Sukses

Diimbau Tetap Buka, Sebagian Besar Restoran di Inggris Memilih Tutup saat Pemakaman Ratu Elizabeth II

Semua restoran di Inggris termasuk McD akan ditutup pada Senin hingga sore, untuk memungkinkan semua orang memberi penghormatan pada Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas London mengimbau bisnis tetap buka saat pemakaman Ratu Elizabeth II hari ini, Senin (19/9/2022). Meski begitu, jaringan restoran cepat saji McDonald’s (MdD) justru menutup 1.200 restoran di seluruh Inggris saat pemakaman Ratu Elizabeth II.

"Semua restoran Inggris kami akan ditutup pada Senin hingga pukul 5 sore, untuk memungkinkan semua orang di McDonald's memberi penghormatan kepada Yang Mulia Ratu Elizabeth II," tulis perusahaan itu seperti dikutip dari CNN Business, Senin (19/9/2022). McD mengingatkan bahwa jam operasi dan layanan dapat bervariasi di tiap wilayah setelah mereka buka kembali Senin malam.

Restoran cepat saji itu pun mengimbau pelanggan bisa mengecek informasi lebih lanjut via aplikasi. Sementara jaringan restoran Fridays mengatakan akan tutup pada pukul 3 sore, untuk "merefleksikan pemerintahan Yang Mulia Ratu Elizabeth II dan mengamati momen penting dalam sejarah ini".

Selain restoran, pasar keuangan, bursa efek, hingga bank juga akan tutup. Pertandingan olahraga termasuk sepak bola yang sedianya berlangsung hari ini juga ditunda.

Inggris sendiri menetapkan 19 September, hari pemakaman Sang Ratu, sebagai hari libur nasional. Sejumlah pengecer dan restoran telah mengumumkan bahwa mereka tutup pada hari itu, termasuk Greggs, Harrods, John Lewis, Marks and Spencer (M&S), Asda dan Primark.

M&S mengatakan akan menutup toko dan menghentikan pengiriman ke pelanggan, untuk memungkinkan karyawan memberikan penghormatan. "Kami di M&S dan tentunya di seluruh negeri dan di luar negeri merasakan rasa kehilangan, kesedihan yang nyata dan mendalam atas wafatnya Yang Mulia, serta rasa hormat yang besar atas rahmat yang dengannya Yang Mulia Raja Charles III serta keluarga kerajaan yang lebih luas telah memimpin bangsa ini dalam duka kami," kata Stuart Machin, chief executive M&S, dilansir dari The National News 16 September 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengheningkan Cipta 1 Menit

Di hari pemakaman, seluruh warga Inggris akan diminta diam di depan pintu rumahnya demi penghormatan terakhir.  Melansir Metro UK, warga Inggris akan mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengingat Ratu Elizabeth II.

Mereka akan diminta berdiri di depan pintu rumah atau jalanan di mana mereka berada. Bukan itu saja, pihak kerajaan juga akan mengadakan kebaktian refleksi di dekat Falkirk, Skotlandia, pada pukul 19.30 waktu setempat.

Sementara itu, antrean panjang untuk melihat peti mati Ratu Elizabeth II ditutup pada Sabtu malam, 17 September 2022. Pada saat orang terakhir meninggalkan Westminster Hall pada pukul 6.30 pagi, Minggu, 18 September 2022, lebih dari 400.000 orang dengan setia menerjang penantian.

Dikutip dari The Sun, Senin (19/9/2022), puluhan ribu orang bertekad untuk memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II bergabung Sabtu. Ini dilakukan meskipun ada peringatan mereka bisa berada di sana 14 jam.

Semuanya dimulai pada jam 5 sore pada Rabu, 14 September 2022. Meskipun pelayat pertama, Vanessa Nanthakumaran dari Harrow, London Barat Laut, memulainya pada Senin siang, 12 September 2022 di Lambeth Bridge sebelum titik awal resmi terungkap.

3 dari 4 halaman

Ucapkan Selamat Tinggal

Pada Sabtu, 17 September 2022 sekitar 109 jam kemudian, "The Queue E2" antrean yang telah membentang sejauh lima mil, dengan menunggu hingga 24 jam tidak ada lagi. Para pejabat mengatakan mereka telah membiarkannya terbuka "selama mungkin" untuk memberi sebanyak mungkin orang kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal.

Di antara orang banyak yang tiba kemarin adalah mantan Staf Insinyur Kerajaan Sersan Craig Taylor-Hinds dan keluarga, dari Aylesford, Kent. Mereka naik kereta pukul 5 pagi untuk mencapai titik awal lebih awal di Southwark Park di London Tenggara.  Craig, yang mengenakan medali kampanyenya, bersama rekannya Tracie, anak-anaknya Evie, Ava, dan Henry, yang mengenakan seragam sekolah mereka. "Anak-anak ingin terlihat sepandai mungkin untuk Ratu," katanya.

Penata rambut Claire Phillips juga bepergian dengan kereta pagi dengan anak-anaknya Florrie dan Maisie, dan temannya Ally Parks dengan putrinya yang berusia 13 tahun, Lexi. "Suami saya mengira kita semua gila, tetapi ini adalah momen sejarah yang akan kita semua ingat seumur hidup," kata Claire dari Bournemouth.

4 dari 4 halaman

Proses Pemakaman

Sedangkan untuk proses pemakaman, akan dipimpin oleh Raja Charles dan Permaisuri Camilla serta diikuti oleh bangsawan senior. Peti mati Ratu Elizabeth II akan tiba di gerbang barat Westminster Abbey pukul 10.52. Pasukan pembawa akan membawa peti mati ke Abbey, lokasi yang juga merupakan tempat pernikahan Ratu pada 1947 dan penobatannya enam tahun kemudian.

Prosesi 84-strong kemudian akan mengikuti peti mati di dalam, termasuk pembawa bendera, pengusung jenazah, pemimpin agama dan 18 anggota keluarga Ratu. Raja dan Permaisuri akan berjalan tepat di belakang peti mati.

Mereka akan diikuti oleh Putri Anne, suaminya Wakil Laksamana Sir Tim Laurence, Pangeran Andrew, dan Earl dan Countess of Wessex. Anggota keluarga lain yang tidak berada dalam prosesi pertama, termasuk George dan Charlotte kemudian akan bergabung di pintu Abbey. Charlotte akan berjalan di belakang ibunya dan di depan Meghan.

Di sisi kanan Charlotte adalah George yang akan berada di belakang ayahnya dan di depan pamannya Harry. Seluruh upacara pemakaman akan ditayangkan secara langsung di televisi kepada sekitar empat miliar orang di seluruh dunia. 2.000 pelayat di dalamnya termasuk kepala negara, bangsawan asing dan hampir 200 pekerja kunci dan sukarelawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.