Sukses

Putri Norwegia Mundur dari Tugas Kerajaan, Fokus Bisnis Pengobatan Alternatif Bareng Tunangannya

Putri Norwegia akan melanjutkan bisnis tersebut dengan tunangannya, Durek Verrett, yang merupakan seorang guru spiritual atau sering disebut sebagai "Shaman" alias dukun.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Kerajaan Norwegia, Martha Louise, memutuskan untuk melepaskan tugasnya sebagai anggota kerajaan. Keputusan besar itu dilakukannya demi berfokus pada bisnis pengobatan alternatif yang dijalankan bersama tunangannya.

Melansir laman BBC, Rabu (9/11/2022), Putri Norwegia akan melanjutkan bisnis tersebut dengan tunangannya, Durek Verrett, yang merupakan seorang guru spiritual atau sering disebut sebagai "Shaman" alias dukun.

"Putri telah menjalankan tugasnya dengan penuh kehangatan, perhatian, dan komitmen yang mendalam," sebut pernyataan yang dirilis oleh Kerajaan Norwegia. Meski begitu, sang putri akan mempertahankan gelarnya, sesuai dengan keputusan Raja Harald V.

"Keputusan untuk mundur dari tugas kerajaan diambil oleh Putri Martha Louise agar dirinya dan Verrett bisa "membedakan dengan jelas kegiatan pribadi dan kegiatan yang berhubungan dengan] Royal House of Norway"," lanjut pernyataan itu. 

Durek Verrett atau Shaman Durek merupakan seorang warga negara Amerika Serikat (AS) yang telah mempromosikan praktik-praktik medis yang tidak berdasarkan riset, termasuk berpendapat bahwa kanker merupakan sebuah pilihan. Terlepas dari hal ini, Raja Harald dilaporkan menggambarkan tunangan putrinya sebagai “pria yang hebat dan sangat lucu”.

"Dia punya selera humor, dan kami banyak tertawa, bahkan di masa sulit ini. Saya pikir kami telah memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai semua hal, dan kami sepakat untuk memiliki pendapat yang berbeda," kata Raja Harald kepada media di Norwegia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Kontroversi

Dalam pernyataan terpisah, Putri Martha mengatakan dirinya "menyadari pentingnya pengetahuan berbasis penelitian". Namun, ia percaya pengobatan alternatif dapat menjadi "pelengkap penting untuk membantu lembaga medis konvensional".

Putri kerajaan berusia 51 tahun ini telah menimbulkan kontroversi di negaranya dalam beberapa dekade terakhir karena keterlibatannya dalam pengobatan alternatif, termasuk dengan mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk membantu orang 'berkomunikasi dengan malaikat mereka'. Ia juga dituduh memanfaatkan gelar kerajaannya untuk meraih keuntungan.

Putri yang berada di urutan takhta keempat dari Norwegia itu dilamar Durek dan resmi bertunangan pada 7 Juni 2022.  Raja Harald dan istrinya, Ratu Sonja, mengumumkan kabar pertunangan itu dan berharap yang terbaik untuk masa depan putri mereka.

Putri Martha juga sempat membagikan foto pertunangan mereka di akun Instagramnya sambil memamerkan cincin berhiaskan batu zamrud yang memesona. Melansir People, Selasa, 7 Juni 2022, zamrud adalah pilihan yang tepat karena termasuk batu permata favorit Ratu Sonja.

 

3 dari 4 halaman

Cincin Tunangan

Bisa dibilang, Durek sengaja memilih batu zamrud di cincin pertunangannya untuk memenangkan hati Ratu Sonja. Cincin itu memakai batu permata 3,5 karat dari Brasil yang dilapisi 19 butir berlian berbentuk segitiga yang mengandung empat elemen yaitu bumi, udara, air, dan api.

Ada tambahan 12 berlian di sekeliling cincin yang diyakini didesain untuk mencegah unsur negatif dan melindungi ikatan cinta pemiliknya. Di sisi kanan dan kiri cincin juga ada tambahan tiga berlian yang melambangkan tiga anak perempuan Putri Martha.

Pertunangan Putri Martha dan Durek sudah direncanakan sejak awal tahun ini. Durek, mengaku proses meminta restu dari sang Raja terasa cukup sulit. Saat dia meminta restu Raja Harald untuk melaksanakan niat baiknya, kata-kata restu tidak keluar begitu saja.

Raja Harald tidak langsung mengiyakan, dan meminta Durek untuk tidak terburu-buru menikah. Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan kalau proses meminta restu kepada sang raja dengan menerapkan cara-cara yang klasik. Ia mengaku sangat kuno dalam melakukan sesuatu.

 

4 dari 4 halaman

Mendiang Mantan Suami

Putri Martha mengonfirmasi hubungannya dengan Durek pada Mei 2019 lalu. Momen ini hampir tiga tahun usai perceraiannya dengan mendiang suaminya Ari Behn diselesaikan.

Beberapa bulan setelah resmi berpisah dengan Martha, Behn ditemukan tewas bunuh diri bertepatan pada perayaan Natal, Rabu, 25 Desember 2019. Dilansir dari Daily Mail, Jumat, 27 Desember 2019, Istana Kerajaan Norwegia telah membenarkan kabar memilukan tersebut dalam sebuah pernyataan di hari Natal.

"Dengan kesedihan yang mendalam, Ratu dan saya telah menerima pesan meninggalnya Air Behn. Ari telah menjadi bagian penting dari keluarga kami selama bertahun-tahun," kata Raja Harald V dalam sebuah pernyataan.

Suami Ratu Sonja ini melanjutkan bahwa ia dan keluarga akan membawa semua kenangan hangat dan yang menyenangkan tentang Ari. Mereka bersyukur bisa mengenal Ari yang dikenal sebagai seorang penulis.

Putri Martha dan Ari Behn menikah pada 2002. Pernikahan mereka harus kandas dan keduanya memilih bercerai pada 2017 lalu. Pernikahan mereka dikaruniai tiga buah hati yakni Maud Angelica Behn yang lahir pada 2003, putri kedua Leah Isadora Behn lahir pada 2005, dan putri ketiga Emma Tallulah Behn lahir pada 2008.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.