Sukses

Cerita Pembelot Korea Utara yang Kini Jadi YouTuber Terkenal

Ada beragam cerita dari para pembelot Korea Utara, salah satunya seorang perempuan yang kini dikenal di media sosial, termasuk di YouTube.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam kisah dari para pembelot Korea Utara, salah satunya dari Kang Na-ra. Selama tumbuh di negara tersebut, ia tidak pernah mengakses internet. Bahkan beberapa rekan senegaranya yang punya hak istimewa yang diizinkan menggunakan telepon pintar hanya dapat mengakses intranet negara yang dibatasi secara ketat.

Dikutip dari CNN, Minggu, 4 September 2022, media sosial seperti YouTube, Instagram, dan Google tentu adalah hal yang asing baginya. Namun kini, Kang bertransformasi menjadi seorang YouTuber ternama di Korea Selatan dengan lebih dari 350 ribu subscribers. Videonya yang paling populer telah ditonton jutaan kali.

Akun Instagram-nya yang telah diikuti lebih dari 130 ribu followers menawarkan iklan bersponsor untuk merek-merek besar, termasuk Chanel dan Puma. Kang adalah satu di antara sekian banyak pembelot Korea Utara yang melarikan diri ke Korea Selatan yang menekuni karier sebagai YouTuber dan influencer media sosial.

Ada banyak orang yang telah mengikuti jalan yang sama dalam dekade terakhir. Video dan akun mereka memberi gambaran langka tentang kehidupan di Korea Utara, mulai dari makanan yang dimakan orang Korea Utara, bahasa gaul yang mereka gunakan, hingga rutinitas sehari-hari mereka.

Beberapa channel menawarkan lebih banyak konten politik, mengeksplorasi hubungan Korea Utara dengan negara lain. Ada pula yang terjun ke dunia budaya pop dan hiburan. Namun bagi banyak influencer yang melarikan diri dari Korea Utara, jalur karier ini tidak seaneh kelihatannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisah Awal

Para pembelot dan pakar mengatakan platform online ini tidak hanya menawarkan jalan menuju kemandirian finansial, tetapi hak pilihan dan representasi diri saat mereka berasimilasi dengan dunia baru yang menakutkan. Pembelot adalah fenomena yang relatif baru.

Mereka mulai memasuki Korea Selatan "dalam jumlah yang signifikan" dalam 20 tahun terakhir. Sebagian besar melarikan diri melalui perbatasan panjang Korea Utara dengan China, kata Sokeel Park, direktur negara Korea Selatan untuk Liberty di Korea Utara.

Sejak 1998, lebih dari 33.000 orang telah membelot dari Korea Utara ke Korea Selatan, menurut Kementerian Unifikasi Seoul, dengan jumlah memuncak pada 2.914 pada 2009. Kang, yang kini berusia 25 tahun, adalah salah satu dari banyak orang yang melakukan perjalanan yang berrisiko, seperti diperdagangkan dalam perdagangan seks China, atau ditangkap dan dikirim kembali ke Korea Utara, di mana para pembelot dapat menghadapi penyiksaan, penjara, dan bahkan kematian.

Kang melarikan diri ke Korea Selatan pada 2014 saat remaja, bergabung dengan ibunya yang telah membelot. Kondisi itu terasa sulit pada awalnya, seperti banyak orang lain, dia dihantui kesepian, culture shock, dan tekanan keuangan.

3 dari 4 halaman

Ramai-Ramai di Media Sosial

Pasar kerja Selatan yang terkenal sangat kompetitif bahkan lebih sulit bagi para pembelot yang harus menyesuaikan diri dengan masyarakat kapitalis dan permusuhan dari beberapa penduduk setempat. Pada 2020, sekitar 9,4 persen pembelot menganggur, dibandingkan dengan empat persen dari populasi umum, menurut Kementerian Unifikasi.

Bagi Kang, titik balik datang ketika dia mulai menerima konseling dan bergabung dengan sekolah dengan pembelot lainnya. Tapi baru setelah dia muncul di acara TV Korea Selatan, hidup benar-benar "menjadi menarik," katanya.

Pada 2010-an, ketertarikan publik yang meningkat terhadap orang Korea Utara memunculkan genre baru televisi yang dikenal sebagai "TV pembelot". Para pembelot diundang untuk berbagi pengalaman mereka.

Beberapa acara paling terkenal termasuk "Now On My Way To Meet You," yang pertama kali ditayangkan pada 2011, dan "Moranbong Club," yang ditayangkan pada 2015. Kang muncul di keduanya dan sekitar waktu inilah dia pertama kali melihat YouTube, di mana dia secara khusus tertarik pada video tentang tata rias, kecantikan, dan mode.

4 dari 4 halaman

Cerita Kang Na-ra

Pada 2017, dia telah membuat channel sendiri, memanfaatkan ketenarannya yang semakin meningkat dan "merekam kehidupan sehari-hari saya untuk orang-orang yang menyukai saya dari acara TV." Banyak video YouTube-nya mengeksplorasi perbedaan antara kedua Korea dalam gaya percakapan yang ceria, seperti norma kecantikan yang kontras.

"Di Korea Utara, jika Anda memiliki payudara besar, itu dianggap tidak baik!" katanya sembari tertawa dalam satu video, mengingat keterkejutannya saat menemukan bra empuk dan implan payudara di Korea Selatan. Video lain menjawab pertanyaan umum tentang melarikan diri dari Korea Utara, seperti apa yang dibawa para pembelot.

Akhirnya channel tersebut menjadi sangat populer sehingga ia mendapatkan perwakilan dari tiga agensi manajemen, menyewa produser video, dan mulai menarik klien untuk konten Instagram yang disponsori. "Saya memiliki aliran pendapatan yang stabil sekarang," katanya. "Saya bisa membeli dan makan apa yang saya inginkan, dan saya bisa beristirahat kapan pun saya mau."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.