Sukses

Pakai Kaus Bertuliskan White Lives Matter, Kanye West Bocorkan Desain Yeezy Terbaru di Paris Fashion Week

Liputan6.com, Jakarta - Kanye West kembali menjadi sorotan banyak pasang mata dengan penampilannya. Rapper yang mengubah namanya menjadi Ye ini tampak mengenakan kaus bertuliskan "White Lives Matter" di bagain belakang pada Senin, 3 Oktober 2022.

Dikutip dari Complex, Selasa (4/10/2022), gaya Kanye West tersebut terlihat ketika dirinya berbicara kepada hadirin di presentasi Yeezy, YZY SZN 9 di Paris, Prancis. Rapper pelantun "Gold Digger" tersebut berbalut kaus tersebut di awal siaran langsung.

Hingga penulisan ini, tampilan mendetail pada desain penuh kaos tersebut belum diungkapkan, meskipun bagian depannya menampilkan kolase potret Paus Yohanes Paulus II. Beberapa model dalam presentasi juga terlihat mengenakan variasi desain yang sama.

Penulis Candace Owens juga terlihat hadir dan mengenakan kaus yang juga bertuliskan senada. Pada salah satu potret yang beredar di dunia maya, ia berdiri berdampingan dengan Kanye yang memakai kaus tersebut.

Selama pidato pembukaannya pada Senin, 3 Oktober 2022, Ye menyinggung banyak topik, salah satunya tentang sejumlah outlet mempermasalahkan molornya jadwal event yang diselenggarakannya. Padahal, menurut pria kelahiran 8 Juni 1977 tersebut, event molor karena dirinya mencoba menampilkan yang terbaik.

Adapun desain "White Lives Matter", frasa itu sering dikaitkan dengan berbagai ideologi sayap kanan dan sering digunakan (seperti "All Lives Matter," dkk.) di antara pendukung kuat Trump. Di masa lalu, Kanye West telah menyatakan dukungan untuk Trump dan pernyataan terkait.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Bagian dari Acara

Sementara, siaran langsung presentasi yang menurut Direktur Mode New York Times Vanessa Friedman, menampilkan sabun di kursi peserta yang dapat ditemukan di bagian atasnya. Siaran dimulai dengan tampilan di belakang layar pada peserta yang menunggu presentasi dimulai dengan John Galliano dan Demna di antara mereka.

Lebih dalam ke siaran langsung, hadirin yang hadir dan mereka yang menonton di rumah disuguhkan kompilasi cuplikan yang diproyeksikan, termasuk komentar dari John Lennon tentang pembubaran The Beatles. Ada pula kutipan wawancara dengan Kim Kardashian, klip Steve Jobs, dan sedikit penutup dari Ye (diambil dari wawancara David Letterman 2019) tentang mendiang ibunya, Donda West.

Beberapa menit kemudian, Ye berbicara kepada hadirin. Pertama-tama, ia menentang bagaimana pers memperlakukan waktu mulai yang tertunda dari acara sebelumnya, sebelum melanjutkan ke sejumlah topik tambahan.

Ye juga berbicara tentang perampokan Kim di Paris dan bagaimana dia meminta jeda dalam jadwal turnya. Tetapi manajernya saat itu, Scooter Braun, menurut Ye, menyuruhnya untuk tetap berkegiatan sesuai jadwal.

3 dari 4 halaman

Pengaruh Paris

Mantan suami Kim Kardashian ini juga merefleksikan foto Tommy Ton yang ikonik dari 2009, serta rawat inapnya di 2016. "Kami memiliki saya, kami memiliki Shayne Oliver, kami memiliki anak-anak yang tidak berhasil masuk ke rumah. Kami memulai rumah kami sendiri," kata Ye pada Senin.

Kanye West melanjutkan, "Kami memang mengubah tampilan mode selama 10 tahun terakhir. Kami adalah jalanan. Kami adalah budayanya. Dan kami tidak akan diganggu atau diperlakukan berbeda dari Anda memperlakukan peragaan busana lainnya yang mungkin dimulai sedikit lebih lambat hanya untuk menyajikan ide terbaik kepada Anda."

Presentasi dilanjutkan dengan menampilkan paduan suara yang diselingi penampilan dari karya-karya terbaru YZY. Ye berbicara dengan Luke Leitch untuk obrolan yang diterbitkan Vogue, ia merefleksikan pentingnya peran Paris dalam karyanya, terutama saat membuat di ruang mode. "Paris adalah katedral mode yang tinggi," katanya kepada publikasi.

Menjelang peluncuran YZY SZN 9 pada Senin, Kanye West debut di runway sebagai bagian dari pertunjukan Balenciaga Spring/Summer 2023. Ia dan para model memeragakan busana dengan berjalan di runway berlumpur selama Paris Fashion Week pada Minggu, 2 Oktober 2022, waktu setempat.

4 dari 4 halaman

Tampil di Runway Berlumpur Balenciaga

Dikutip dari Insider, Senin, 3 Oktober 2022, menurut Vogue France, pertunjukan runway berlumpur Balenciaga itu berlangsung di Villepinte, sebuah wilayah administrasi terkecil di pinggiran Kota Paris. Nama-nama pesohor dunia, seperti Kylie Jenner, Naomi Campbell, dan Alexa Demie, bepergian ke kota itu untuk menghadiri presentasi unik dari rumah mode mewah tersebut.

Sebuah akun Instagram yang digambarkan sebagai "pendukung" Direktur Kreatif Balenciaga Demna Gvasalis, membagikan catatan dari sang desainer di Instagram pada Minggu, 2 Oktober 2022. Dalam catatan itu, Gvasalis menulis bahwa ia benci dilabeli, terlepas dari kenyataan bahwa dunia mode dan masyarakat "suka melakukan itu."

Sementara, para undangan ke runway show Balenciaga di Paris Fashion Week tersebut tidak hanya menerima dompet. Dalam dompet tersebut, mereka juga menemukan barang-barang milik orang lain.

Rapper berusia 45 tahun tersebut menampilkan topi baseball dan heavy-duty utility vest yang keduanya dihiasi dengan kata "Security." Belakangan dalam presentasinya, Bella Hadid dan model lain tampil dengan riasan yang membuat mereka terlihat "memar dan seperti dipukuli."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.