Sukses

Pengalaman Wisata Baru di Hong Kong, Jelajah Seni Budaya hingga Luar Ruang Seru

Kampanye "360 Hong Kong Moments" mempromosikan pariwisata Hong Kong dengan empat kategori pengalaman wisata baru.

Liputan6.com, Jakarta - Petualangan berbeda dalam berwisata kembali dihadirkan Hong Kong melalui kampanye teranyar "360 Hong Kong Moments". Adapun kampanye tersebut memperkenalkan empat kategori wisata baru, yakni "Seni dan Budaya, "Belanja, Bersantap, Menginap", "Jelajah dan Atraksi", serta "Luar Ruang Seru".

"Hong Kong memiliki banyak "harta karun" yang masih menunggu untuk ditemukan," kata Regional Director Southeast Asia Hong Kong Tourism Board Raymond Chan soal wisata baru ini saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis, 22 September 2022.

Raymond menambahkan selama tiga tahun terakhir Hong Kong memiliki banyak perkembangan dan pengalaman baru. Kota yang dijuluki Pearl of the Orient ini menyuguhkan infrastruktur seni, eksplorasi, atraksi, serta tempat hangout baru.

"Saya rasa banyak wisatawan Indonesia yang sangat merindukan Hong Kong. Memanfaatkan kampanye ini, kami berharap dapat berbagi lebih banyak pengalaman baru bagi semua wisatawan Indonesia untuk dimasukkan ke dalam bucketlist, sehingga ketika mereka kembali ke Hong Kong, mereka benar-benar memiliki lebih banyak pengalaman," terang Raymond.

Manager Trade Representative Hong Kong Tourism Board Indonesia Fajar Intan menjelaskan masing-masing detail dari empat kategori wisata baru yang diusung dari kampanye "360 Hong Kong Moments". Ini adalah langkah pihaknya memberi perkembangan terbaru untuk pasar Indonesia.

1. Seni dan Budaya

"Hong Kong dikenal sebagai destinasi seni dan budaya, suatu area yang dikenal dengan West Kowloon Cultural District, ialah area lahan reklamasi seluas 40 hektare yang pengerjaannya itu kurang lebih 20 tahun. Di West Kowloon Cultural District ada Hong Kong Palace Museum, Art Park, M+, Xiqu Centre," kata Fajar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pameran hingga Museum

Fajar menjelaskan, di Xiqu Centre, wisatawan dapat menyaksikan opera Kanton sembari menyantap dimsum dan menikmati teh. Sedangkan M+ adalah museum global kontemporer pertama di Asia.

"Paling menarik itu layar fasadnya paling tinggi sedunia 65 meter, museum interaktif karena di dalamnya banyak sekali hal-hal yang ditemukan di sini. Seniman Yayoi Kusama akan mengadakan pameran "1945 to Now" mulai dari November 2022 sampai Mei 2023," tambahnya.

Berlanjut Hong Kong Palace Museum yang menampilkan banyak artefak dari Beijing Palace Museum. Ada sebanyak 900 artefak yang dipinjamkan di Hong Kong Palace Museum. "Dengan 166 artefak di dalamnya yang tidak pernah ditampilkan sebelumnya di publik," ungkap Fajar.

Ada pula West Kowloon Promenade atau Art Park, tempat wisatawan dapat bersantai luar ruangan. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan, piknik, dan menyewa sepeda.

2. Belanja, Bersantap, Menginap

Central Market menjadi salah satu lokasi yang direkomendasi dari wisata baru di kampanye ini. Fajar menjelaskan pasar basah pertama yang ada di Hong Kong ini pertama kali dibuka pada 1842 silam.

Di kawasan ini juga direkomendasi beberapa tempat, mulai dari tempat makan, seperti Dining Ground, I-O-N Cafe Bistro, hingga Mak's Beer. "Yang kita highlight Slowood, bagi yang suka dengan environmentally friendly stuff bisa dapat barang-barang ramah lingkungan di sini," kata Fajar.

