Sukses

Kondisi Kesehatan Ratu Elizabeth II Memburuk, Pangeran Harry Bergegas ke Kastil Balmoral Tanpa Meghan Markle

Semua anak Ratu Elizabeth II dan para cucu termasuk Pangeran Harry sudah berada di Kastil Balmoral.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II dikabarkan makin memburuk. Keluarga Kerajaan Inggris kini tengah berkumpul di Kastil Balmoral, Skotlandia, termasuk Pangeran Harry. Namun Harry tidak didampingi istrinya, Meghan Markle.

Melansir People, Kamis (8/9/2022), Harry diketahui sudah berangkat ke Skotlandia, tak lama setelah mendengar kabar kondisi kesehatan sang ratu menurun drastis. Namun Meghan tetap berada di London setelah acara yang akan dihadirinya diundur jadwalnya.

Begitu juga dengan Kate Middleton yang tetap berada di Inggris karena ketiga anaknya menjalani hari pertama masuk sekolah di hari ini, Kamis (8/9/2022). Sedangan Pangeran William dikabarkan sudah berangkat di Skotlandia. Seluruh anggota keluarga terdekat Ratu Elizabeth II telah diminta untuk berkumpul di Balmoral, setelah kondisi kesehatan sang ratu dikabarkan memburuk.

Semua anak Ratu Elizabeth II yaitu Pangeran Charles yang merupakan ahli waris takhta kerajaan Inggris, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward sudah berada di Kastil Balmoral. Ratu Elizabeth II memiliki empat anak, delapan cucu dan 12 cicit.

Sebelumnya, Pangeran Charles dikabarkan melakukan perjalanan ke Balmoral bersama istrinya, Duchess of Cornwall saat mengetahui kondisi ratu. The Duke of York and the Count and Countess of Wessex juga sedang melakukan perjalanan ke Skotlandia, sekitar 64 km barat Aberdeen.  Putri Anne juga berada di Skotlandia. 

Sementara itu, Ratu Elizabeth II dilaporkan sakit dan kini berada di bawah pengawasan medis. Saat ini ratu ada di Kastil Balmoral setelah dokter melakukan perawatan akibat masalah kesehatannya, demikian keterangan dari Istana Buckingham, Inggris.  "Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi hari ini, para dokter mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan dia untuk tetap berada di bawah pengawasan medis," kata seorang dokter dalam pernyataan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Melakukan Perjalanan

Ratu Elizabeth II sempat tidak terlihat di depan publik selama beberapa pekan. Namun, pada akhir Juni 2022 ia kembali tampil di muka umum. Ratu terlihat bahagia dengan membagikan senyum semringah saat melakukan tugas kerajaan di Skotlandia.

Istana Buckingham sebelumnya mengatakan bahwa Ratu, yang telah mengalami masalah mobilitas selama beberapa bulan terakhir, mungkin tidak bisa lagi melakukan perjalanan. Namun, penggemar kerajaan terkejut sekaligus gembira setelah video Ratu Elizabeth II turun dari kereta di Edinburgh tanpa bantuan, dibagikan oleh media sosial resmi Kerajaan Inggris.

Seorang pengguna Twitter menulis, "Sungguh senyuman yang luar biasa, Yang Mulia," sementara yang lain menambahkan, "Bukankah Ratu kita terlihat luar biasa?!" Di Instagram, penggemar kerajaan hampir tidak bisa menahan kegembiraan mereka.

Salah satunya berkomentar,  "Sang Ratu terlihat luar biasa. Dia pasti senang berada di Skotlandia"." Ratu Elizabeth II dipercaya bersemangat saat ia ambil bagian dalam upacara penting yang berlangsung di halaman depan Holyroodhouse, kediaman resmi bangsawan di Skotlandia.

3 dari 4 halaman

Kunci Ibu Kota Skotkandia

Melansir Daily Beast, Rabu, 29 Juni 2022, selama upacara, Ratu secara simbolis menerima kunci ibu kota Skotlandia dari Lord Provost. Sesuai tradisi, ia kemudian mengembalikan kunci dengan mempercayakan para pejabat terpilih untuk menyimpannya.

Ratu tersenyum berdiri di halaman depan istana, dengan seorang anggota rombongannya memegang payung di atas kepalanya. Ia bergabung dengan putra bungsunya, Pangeran Edward, dan istrinya Sophie. 

Sedangkan Meghan dan Harry sudah kembali ke Inggris untuk menghadiri upacara pembukaan pertemuan komunitas pemuda, One Young World, di Manchester, pada Senin malam, 5 September 2022. Harry juga turut mendampingi penampilan Meghan di depan publik.

Pada pagi hari, pasangan itu terlihat meninggalkan kediaman sementara mereka di Windsor. Meghan mengenakan atasan lengan pendek yang diperkirakan merupakan busana polo berbahan kasmir sutra dan sepatu suede. Mereka dikabarkan tiba di Inggris sejak Sabtu, 3 September 2022, untuk menghadiri acara tersebut.

Meghan membuka pidato dengan mengatakan 'senang bisa kembali ke Inggris'. Ini merupakan kunjungan keduanya ke negara Britania Raya setelah ia muncul di acara Jubilee Ratu Elizabeth II pada Juni 2022.

4 dari 4 halaman

Pidato Meghan

Panitia acara menyebutkan acara yang dihadiri Meghan dan Harry bertemakan isu upaya kesetaraan gender. Meghan banyak menyinggung dirinya sendiri selama pidato tersebut. Mantan bintang The Suit itu mengenang saat ia makan malam di acara tersebut sebelumnya.

Ia mengaku sempat tidak percaya bahwa ia bisa duduk bersama sejumlah pemimpin dunia, pahlawan kemanusiaan, perdana menteri, dan aktivis yang dikagumi dan dihormatinya sejak lama. Namun pidato Meghan di hadapan publik di Inggris dinilai tak memuaskan.

Pimpinan Majalah Majesty, Ingrid Seward menilai, 2.000 pemuda yang jadi audiens tak bisa memahami sepatah kata pun dari apa yang dibicarakan Meghan. "Itu tidak masuk akal. Semua tentang dia dan menghubungkan semuanya dengan dirinya sendiri. Saya tidak berpikir dia tahu apa yang dia bicarakan. Itu hanya 'aku, aku, aku' dan memuji dirinya sendiri," ucap Seward.

Di luar tempat acara, sekelompok warga memprotes kehadiran Harry dan Meghan. Mereka disoraki dan diejek ketika diantarkan dari hotel tempat mereka beristirahat ke lokasi pertemuan di Bridgewater Hall di Manchester.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.