Sukses

Pangeran George dan Putri Charlotte Bakal Hadir di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pangeran George dan Putri Charlotte akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II hari ini, Senin (19/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran George dan Putri Charlotte akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II hari ini, Senin (19/9/2022). Momen ini sekaligus menjadi kesempatan dua buah hati Pangeran William itu untuk mengucapkan salam perpisahan kepada nenek buyut yang mereka panggil "Gan-Gan".

Dikutip dari The Sun, Senin (19/9/2022), keikutsertaan Pangeran George dan Putri Charlotte diyakini adalah ide dari kedua orangtuanya, Pangeran William dan Kate Middleton yang meyakini pentingnya kehadiran buah hati mereka di acara bersejarah tersebut. George dan Charlotte akan menjadi pelayat termuda di pemakaman kenegaraan nenek buyut mereka di Westminster Abbey.

Keduanya akan berjalan di belakang orangtua mereka dan di depan Pangeran Harry dan Meghan Markle saat mereka mengikuti peti mati Ratu. Detail baru dari upacara tersebut dirilis tadi malam, bersama dengan foto Ratu yang tersenyum yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Sebelum kebaktian, bel tenor akan dibunyikan setiap 60 detik selama 96 menit. Adapun jumlah tersebut senada dengan tahun hidup Ratu Elizabeth II.

Terungkap peti mati Ratu akan dibawa dengan Kereta Senjata dari Westminster Hall yang akan berangkat pukul 10.44 pagi waktu setempat setelah Lying-in-State di sana selama empat hari. Prosesi akan dipimpin oleh Raja Charles dan Permaisuri Camilla serta diikuti oleh bangsawan senior.

Peti mati Ratu Elizabeth II akan tiba di gerbang barat Westminster Abbey pukul 10.52. Pasukan pembawa akan membawa peti mati ke Abbey, lokasi yang juga merupakan tempat pernikahan Ratu pada 1947 dan penobatannya enam tahun kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosesi

Prosesi 84-strong kemudian akan mengikuti peti mati di dalam, termasuk pembawa bendera, pengusung jenazah, pemimpin agama dan 18 anggota keluarga Ratu. Raja dan Permaisuri akan berjalan tepat di belakang peti mati.

Mereka akan diikuti oleh Putri Anne, suaminya Wakil Laksamana Sir Tim Laurence, Pangeran Andrew, dan Earl dan Countess of Wessex. Anggota keluarga lain yang tidak berada dalam prosesi pertama -termasuk George dan Charlotte- kemudian akan bergabung di pintu Abbey.

Charlotte akan berjalan di belakang ibunya dan di depan Meghan. Di sisi kanan Charlotte adalah George yang akan berada di belakang ayahnya dan di depan pamannya Harry.

Keputusan terlambat dibuat untuk memasukkan George dan Charlotte, yang juga hadir bergandengan tangan dengan orangtua mereka di kebaktian syukur untuk Pangeran Philip pada Maret lalu. Nama mereka muncul dalam urutan layanan yang dicetak ulang oleh The Sun hari ini sehingga pembaca dapat mengikuti layanan bersejarah dari rumah.

3 dari 4 halaman

Upacara Pemakaman

Mereka juga disebut menghadiri kebaktian di Kapel St George di Kastil Windsor pada pukul 4 sore hari ini, tetapi belum disebutkan namanya pada pesanan yang dirilis tadi malam. Adik laki-laki mereka, Pangeran Louis, tidak akan ikut keduanya.

Seluruh upacara pemakaman akan ditayangkan secara langsung di televisi kepada sekitar empat miliar orang di seluruh dunia. 2.000 pelayat di dalamnya termasuk kepala negara, bangsawan asing dan hampir 200 pekerja kunci dan sukarelawan.

Mereka telah diminta untuk tidak mengambil foto atau video sementara aturan berpakaian baru yang santai memungkinkan perempuan untuk mengenakan setelan celana panjang. Mereka yang bertugas di Angkatan Bersenjata diharuskan mengenakan seragam upacara, dengan pita berkabung, tetapi tidak boleh membawa pedang.

Harry dan Andrew tidak dapat mengenakan seragam militer setelah gelar mereka dilucuti. Layanan ini akan dimulai pada 11 pagi waktu setempat. Prosesi akan dipimpin oleh Pendeta David Hoyle, Pejabat Tinggi Gereja Westminster.

4 dari 4 halaman

Rangkaian Prosesi

Paduan suara yang ditugaskan secara khusus yang disebut "Like as the hart" akan dilakukan sebelum PM Liz Truss memberikan pembacaan. Itu akan diikuti oleh himne, "The Lord's my Shepherd" yang dinyanyikan pada pernikahan Ratu dengan Pangeran Philip pada 1947.

Pada pukul 11.55, Last Post akan dibunyikan oleh State Trumpeters, diikuti dengan hening selama dua menit di seluruh Inggris. God Save The King akan dinyanyikan sebelum ratapan, dimainkan oleh Queen's Piper, mengakhiri kebaktian sekitar pukul 12 siang.

Prosesi pemakaman kemudian akan berjalan lambat dan suram melalui London melewati ribuan simpatisan yang berduka di Istana Buckingham dan ke Wellington Arch. Tadi malam, foto Ratu tersenyum yang belum pernah dilihat sebelumnya dirilis oleh keluarga kerajaan pada malam pemakamannya.

Ratu terlihat mengenakan Bros Klip Aquamarine-nya, hadiah pada ulang tahunnya yang ke-18 oleh ayahnya, Raja George VI. Potret tersebut diambil pada Mei 2022 sebagai koleksi yang menandai perayaan Platinum Jubilee-nya telah melayani selama 70 tahun memegang takhta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.