeri, terutama bagi mereka yang takut dengan ketinggian.

Liputan6.com, Jakarta - Menikah termasuk momen penting dalam hidup. Banyak yang menyiapkan hari pernikahannya sebagai hari terbaik sepanjang hidup. Sebuah video unik memperlihatkan acara pernikahan yang berbeda dari biasanya. Sang pengantin membangun pelaminan di atas genting.

Hal itu lantas menjadi viral dan menghebohkan dunia maya. Pasalnya, panggung pelaminan berada di atas genting dan tamu undangan justru berada di bawahnya.

Video pelaminan di atas genting itu diketahui dari iunggahan akun TikTok @zoemakeup_15 pada beberapa waktu lalu. Kemudian, videonya ramai dibagikan ulang oleh sejumlah akun di platform media sosial lainnya.

"Wedding di gedung (tidak), wedding di atas genting (iya)," tulis keterangan di video tersebut. Alih-alih membangun panggung pelaminan di gedung mewah, pasangan pengantin tersebut justru membuat acara pelaminan di atas genteng rumah.

Pelaminan berada di atas ketinggian dan terbuat dari bambu. Hal itu cukup membuat warganet merasa ngeri, terutama bagi mereka yang takut dengan ketinggian.

Pemandangan yang terlihat dari pelaminan pun adalah atap-atap rumah warga. Meski begitu, pasangan pengantin tampak bahagia dan tidak ketakutan dengan pemandangan tersebut.

Dengan pelaminan berada di atas genting, tampak sang fotografer yang mengabadikan momen harus naik ke atap rumah warga lainnya. Fotografer yang sudah membawa kamera itu pun berdiri di atas genting agar bisa mengambil gambar secara maksimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyiasati Lahan Sempit

Meski ada di atas genting, pelaminan tetap tampak mewah. Dibangunnya pelaminan di atas genting tersebut rupanya untuk menyiasati lahan di depan rumah yang sempit.

Lantaran di sekitar rumah mempelai terlihat tidak ada halaman luas dan penuh dengan rumah-rumah warga yang saling berdekatan. Jika pernikahan pada umumnya tamu undangan berada di depan panggung, maka di resepsi pernikahan ini sang tamu undangan berada di bawah panggung.

Mereka yang mau bersalaman dan berfoto bersama pengantin harus bergantian dan antre naik ke atas pelaminan lewat sebuah tangga di dalam rumah. Meski begitu, acara tampak berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Dari sejumlah komentar warganet, lokasi pernikahan tersebut digelar di wilayah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Unggahan ini menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Keren sih ini beda dari yang lain," komentar seorang warganet.  "Ini gimana cara buat dekorasinya?" komentar warganet lainnya. "The real pengen nikah tema istana kayangan," tulis warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang pelaminan unik itu sudah ditonton lebih dari 1 juta kali d TikTok.

 

3 dari 4 halaman

Kuat dan Aman

Pada video terpisah, para tamu undangan terlihat duduk di bagian bawah panggung. Pengunggah video ini juga menjelaskan bahwa panggung pelaminan itu kuat sehingga aman. "Dekornya aman ya guys ya. Sempat dipakai foto bersama dan buanyak yang di atas panggung sayang nggak sempat videoin," ungkap pengunggah video ini.

Ada sejumlah konsep pernikahan unik lainnya di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Surabaya, Jawa Timur.  Jika biasanya resepsi pernikahan menggunakan bunga atau tanaman sebagai dekorasinya, tapi berbeda dengan konsep pernikahan yang satu ini.

Pasangan pengantin ini menggunakan dekorasi tak biasa, yaitu buah-buahan dan sayuran segar.  Hal ini terlihat dari unggahan resepsi pernikahan yang dibagikan akun TikTok @kamikisah.

Konsepnya bisa dibilang mirip pasar rakyat. "Datang acara kondangan, rasa pasar rakyat mewah check," tulis pengunggah video pada Kamis, 22 September 2022. Dekorasi aneka buah dan sayuran diletakkan mengelilingi bunga yang ada di meja dan di panggung pelaminan.

4 dari 4 halaman

Pulang Belanja dari Pasar

Kita bisa meihat ada buah-buahan seperti jeruk, bit, anggur, nanas, dan sayuran seperti tomat, kacang panjang, serta wortel berjajar rapi. Menariknya lagi, semua tamu undangan, termasuk pengisi acara, bebas mengambil sayur dan buah-buahan yang tersedia.

Para tamu yang menghadiri resepsi tersebut tampak antusias memilih buah dan sayuran untuk dibawa pulang. "Kapan lagi belanja nggak bayar ya kan?" tulis pengunggah video. Hal ini pun membuat senyuman di wajah para tamu wanita, terutama kaum ibu merekah.

Bagaimana tidak, mereka bisa berbelanja tanpa keluar uang untuk beberapa hari ke depan. Tak hanya kaum ibu, bapak-bapak rupanya juga tidak mau ketinggalan. Seorang pria berbaju batik tampak sudah membawa sekantong belanjaan penuh buah dan sayuran.

Bukan hanya para tamu undangan, vendor acara pernikahan juga diizinkan membawa pulang yang mereka mau. Pemandangan unik pun terjadi di resepsi pernikahan tersebut, para tamu seperti habis pulang belanja dari pasar.  Unggahan video ini pun ramai dibahas di media sosial. Banyak warganet yang mengaku terinspirasi dengan ide dekorasi berupa sayur dan buah-buahan segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.