Sukses

Kontes Miss Universe 2022 Dikabarkan Ditunda hingga 2023

Jika kabar Miss Universe 2022 benar ditunda, ini akan memperpanjang masa tugas Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu.

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan kontes kecantikan Miss Universe 2022 dikabarkan bakal ditunda. Kemungkinan, pemenang tahun ini akan dinobatkan pada paruh pertama 2023, seperti kabar yang dikonfirmasi sumber kepada The National.

Dikutip dari The National, Jumat (9/9/2022), pengumuman resmi terkait kabar penundaan ajang ratu kecantikan sejagat ini bakal segera disampaikan. Disebutkan pula ada kemungkinan dua kontes Miss Universe akan diadakan tahun depan, dengan pemenang 2023 dinobatkan di akhir tahun.

Sebuah memo internal yang dikirim ke direktur nasional dan dilihat oleh harian Puerto Rico El Vocero de Puerto Rico hanya berbunyi, "Kami akan mengadakan acara Miss Universe pada kuartal pertama 2023, kami akan segera mengumumkannya."

Berita itu secara efektif memperpanjang masa tugas Harnaaz Sandhu dari India. Ia sebelumnya dinobatkan sebagai Miss Universe 2021 pada Desember 2021 lalu.

Tetapi gelar Miss Universe yang paling lama dipegang oleh Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan, yang memenangkan kontes pada 2019. Tunzi mengemban tugasnya selama 525 hari setelah kontes 2020 dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Tunzi menobatkan penggantinya Andrea Meza dari Meksiko pada Mei 2021. Momentum tersebut juga membuat Meza menjadi Miss Universe dengan jangka waktu terpendek dalam sejarah.

Meza mewariskan mahkotanya kepada Sandhu dalam sebuah kontes di Israel pada Desember tahun lalu setelah 211 hari. Lebih dari 50 negara, dari Inggris hingga Ukraina dan Guatemala hingga Ghana, telah menunjuk perwakilan mereka untuk Miss Universe ke-71.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Baru

Sementara, Miss Universe Bahrain akan diumumkan pada 11 September 2022, menurut penyelenggara. Pekan lalu, arsitek dan model Divita Rai dinobatkan sebagai Miss Universe India, atau yang lebih dikenal sebagai Miss Diva.

Pada Agustus 2022 lalu, dalam memo internal yang dilihat oleh The National, Organisasi Miss Universe mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha beradaptasi sesuai perkembangan zaman. Pihaknya menyebut bahwa langkah perubahan yang diambil mencerminkan komitmen mereka.

"Kita semua percaya bahwa perempuan harus memiliki hak pilihan atas hidup mereka dan bahwa keputusan pribadi manusia tidak boleh menjadi penghalang bagi kesuksesan mereka," demikian bunyi memo itu.

Aturan baru itu akan berlaku untuk kontes ke-72 Miss Universe yang akan berlangsung pada 2023 mendatang. Kontes preliminary berlangsung untuk Miss Universe 2022, yang akan diadakan akhir tahun ini.

Sebelumnya, hanya perempuan lajang berusia antara 18--28 tahun yang belum pernah menikah atau memiliki anak yang diizinkan untuk mendaftar. Namun, aturan baru itu tidak menjelaskan apakah kelompok usia kontestan akan tetap sama.

3 dari 4 halaman

Sejarah Tersingkat

"Organisasi Miss Universe selalu merupakan platform terbesar dan paling inovatif dari jenisnya dan sekarang akan lebih inklusif dan ramah bagi ibu dan perempuan yang sudah menikah. Bagi saya, ini selaras dengan apa yang telah saya perjuangkan, mematahkan stereotip dan menghilangkan pembelajaran stigma bahwa masyarakat lama telah memaksa kami dari beberapa dekade yang lalu," kata Josh Yugen, kepala eksekutif Yugen Group dan direktur nasional Miss Universe Bahrain kepada The National.

Pada 2021, Miss Universe Bahrain mengukir sejarah dengan memilih untuk berjalan di putaran baju renang dengan pakaian olahraga yang tertutup penuh. Manar Nadeem Deyani, seorang mahasiswa mode yang tinggal di Dubai, termasuk di antara 79 kontestan yang berpartisipasi pada kontes 2021.

Sejarah lainnya adalah masa tugas tersingkat Meza. Dilansir dari Metro, Senin, 13 Desember 2021, masa tugas Andrea sebagai Miss Universe selama tujuh bulan menjadi yang tersingkat dalam sejarah Miss Universe.

Meski begitu, ia tetap menjalankan perannya dengan penuh semangat untuk beragam kegiatan. Andrea bekerja amal dan bepergian ke Amerika Serikat, Puerto Riko, Afrika Selatan, Bahama, hingga Israel.

4 dari 4 halaman

Miss Universe 2021

Miss India Harnaaz Sandhu dinobatkan sebagai Miss Universe 2021 pada acara yang diadakan di Eilat di Israel. Puncak acara kontes kecantikan ke-70 ini berlangsung di Universe Dome, Port of Eilat di Eilat, Israel, Minggu, 12 Desember 2021, waktu setempat.

Miss Universe 2020 Andrea Meza memakaikan Harnaaz Sandhu mahkota kemenangan. Perempuan berusia 21 tahun ini sukses mengungguli dua kontestan di Top 3 Miss Universe 2021, yakni 1st Runner-Up Nadia Ferreira (Paraguay) dan 2nd Runner-Up Lalela Mswane (Afrika Selatan).

Salah satu jawaban kemenangan Sandhu di kontes itu adalah ketika dia dimintai nasihatnya untuk para remaja putri yang mengawasinya tentang menghadapi tekanan yang mereka hadapi saat ini. "Saya pikir tekanan terbesar yang dihadapi anak muda saat ini adalah untuk percaya pada diri mereka sendiri, untuk mengetahui bahwa Anda unik dan itulah yang membuat Anda cantik," katanya.

Sandhu menegaskan, "Berhentilah membandingkan diri Anda dengan orang lain dan mari kita bicarakan (tentang) hal-hal yang lebih penting yang terjadi di seluruh dunia. Saya pikir ini yang perlu Anda pahami. Keluarlah dan bicaralah sendiri karena Anda adalah pemimpin hidup Anda, Anda adalah suara Anda sendiri. Saya percaya pada diri saya sendiri, dan itulah mengapa saya berdiri di sini hari ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.