Sukses

Makna Spesial Busana Meghan Markle di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Liputan6.com, Jakarta - Lewat penampilannya, Meghan Markle memberi penghormatan pada Ratu Elizabeth II dengan lebih dari satu cara. Ini termasuk pilihan fesyennya saat menghadiri pemakaman kenegaraan mendiang Ratu pada Senin, 19 September 2022, waktu Inggris.

Duchess of Sussex terlihat memakai satu set anting mutiara dan berlian yang dihadiahkan padanya oleh Yang Mulia menjelang outing solo pertama dengan Pangeran Harry pada 2018. Sementara, gaun jubah hitam rancangan Stella McCartney yang dipakainya mungkin akrab bagi penggemar kerajaan, melansir Page Six, Selasa (20/9/2022).

Pasalnya, perempuan berusia 41 tahun itu sudah lebih dulu mengenakan tampilan versi biru laut gaun itu ke konser ulang tahun ke-92 Ratu di Royal Albert Hall pada April 2018. Sekarang, ia memilih mengenakan gaya yang sama dalam warna hitam untuk mengucapkan selamat tinggal terakhirnya pada Ratu.

"Seluruh penampilannya adalah tentang Ratu hari ini. Berbicara tentang jadi bijaksana," kicau seorang penggemar. Ansambel ramping juga mematuhi aturan berpakaian pemakaman, yang menyerukan gaun atau mantel selutut hitam, bersama topi hitam dan veil sebagai pilihan opsional.

Sementara, hiasan kepala bertepi lebar Meghan tidak termasuk veil, kakak iparnya, Kate Middleton, memakai item tersebut. Meghan, seperti Putri Wales, tidak bergabung dengan suami mereka dalam rombongan iring-iringan yang berjalan di prosesi pemakaman Ratu.

Kate Middleton dan Meghan Markle bergabung kembali dengan anggota Kerajaan Inggris di Westminster Abbey untuk upacara pemakaman Ratu Elizabeth II.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Busana Sebelumnya

Sebelumnya, Meghan Markle bergabung dengan suaminya, Pangeran Harry, dan keluarga Kerajaan Inggris di Istana Westminster untuk memberi penghormatan pada mendiang Ratu Elizabeth II, pekan lalu. Seperti yang lain, Duchess of Sussex berpakaian hitam dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Sementara busananya tidak begitu mencolok, simbol di sol sepatunya telah menyebabkan kegemparan online. Melansir The Sun, orang-orang dilaporkan ingin mengetahui apa artinya.

Ketika membungkuk ke peti mati Ratu saat keluar dari kebaktian, simbol itu terlihat jelas. Para fashionista pun mengenalinya sebagai tanda perancang busana kelas atas, Paul Andrew. Simbol itu menampilkan huruf P dan A yang ditulis di atas satu sama lain.

Diyakini istri Pangeran Harry itu memakai sepatu hak Pump it Up yang juga dikenakannya untuk tugas kerajaan di Irlandia, beberapa tahun lalu. Sementara tidak jelas berapa harga sepatu hak tinggi Meghan, item serupa dalam koleksi Paul dijual senilai enam ratus pound sterling (sekitar Rp10 juta).

3 dari 4 halaman

Kate Middleton

Di sisi lain, Kate Middleton juga memberi penghormatan pada mendiang Ratu Elizabeth II melalui penampilannya. Putri Wales memasangkan kalung mutiara dan berlian dengan pakaian serba hitam saat tiba di Westminster Abbey bersama Pangeran George dan Putri Charlotte, Senin, 19 September 2022.

Sebelumnya, Kate telah memakai kalung yang sama untuk pemakaman Pangeran Philip pada 2021, menambahkan satu set anting mutiara yang serasi dari koleksi warisan Ratu. Kalung mutiara dan berlian tersebut juga sempat dikenakan mendiang ibu mertua Kate, Putri Diana.

Semasa hidup, Ratu juga sering mengenakan kalung tersebut selama tahun 1980-an. Ratu Elizabeth II juga pernah meminjamkan kalung empat untai itu pada Putri Diana untuk jamuan kenegaraan di Belanda pada 1982.

Melengkapi pakaian berkabungnya, ibu tiga anak ini memilih topi hitam chic dengan detail jaring di bagian depan. Pemakaman, yang dimulai pukul 11 pagi waktu London, dilakukan setelah jutaan pelayat memberi penghormatan pada Ratu selama tujuh hari terakhir.

4 dari 4 halaman

Lambang Pakaian Pemakaman Kerajaan Modern

Mengutip The Sun, Raja Charles III memimpin keluarganya berbaris di belakang peti mati Ratu Elizabeth II ketika dipindahkan dari Westminster Hall ke Westminster Abbey untuk upacara pemakaman. Ia berjalan dengan saudara perempuannya, Putri Anne, Duke of York, dan Earl of Wessex.

Lalu, di belakang kuartet ada cucu Ratu: Peter Phillips, Duke of Sussex, dan Pangeran Wales. Mereka diikuti menantu- menantu Ratu, Wakil Laksamana Sir Tim Laurence, Duke of Gloucester, sepupu Ratu, dan keponakannya, Earl of Snowdon.

Raja Charles III mengenakan seragam seremonial penuh medali, membawa tongkat beludru merah, serta emas Field Marshal Baton yang diberikan Ratu padanya pada 2012. Sementara Pangeran Edward, Putri Anne, dan Pangeran William memakai seragam militer dan medali.

Para keluarga perempuan mengenakan gaun hitam dan topi formal, sedangkan pria biasanya mengenakan mantel hitam. Hitam merupakan lambang pakaian pemakaman kerajaan modern, begitu pun selama pemakaman Putri Diana pada 1997.

Potret memilukan Pangeran Philip; Pangeran William; saudara laki-laki Diana, Charles Spencer; Pangeran Harry; dan Pangeran Charles berjalan di belakang peti mati dengan setelan gelap merupakan salah satu foto yang paling banyak dirujuk sejarah kerajaan kontemporer.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS