Sukses

Masa Berkabung Selesai, Raja Charles III Ganti Foto Profil di Media Sosial Keluarga Kerajaan Inggris

Tidak hanya di akun media sosial keluarga Kerajaan Inggris terkait Raja Charles III, sedikit perubahan juga tampak untuk Pangeran William dan Kate Middleton.

Liputan6.com, Jakarta - Era baru untuk Kerajaan Inggris sepeninggal Ratu Elizabeth II kian terasa. Pada Selasa, 27 September 2022, seiring berakhirnya masa berkabung resmi mendiang Ratu, foto profil untuk akun Keluarga Kerajaan di Instagram, Twitter, dan Facebook diubah untuk mencerminkan Raja Charles III dan Permaisuri Camilla.

Melansir People, Rabu (28/9/2022), foto profil baru menunjukkan pasangan itu menatap lurus ke depan, medali militer Raja dipasang di dada kiri. Gambar itu diambil di Balmoral War Memorial di Skotlandia pada Mei 2020, pada peringatan 75 tahun Hari VE, ketika Pasukan Sekutu menerima penyerahan Nazi Jerman, penanda akhir Perang Dunia II.

Foto profil di akun Instagram dan Twitter Pangeran dan Putri Wales, yang kini digunakan Pangeran William dan Kate Middleton, juga diperbarui. Foto candid menunjukkan bangsawan senior tertawa bersama di tebing Irlandia beberapa tahun lalu.

Ini adalah gambar yang sama yang sebelumnya digunakan sebagai avatar di halaman Duke dan Duchess of Cambridge. Juga kemarin, Selasa, 27 September 2022, keluarga Kerajaan Inggris merilis pernyataan menyentuh di akhir masa berkabung resmi bersama salah satu foto aksesi resmi Ratu Elizabeth II yang diambil pada 1952.

"Periode berkabung kerajaan setelah kematian Yang Mulia Ratu Elizabeth kini telah berakhir," kata pernyataan itu. "Akun ini akan terus mencerminkan karya Raja, Permaisuri, dan anggota keluarga kerajaan lainnya, serta mengenang kehidupan dan karya Ratu Elizabeth."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simbol Baru Kerajaan Inggris

Kendati masa berkabung nasional untuk mendiang Ratu Elizabeth II berakhir di Inggris pada 20 September 2022, keluarganya tetap berkabung selama tujuh hari setelah pemakaman kenegaraan Ratu, awal pekan lalu. Ini merupakan permintaan langsung dari Raja Charles III.

Anggota Staf Rumah Tangga Kerajaan, perwakilan terkait dan pasukan dengan tugas seremonial, juga menghormati periode duka ini, kata Istana Buckingham. Bendera di atas kediaman kerajaan, seperti Istana Buckingham dan Kastil Windsor, dikibarkan kembali ke puncak tiang untuk pertama kalinya sejak Ratu Elizabeth meninggal.

Langkah ini menandai dimulainya kembali rutinitas kerajaan. Bersamaan dengan itu, Raja Charles III juga telah mengumumkan lambang barunya. Simbol kerajaan baru Raja telah diungkap Istana Buckingham saat Charles memulai minggu ketiga penuhnya sebagai kepala negara.

Monogram menunjukkan mahkota di atas inisial pertamanya "C" terjalin dengan "R" untuk Rex (Latin untuk Raja, secara tradisional digunakan untuk raja sejak abad ke-12), dengan "III" di dalam "R." Ini akhirnya akan menggantikan lencana "ERII" Ratu Elizabeth II sebagai simbol Raja Inggris.

3 dari 4 halaman

Perubahan Bertahap

Beberapa dari perubahan ini akan dilakukan secara bertahap, kata pejabat istana, tapi penerapannya akan mulai dilakukan pada cap pos semua surat yang meninggalkan Istana Buckingham terhitung Selasa, 27 September 2022. Simbol itu akan terlihat pada dokumen negara dan akhirnya di kotak surat merah yang sudah dikenal di sekitar Inggris.

Simbol juga akan digunakan departemen pemerintah Inggris pada surat mereka. Simbol baru adalah milik pribadi raja berusia 73 tahun tersebut yang secara resmi mengakhiri masa berkabung kerajaan untuk Ratu Elizabeth II pada Senin, 26 September 2022, bersama anggota keluarga kerajaan dan rumah tangga kerajaan lain.

Ia memilih desain dari beberapa yang dibuat ahli lambang istana, College of Arms. Raja sudah mengadaptasi tanda tangan baru, menandatangani namanya sebagai "Charles R" pada dokumen resmi, serta catatan yang ditinggalkan di atas peti mati Ratu Elizabeth II selama upacara pemakamannya.

Selama masa pemerintahannya yang bersejarah, mendiang Ratu telah menandatangani komunikasi resmi sebagai "Elizabeth R." Ketika digunakan Ratu, "R" adalah singkatan dari "Regina," atau "Ratu" dalam bahasa Latin.

4 dari 4 halaman

Simbol Berbeda untuk Skotlandia

Raja, yang sedang berada di Skotlandia, juga memiliki versi simbol sedikit berbeda untuk digunakan di wilayah itu, yaitu menampilkan penggambaran Mahkota Skotlandia. Sekarang, Raja Charles dan Permaisuri Camilla tengah dijadwalkan mengikuti periode acara dan upacara publik yang sangat sibuk di Skotlandia.

Pada Minggu, 25 September 2022, waktu setempat, Raja Charles dan Permaisuri Camilla menuju Crathie Kirk, dekat Balmoral, untuk kebaktian gereja saat mereka melanjutkan masa tinggal di Skotlandia. Pekan lalu, kantor Raja merilis sebuah foto yang menunjukkan ia di meja mahoni di ruang Delapan Belas Istana Buckingham.

Di potret itu, Charles terlihat menangani dokumen-dokumen yang dikirimkan padanya setiap hari melalui kotak merah diplomat. Di belakang Charles adalah foto hitam putih mendiang orangtuanya, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip. Foto itu diberikan pasangan Elizabeth dan Philip pada ayahnya, Raja George VI, untuk Natal pada 1951, musim liburan terakhir sebelum dia meninggal pada Februari 1952.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.