Sukses

Pemenang Miss Korea 2022 Dikritik karena Operasi Plastik Berlebihan, Terlihat Seperti Manusia Virtual

Warganet menyebut fisik para kontestan Miss Korea 2022 makin 'plastik' saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Lee Seung Hyeon memenangi mahkota kontes kecantikan ke-66 Miss Korea 2022 yang diselenggarakan oleh Global E&B. Ia mengalahkan 30 kontestan lainnya dalam malam final yang berlangsung di Blue Square di Yongsan-gu, Seoul, Rabu, 26 Oktober 2022.

Mengutip dari Allkpop, Sabtu (29/10/2022), Miss Korea yang baru memperkenalkan dirinya sebagai trendsetter. Le Seung Hyeon mengungkapkan mimpinya menjadi CEO dari merek fesyen global dan sedang mengembangkan mereknya sendiri melalui berbagai kegiatan.

Pemenang pertama masih berusia 23 tahun. Ia adalah seorang mahasiswa yang belajar ekonomi di Universitas Korea. Sementara di posisi kedua, Yoo Si Eun (25) adalah mahasiswa jurusan Layanan Penerbangan di Universitas Yeonsung, diikuti Kim Go Eun (22) dari Departemen Penerbangan dan Teknik Penerbangan berada di posisi ketiga.

Miss Korea 2022 memiliki slogan 'Green Healing Moment' – yang berarti memberikan penyembuhan yang indah bagi mereka yang menikmati kontes bersama. Global E&B, sebagai penyelenggara, mengatakan, "Kontes Miss Korea, yang membanggakan sejarah dan tradisinya menunjukkan perubahan yang lebih radikal dan trendi tahun ini dan menerima tanggapan yang lebih antusias daripada sebelumnya."

Malam final Miss Korea ini akan disiarkan pada 11 November 2022, pukul 8 malam, di Wavve dan saluran kabel SmileTV, TVAsia, dan Weetv. Setelah melihat foto para pemenang, para warganet Korea menunjukkan bahwa semua kontestan tampak tidak nyata dan seperti manusia virtual karena terlalu banyak melakukan operasi plastik. 

"Para kontestan Miss Korea semakin terlihat plastik..." komentar seorang warganet.

"Mereka harus memilih kecantikan alami untuk Miss Korea," sambung warganet yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Operasi Plastik di Korea

Mengutip dari kanal Citizen Liputan6.com, operasi plastik sudah menjadi hal yang lumrah di Korea Selatan, bahkan Korea Selatan terkenal sebagai negara dengan angka operasi plastik terbanyak di dunia.

Kebiasaan masyarakat yang senang melakukan operasi plastik ini sudah menjadi hal normal dan dianggap sebagai gaya hidup. Korea Selatan juga disebut-sebut sebagai negara pertama yang mempopulerkan dan menjadi pusat prosedur untuk operasi plastik.

Operasi plastik ini kerap terjadi baik di kalangan non-selebriti maupun idol K-pop. Hal ini menjadi salah satu penunjang penampilan mereka di layar kaca.

Walaupun operasi plastik sudah menjadi hal yang umum di Korea Selatan, namun beberapa agensi masih menganggap operasi plastik adalah hal yang tabu dan jarang agensi mengakui jika idol mereka melakukan operasi plastik.

Di sisi lain, ternyata ada banyak idola K-pop yang diketahui tidak menjalani operasi plastik dan tetap tampil memukau. Deretan idol di bawah ini sudah mendapatkan anugerah ketampanan dan kecantikan yang natural.

3 dari 4 halaman

Artis Tanpa Oplas

Di sisi lain, masih banyak publik figur Korea yang memiliki wajah asli. Salah satunya Yuna dari girl group ITZY, ia dikenal sebagai visual grup dan juga maknae. Jika kita membandingkan visualnya dari era pra-debutnya dengan penampilannya saat ini, tak ada perubahan yang signifikan. Sejak ia masih kecil, Yuna telah menunjukkan kecantikannya yang alami.

Apabila dilihat dekat saat melihat foto pre-debutnya saat sebelum menjadi idol, fitur wajah Yuna tetap sama dari dulu sampai sekarang, yang berarti dia tidak menjalani operasi plastik. Perbedaannya dalam menggunakan riasan dan gaya rambut.

Kemudian, ada Mingyu member boy group SEVENTEEN yang berada di posisi rapper utama dan merupakan face of grup. Mingyu memiliki visual yang menawan bahkan sebelum debutnya sebagai idola K-pop, dan itu dibuktikan dengan fotonya di masa lalu.

Namun, apakah Mingyu pernah melakukan operasi plastik? Jawabannya adalah tidak. Kompilasi foto masa kecil Mingyu telah menunjukkan visualnya yang tampan secara alami. Dengan bertambahnya usia, visualnya tetap sama, bahkan terlihat lebih tampan.

4 dari 4 halaman

Anti-Oplas Lainnya

Selain itu, ada Joy dari girl group Red Velvet. Meski dituding menjalani operasi plastik, hal tersebut tidak benar. Penampilan wajah Joy dulu dan sekarang tetap sama, kecuali bentuk tubuhnya.

Joy pun mengejutkan penggemar dengan penurunan berat badannya yang sangat besar. Ketika masih duduk di bangku SMA, Joy terlihat lebih menggemaskan dengan pipi tembemnya. Namun sekarang, dia memiliki bentuk tubuh S-line yang membuat setiap wanita iri kepadanya.

Kemudian, ada Hyunjin Stray Kids memiliki visual wajah yang karismatik dan garang yang membuat penampilannya terlihat semakin tampan. Sebagai visual utama dalam boy group asuhan JYP Entertainment, telah terbukti bahwa visualnya yang memukau adalah nyata tanpa operasi apa pun.

Dari potret pradebutnya hingga saat ini, fitur wajah Hyunjin tetap sama, terutama matanya yang mungil. Orang-orang juga memperhatikan bahwa perbedaan visualnya adalah alami, dia mengalami fase glow up yang luar biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.