Sukses

Art Moments Jakarta 2022, Ada Karya Deretan Seniman hingga Bincang Seni dan NFT

Art Moments Jakarta (AMJ) akan kembali kembali digelar dengan lebih banyak karya dan seniman.

Liputan6.com, Jakarta - Art Moments Jakarta 2022 (AMJ) hadir dengan lebih banyak karya dan seniman berbakat dari dalam maupun luar negeri. Salah satu gelaran seni terbesar di Indonesia ini akan berlangsung pada 4--6 November 2022 di Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City dan Gandaria City Hall.

Sebelumnya pada gelaran edisi pertamanya, Art Moments Jakarta dilangsungkan di tempat yang sama hingga berlanjut dengan format penyelenggaraan hybrid, yaitu menggabungkan acara daring dan luring dalam skala yang lebih kecil untuk edisi kedua, ketiga, dan keempat akibat pandemi COVID-19.

Art Moments Jakarta sebagai sebuah bursa seni yang mendukung perkembangan ekosistemnya, terdiri atas galeri, seniman, kolektor, serta komunitas seni di Asia Tenggara. Pada gelaran Art Moments Jakarta tahun ini, diusung tema "Continuance" yang mengandung arti "untuk melanjutkan adalah untuk berkembang, tidak untuk kehilangan kepedulian terhadap diri sendiri dan keadaan sekitar".

"Setiap hari, dengan keyakinan dan pengetahuan, kita menyambut masa depan sama berharganya dengan masa lalu kita. Seni adalah teman. Ketika indah, ia membawa kegembiraan, namun kala membingungkan, mereka menuntut introspeksi," kata Sendy Widjaja, Co-Founder dan Fair Director Art Moments Jakarta, mengenai tema bursa kali ini saat konferensi pers di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan pada Rabu, (12/10/2022).

Ia menambahkan, "Kita adalah orang yang memiliki tekad untuk menjalani momen-momen saat ini. Perjalanan kita didorong oleh serangkaian harapan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seniman yang Terlibat

Art Moments Jakarta kelima ini akan menghadirkan karya sejumlah seniman, sebut saja Miwa Komatsu, Andrey Ostashov, Made Wianta, Handrio, dan Nyoman Nuarta. Merayakan tren NFT yang menjamur di tengah pandemi, Art Moments Jakarta juga akan memberi panggung kepada beberapa pembuat seni digital, seperti Arya Mularama - Indonesia, Diela Maharanie - Indonesia, Tommy Chandra - Indonesia, Sarisa Kojima - Thailand, Marion Olmillo - Philippines, dan Hamlatul Arsy - Brunei.

Bekerja sama dengan Johnnie Walker: Scotch Whiskey Blue Label, Art Moments Jakarta akan menyediakan sebuah karya seni tiga dimensi bergambar Striding Man Johnnie Walker setinggi 50 sentimeter. Nantinya, ini akan diolah oleh para seniman untuk menjadi sebuah karya seni baru.

Hasilnya akan dipamerkan serta dijual melalui sistem lelang tertutup selama Art Moments Jakarta 2022 berlangsung. Selain itu, Art Moments Jakarta juga akan berkolaborasi dengan Women's International Club (WIC) untuk mengumpulkan dana melalui lelang yang hasilnya didonasikan kepada program-program sosial WIC.

3 dari 4 halaman

Bincang-Bincang Seni

Art Moments Jakarta akan menampilkan sederet program seni publik menarik bersama sejumlah seniman. Beberapa program di antaranya adalah acara bincang-bincang tentang seni dan NFT, seperti HANDRIO: Dari Abstrak Geometris Menuju Komposisi Musik, The Future of NFTs, dan Sometimes You Don't Need to Speak to Be Heard: Art and Autism. Pagelaran kelima Art Moments Jakarta ini akan menampilkan ratusan karya seni persembahan lebih dari 35 galeri seni dunia.

Art Moments Jakarta juga akan memberikan 18.000 karya seni NFT gratis dari Tezos kepada para pengunjung. Ajang bursa seni ini terbuka untuk publik dengan harga tiket Rp150.000 untuk one day pass atau Rp300.000 untuk VIP Pass (tiga hari) dengan kuota terbatas. Tiket dapat dibeli melalui fitur Lifestyle di BCA Mobile atau www.artmomentsjakarta.com.

Pengunjung juga bisa mendapatkan diskon 20 persen untuk pembelian tiket dengan menggunakan Kartu Kredit BCA, Debit BCA dan juga untuk 100 orang pertama per komunitas dari rekan Komunitas Art Moments Jakarta. Art Moments Jakarta bekerja sama dengan Bank Central Asia (BCA) juga menyediakan fasilitas cicilan nol persen dengan jangka waktu pembayaran 3, 6, 12, dan 24 bulan bagi para pemegang kartu kredit BCA yang ingin membeli karya seni ketika bursa berlangsung.

4 dari 4 halaman

Karya Seni NFT

Sementara itu, di ajang kali ini Art Moments Jakarta 2022 juga mengikuti tren NFT yang berkembang selama dua tahun terakhir di dunia. "Secara spesial kita ada section khusus karya seni NFT dari seniman-seniman terbaik," ungkap Sendy Wijaya.

Bahkan pihak penyelenggara akan memberikan NFT gratis buat para pengunjung Art Moments Jakarta secara gratis, namun terbatas untuk yang paling cepat. Ia mensyaratkan hal tersebut bisa didapat dengan sebelumnya pengunjung harus sudah mempunyai wallet Texos.

Sendy menuturkan, sejak penyelenggaraan tahun lalu saat Art Moments Jakarta membuat kompetisi NFT Art Prized, bursa seni ini telah dilirik oleh Texos dan kolektor dunia. "Buat dulu wallet Texos, akan ditransfer ke situ," katanya lagi.

Di sisi lain terkait isu resesi global yang bakal berdampak di 2023 mendatang, di perhelatan Art Moments Jakarta justru pihaknya merasa bahwa inilah saatnya bagi kolektor seni untuk kembali mengoleksi dan membeli karya seni sebagai investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.