Lokasi lainnya adalah HK Tram Store, wisatawan dapat menemukan barang-barang dan makanan tradisional Hong Kong atau mencari rekaman vinyl. Restoran menarik lain adalah JAJA, yang menawarkan makanan vegetarian yang terletak di dalam creative hub Hong Kong Art Centre.

Restoran ini hadir dengan desain interior dan kreasi hidangan yang Instagrammable. Wisatawan juga bisa berkunjung ke South Herbal Lab, kafe herbal China berkonsep fusion yang terkenal dengan liang cha.

3 dari 4 halaman

3. Jelajah dan Atraksi

"Hong Kong dikenal sebagai tempat atraksi internasional yang bisa dikunjungi. Kita ada Water World Ocean Park ada 27 atraksi seru. Juga ada Rainbow Rush yang terkenal sekali dengan kurang lebih kita akan turun 100 meter dalam waktu 10 detik saja," tutur Fajar.

Bagi yang akan berkunjung ke atraksi ini, Fajar merekomendasikan The Fullerton Ocean Park Hotel Hong Kong yang baru diresmikan pada 18 Juli 2022. "Resmi akan dibuka akhir 2022. Yang menarik resort Fullerton pertama di dunia yang juga Fullerton pertama di Hong Kong dengan 425 kamar," tambahnya.

Berlanjut dengan atraksi LEGOLAND Discovery Centre yang terletak di K11 MUSEA, LEGOLAND indoor dengan 10 area bermain bertema LEGO. 1,5 juta LEGO di miniland menampilkan landmark terkenal dan pemandangan jalan di Hong Kong.

Wisata ikonis lainnya adalah Peak Experience yang dikatakan Fajar baru dibuka kembali setelah menambah okupansi dari 125 penumpang sekarang sudah bisa memuat 210 penumpang. Warnanya juga diubah dari merah menjadi warna hijau.

"Kita juga bisa main di monopoli pertama di dunia, lalu bisa berfoto-foto di Madame Tussauds Hong Kong," lanjutnya.

Atraksi lain yang tentunya begitu populer adalah Hong Kong Disneyland - Castle of Magical Dreams. "Pastinya ini yang ditunggu-tunggu juga, Hong Kong Disneyland," katanya. "Apalagi pada 2020 kemarin, mereka baru saja selesai renovasi Castle of Magical Dreams yang juga menggantikan Sleeping Beauty Castle, malam harinya akan ada lampu-lampu LED yang memperlihatkan karakter dari Disney dan Pixar."

4 dari 4 halaman

4. Luar Ruang Seru

"Pasti orang-orang mengiranya Hong Kong cuma dikenal sebagai destinasi metropolitan dengan gedung-gedung tinggi, padahal sebenarnya Hong Kong banyak sekali lebih dari itu. Di Hong Kong bisa berkegiatan seperti snorkeling sampai hiking," ungkap Fajar.

Untuk aktivitas luar ruang seru, Fajar merekomendasikan lokasi hiking berdasarkan kategori, yakni Lau Shui Heung Reservoir Hike (untuk pemula), Tai Tam Reservoir Hike (untuk menengah), dan Wilson Trail - Pat Sin Leng (untuk berpengalaman). "Tempat yang mau kita rekomendasikan berikutnya adalah Sai Kung," kata Fajar.

"Ini adalah Hong Kong UNESCO Geopark yang menariknya jangan lupa mencicipi seafood-nya yang autentik karena masih fresh dan cocok dinikmati siapa saja. Juga ada hexagonal volcanic rocks yang sudah ada lebih dari 140 juta tahun lalu," tambah Fajar.

Dari Sai Kung, ia merekomendasikan pilihan menginap di WM Hotel Sai Kung. Hotel ini terletak di garis pantai Sai Kung dengan pemandangan laut yang cantik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.