Sukses

Cerita Viral Wanita Finlandia Menikahi Saudara Tiri, Sikap Orangtuanya Disorot

Wanita Finlandia itu mengaku sudah berusaha menjalin hubungan dengan pria lain sebelum memutuskan menikahi saudara tirinya.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki pasangan yang direstui oleh keluarga tentunya menjadi suatu keberhasilan tersendiri bagi sepasang kekasih. Namun, hal yang tidak biasa ketika menikahi pasangan berstatus saudara tiri.

Seorang wanita asal Finlandia, Matilda Eriksson (23), menikahi saudara tirinya yang ditemui setelah ibunya menikah dengan ayah sambungnya. Melansir New York Post, Rabu, 9 November 2022, hubungan antara Eriksson dan saudara tirinya didukung kedua orangtua mereka.

Eriksson mengaku tidak pernah berniat menikah hingga bertemu dengan Samuli (27), saudara tirinya setelah ibunya menikahi ayah dari Samuli pada 2019. Setelah menjadi keluarga, hubungan Eriksson dan Samuli menjadi dekat dan bisa berteman.

Setelah tiga tahun, hubungan keduanya mulai berubah ketika saudara tirinya memintanya untuk berciuman. "Saya langsung menanggapi (pernikahan) dengan penuh semangat," ujar Eriksson.

"Butuh dua minggu untuk mulai berkencan dan setelahnya, dia (Samuli) langsung pindah dan tinggal dengan saya," tambahnya.

Eriksson merasakan hubungannya sangat natural dan terjadi begitu saja. Beberapa teman mereka, baik dari pihak Eriksson dan Samuli, sempat meragukan hubungan mereka. Namun, ibunya membantu meyakinkan mereka berdua untuk tetap melanjutkan pernikahan.

"Beberapa teman kami awalnya ragu dan menghakimi. Saya berpikir, mungkin mereka bingung karena yang saya panggil saudara tiri kini menjadi pacar," ujar Eriksson.

Eriksson memaparkan bahwa ibunya memintanya untuk melakukan apa pun yang sesuai dengan kata hatinya dan mengesampingkan perkataan orang lain. Atas saran ibunya dan kata hatinya, Eriksson memutuskan menikah dengan Samuli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Hukum

Sebelum mereka menikah, keduanya telah mencoba berhubungan dengan orang lain. Eriksson sempat berpikir bahwa ibunya dan orangtua Samuli secara diam-diam menginginkan mereka untuk bersama. 

"Kami berdua telah mencoba hubungan yang lama sebelumnya, tetapi tidak pernah merasakan perasaan seperti ini," ujar Eriksson.

Ketika hubungan menjadi semakin serius dan menuju ke jenjang pernikahan, Eriksson segera mencari pemahaman terkait hukum-hukum apa yang mungkin akan mereka dapatkan di kemudian hari. "Kami menemukan beberapa informasi lama yang mengatakan bahwa itu (pernikahan) hal yang ilegal," ujarnya.

Beruntung, salah satu teman dekat dari saudara perempuannya seorang mahasiswa jurusan hukum. Dengan temannya, Eriksson dibantu untuk mencari tahu hukum mengenai pernikahan tersebut. "Dia mengatakan kepada kami bahwa tidak akan ada masalah jika kami ingin menikah," ucap Eriksson.

Eriksson merasa bahwa, ia dan suaminya kini merupakan pasangan yang sangat cocok satu sama lain. "Kami bahkan melamar satu sama lain pada saat yang bersamaan dan menangis," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Video Bulan Madu

Pasangan yang sudah bersama sejak 2021 mengaku sudah membahas soal memiliki keturunan, tetapi mereka memilih untuk tidak terburu-buru. Mereka juga aktif membagikan momen kebersamaan mereka di aplikasi media sosial TikTok.

Pasangan ini membagikan beberapa video mengenai hubungannya yang tidak biasa dan menerima banyak cibiran dari warganet. Namun, hal itu tidak menyurutkan pasangan yang untuk berhenti membuat video serupa.

"Kami sangat berbahagia sejak awal," ujar Eriksson, dilansir dari The Sun.

Sebagai tanggapan dari cibiran warganet, mereka mengunggah video perjalanan bulan madu setelah menerima komentar 'langsung ke penjara' atau 'saya lebih baik mati'. Eriksson mengunggah video TikTok tersebut dengan caption ‘aku dan saudara tiriku sedang berbulan madu’.

Beberapa pengguna TikTok lainnya juga melontarkan komentar negatif dengan menyebut kedua pasangan tersebut menjijikkan. "Mereka tidak terikat secara darah, tetapi hal itu tidak baik untuk dilakukan😅," tulis salah satu akun TikTok. Hingga kini, video yang dibuat oleh Eriksson telah diputar oleh 700 ribu lebih pengguna.

4 dari 4 halaman

Hukum Pernikahan di Indonesia

Pernikahan di Finlandia hanya bisa dilakukan pada minimal usia 18 tahun serta belum pernah menikah. Negara itu juga melegalkan pernikahan sesama jenis. Hanya pernikahan dengan kerabat dekat tidak diperbolehkan. Untuk saudara tiri tidak sedarah, tidak ada hukum yang mengaturnya.

Pernikahan di Finlandia tidak mengharuskan pasangan untuk meminta izin dengan kerabat dekat. Mereka bebas memilih pasangannya masing-masing.

Di Indonesia, pandangan masyarakat mengenai pernikahan dengan saudara tiri masih dianggap tidak lazim. Jika menikah dengan saudara tiri, banyak masyarakat yang menganggap seperti menikah dengan saudara sendiri.

Dilansir dari NU, Rabu (9/11/2022), Imam an-Nawawi menjelaskan saudara tiri yang dimaksud adalah anak bawaan dari suami ataupun dari isteri. Kemudian, keduanya menikah menjadi pasangan suami dan isteri. Menurut Fiqih Islam, hal tersebut dimungkinkan, walaupun kedua orangtua terikat dalam ikatan pernikahan karena mereka tidak memiliki hubungan darah antara satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.