Sukses

Wajah Universal Studios Singapore Setelah 2 Tahun Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 meredupkan sektor pariwisata dunia, tak terkecuali Universal Studios Singapore (USS) di Singapura. Taman hiburan Universal Studios pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara itu sempat tutup akibat pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat.

Tapi kini, USS kembali dibuka dan menerima turis mancanegara. Liputan6.com atas undangan Agoda berkesempatan merasakan suasana liburan keluarga di Universal Studios pasca-pelonggaran protokol kesehatan di negeri singa. 

Sejak 29 Agustus 2022, warga diperbolehkan tidak memakai masker baik di dalam maupun kegiatan luar ruangan di Singapura. Namun, aturan itu masih diwajibkan di transportasi umum dan rumah sakit. Kini juga tak ada lagi kewajiban karantina bagi pelancong masuk Singapura yang belum mendapat dua vaksin Covid-19.

Akses menuju USS sangat mudah mengingat  transportasi umum di Singapura sangat lancar dan terintegrasi. Dari pusat kota menuju Pulau Sentosa, Anda dapat memilih salah satu dari tiga moda transportasi yakni lewat Sentosa Board Walk, Sentosa Express, dan mobil atau taksi. Khusus Sentosa Express, layanan monorail ini gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun. 

Untuk naik Monorail, hanya perlu menempelkan kartu MRT di pintu masuk dan keluar. Waktu perjalanannya hanya lima menit dari Stasiun MRT Harbourfront menuju Pulau Sentosa tempat USS berada.

Jam buka USS adalah pukul 11.00 hingga 06.00 sore dengan tiket seharga 81 dolar Singapura atau sekitar Rp850 ribu. Memasuki area USS sekitar pukul 11.30, terlihat sudah banyak sekali turis yang berswafoto di depan bola dunia yang ikonik dan bertuliskan Universal. Selanjutnya, mereka akan masuk dengan tiket diperiksa petugas di gerbang depan.

Tak ada pemeriksaan masker ataupun tas oleh petugas. Meski tak ada kewajiban masker dan jaga jarak, hampir di tiap sudut wisata terdapat hand sanitizer dan tempat cuci tangan dan tempat isi ulang minum bagi pengunjung. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Atraksi Spesial

Gerbang khusus bertuliskan Halloween Horror Night langsung menyambut kami begitu masuk. Ya, gerbang itu menandai program spesial USS untuk menyambut Halloween di Oktober 2022. Mereka akan menggelar atraksi  Halloween Horror Nights mulai 30 September---5 November 2022.

Nantinya, pengunjung USS bisa merasakan angkernya Halloween di rumah hantu seperti Killustrator: The Final Chapter, Operation: Dead Force dan Hospitality of Horror.  Tak hanya rumah hantu, Halloween Horror Nights juga menawarkan kegiatan uji nyali di scare zones Dark Zodiac atau The Hunt for Pontianak, permainan laser tag melawan para villain di Escape the Breakout, hingga makan malam bersama para arwah di Die-ning with the Dead.

Usai memasuki gerbang “Halloween”, Liputan6.com berkeliling untuk melihat berbagai wahana menarik. Wahana yang tak boleh dilewatkan para pengunjung di antaranya adalah Transformers, Battlestar Galactica: HUMAN vs. CYLON roller coaster, Jurasic Park, hingga Revenge of the Mummy. Wahana tersebut telah dipenuhi orang yang mengantre ingin menjajal keseruan berbagai wahana.

 

 

3 dari 4 halaman

Membangkitkan Memori

Sayang, salah satu wahana yang menjadi favorit, yakni Madagascar, saat ini masih dalam perbaikan. Namun, anak-anak tetap bisa bertemu tokoh Madagscar dan berjoget serta foto bersama di acara meet and greet yang ada setiap hari. Jangan lupa mengecek jamnya yang digelar 3--4 kali setiap harinya.

Saya ikut mencoba wahana Transformers. Setelah menunggu sekitar 30 menit, saya dan rombongan memasuki ruangan untuk menikmati film dengan menggunakan kacamata 4D.

Seluruh tubuh merasakan sensasi gerakan perang bersama robot raksasa yang sangat seru. Rasanya kita seperti diajak ikut berperang bersama kawanan robot. Meski durasi relatif singkat, yakni sekitar 10 menit, suasana berjalan dan berperang bersama Transformer benar-benar tak dapat dilupakan.

Tak hanya wahana seru seperti Battlestar Galactica: HUMAN vs. CYLON roller coaster yang sangat seru dan menegangkan, pengunjung USS juga banyak yang datang untuk berburu spot foto Instagramable. Foto dengan latar tempat ikonik seperti Hollywood, latar keren di broadway New York, hingga foto bersama Firaun dan para dinosaurus di Jurasic Park.

4 dari 4 halaman

Harga Khusus

Ah ya, jangan lewatkan juga untuk berfoto dengan latar kastil indah dan juga tokoh favorit seperti Minion hingga Hello Kitty. Para orangtua yang membawa anak-anak balita bersemangat mengambil foto anak mereka dengan tokoh favorit. Tak heran, antrean untuk berfoto bersama Minion, Hello Kitty hingga Sesame Street juga tak kalah panjang dengan antrean menuju wahana-wahana.

Tiket masuk taman hiburan ini bisa pula dipesan di Agoda. Selain itu, tersedia akomodasi ramah keluarga untuk menambah kenyamanan liburan Anda selama di Singapura. Situs pemesanan itu saat ini sedang menawarkan harga khusus dengan kode promo VISITSG8 selama pemesanan sekarang hingga 31 Maret 2023. 

Dengan berbagai protokol kesehatan ketat sudah dilonggarkan, Singapura bisa jadi tempat liburan berbeda di akhir tahun. Sejak 29 Agustus 2022, Singapura membebaskan turis asing dari kewajiban karantina. Setibanya di Bandara Changi, saya bersama rombongan tak lagi dicek status vaksinasinya. Kami juga tak lagi diminta bermasker baik di dalam maupun luar ruangan. (Delvira Hutabarat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.