Sukses

Sosok Windah Basudara yang Galang Donasi Rp300 Juta dalam 3 Jam untuk Pendidikan Anak

Windah Basudara yang selama ini dikenal sebagai YouTuber dan online streamer baru saja menggalang donasi sebesar Rp300 juta dalam waktu tiga jam untuk pendidikan anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagi dengan sesama dapat diwujudkan dalam berbagai cara. Salah satunya seperti yang dilakukan YouTuber Brando Franco Windah atau yang akrab disapa Windah Basudara yang menggalang dana biaya sekolah untuk Rahmat, bocah yang dikenal dengan sebutan Okky Boy.

Windah Basudara melangsungkan penggalangan dana ini melalui siaran langsung di channel YouTube pribadinya pada Selasa, 11 Oktober 2022. Selama tiga jam digelar, galang donasi ini berhasil mengumpulkan sekitar Rp300 juta.

"Charity ini murni dilakukan untuk pendidikan Rahmat dan juga pendidikan anak-anak lain yang membutuhkan," kata Windah dalam video tersebut.

Windah menambahkan, "Aku enggak berharap kalian subscribe channel ini karena ada campaign seperti ini di channel ini karena kalau mau berterima kasih, kalian jangan berterima kasih ke aku, melainkan ada orang yang memperjuangkan juga buat menemukan Rahmatnya sama aku, yaitu Mas Donny dan Beasiswa 10.000."

Setelah itu, Windah memanggil Rahmat untuk duduk di sebelahnya. Mereka berdua kompak berbalut kaus bergambar karakter kartun, Bugs Bunny.

"Jadi, aku lagi live streaming, intinya kakak-kakak yang nonton ini pengen bantu Rahmat buat Rahmat sekolah. Rahmat pengen sekolah kan?" tanya Windah.

Tanpa berkata, Rahmat menganggukkan kepalanya, tanda ia sangat ingin bersekolah. Sembari melihat Windah, Rahmat pun tersenyum malu-malu.

"Cita-citanya apa sih kalau boleh tahu?" tanya YouTuber itu lagi kepada Rahmat. "Aku (cita-citanya) jadi polisi," kata Rahmat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Misi Mulia

"Nanti Mat kalau uang yang terkumpul misalnya lebih dari yang Rahmat butuhkan, Rahmat pasti mau bagi-bagi dong ke teman-teman lain, supaya yang lain bisa sekolah juga," kata Windah yang disambut dengan anggukan Rahmat.

Windah pun mengajak Rahmat untuk tos bersama. "Nice, anak yang baik, tos dulu," kata Windah.

YouTuber itu juga menjelaskan bahwa donasi dibuka di kitabisa.com dengan tajuk "Bantu Pendidikan Amat & Anak Membutuhkan Lainnya". Ada pun penggalangan donasi ini difasilitasi oleh Yayasan Beasiswa 10.000.

Berdasarkan keterangan di kolom donasi tersebut, yayasan ini berfokus pada bidang pendidikan dan sosial anak-anak juga masyarakat di Indonesia. Kali ini, pihaknya membantu Rahmat yang sempat viral dengan video lugunya.

"Ternyata Amat adalah seorang anak berkebutuhan khusus atau ABK yang putus sekolah sejak 2 SD dikarenakan kekurangan biaya, selain itu sejak kecil Amat sudah tinggal dengan Bibi dan Pamannya dikarenakan dari lahir sudah ditinggal oleh Ayahnya dan Ibunya yg menjadi TKW di Malaysia," bunyi keterangan tersebut.

3 dari 4 halaman

Sosok Windah Basudara

Yayasan Beasiswa 10.000 bekerja sama dengan Windah Basudara dan pegiat sosial Donny Ramadhan. Kampanye ini untuk membantu Rahmat dan anak-anak lain yang terkendala biaya untuk melanjutkan sekolah.

"Beasiswa 10.000, dukung pendidikan, usung perubahan," kata Windah dan pihak-pihak yang terlibat dalam galang dana di akhir video sembari mengepalkan tangan. Donasi yang didapat selama tiga jam tersebut Rp335.481.107.

Lantas, siapakah Windah Basuradara? Pria yang akrab disapa Brando ini lahir pada 14 Maret 1992 dan dikenal sebagai video games live streaming di channel YouTube.

Ia sendiri memulai bergabung di YouTube pada 29 Desember 2018. Sejak itu hingga saat ini, ia telah memiliki lebih dari 8,7 juta subscribers.

Brando juga aktif di media sosial, seperti Instagram dengan pengikut lebih dari 1,6 juta followers. Pada kolom bio disertakan bahwa dirinya adalah brand ambassador dari Team RRQ (Rex Regum Qeon), klub esports asal Indonesia.

Dikutip dari Jatim Liputan6.com, channel YouTube Windah Basudara diduga menjadi korban hacker pada Sabtu, 16 Juli 2022. Semua video YouTuber dengan jutaan subscribers itu hilang.

4 dari 4 halaman

YouTube Kena Hack

Kala itu, channel YouTube Windah Basudara menampilkan sebuah video live streaming dengan judul Brad Garlinghouse: Why XRP $2.7 Next Month? Price Prediction | Ripple News Today 2022!. Atas kejadian itu, konten kreator gim itu pun sempat mengunggah di Instagram Storiesnya bahwa akun YouTube-nya terkena hack. 

Windah menyebut kepada para followersnya video hack di akun YouTubenya jadi rekor pertama dengan mendapatkan 60 ribuan viewers di pagi hari. "Akhirnya guys rekor pertama kali gue live jam setengah 6 pagi dan kita bisa mencapai 60 ribuan viewers, teman-teman ya. Nice ini benar-benar rekor," ucap Windah.

Fanbase Windah Basudara yang dikenal dengan sebutan Bocil Kematian ramai-ramai mention akun Twitter YouTube dan meminta agar segera mengembalikan akun YouTube Windah Basudara. Tagar #Windahbasudara pun sempat menjadi trending di Twitter. 

"Halo @TeamYouTube Saya tidak tahu bagaimana melaporkan, tetapi saluran ini (Windah Basudara) diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tolong lakukan sesuatu tentang masalah ini," cuit salah seorang pengguna Twitter. 

Pengguna Twitter lainnya menduga bahwa ratusan video dari berbagai macam gim yang pernah dimainkan oleh Windah Basudara diprivat oleh orang yang hack akun YouTuber itu. 

"Akunnya ke hack, semua video di private sama oknum. Aku save beberapa link dia dan semua di private. Rugi bre adsense kalau di delete video," cuitnya.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.