Sukses

Komisi X DPR RI Sepakat Minta Pengajuan Kebaya ke UNESCO Secara Single Nomination

Setelah berbagai desakan dari komunitas dan aktivis, Ketua Komisi X DPR RI menegaskan agar pengajuan kebaya ke UNESCO dilakukan secara single nomination.

Liputan6.com, Jakarta - Polemik mengenai kebaya yang sedang diajukan menjadi warisan budaya tak benda ke UNESCO masih berlangsung. Setelah berbagai desakan dari komunitas dan aktivis, kini Ketua Komisi X DPR RI juga menegaskan agar pengajuan kebaya ke UNESCO dilakukan secara single nomination dan menolak dilakukan secara bersama-sama dengan negara lain.

Sikap tegas komisi X ini disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Kebaya Foundation dan Tim Nasional Hari Kebaya Nasional, Kamis, 25 Agustus 2022. "Kebaya itu harga mati milik Indonesia karena itu kita mengambil sikap tegas mendaftarkan kebaya ke Unesco secara single nomination," ujar Ketua Komisi X Agustina Wilujeng Pramestuti saat memimpin rapat, dari rilis yang diterima Liputan6.com.

Ia mengatakan, meskipun mendaftarkannya sulit, memakan waktu lama dan antrieanya panjang, tetap harus dilakukan secara sendiri. "Yang penting tetap semangat dan terus bergerak dan ini juga bisa sekaligus meningkatkan perekonomian bangsa melalui kebaya," tukas Agustina.

Batik, imbuhnya, dulu juga sempat mau diakui negara tetangga tetapi akhirnya UNESCO mengakui Batik sebagai Warisan Budaya Dunia dari Indonesia.  Sebelumnya Ketua Kebaya Foundation, Tuti Roosdiono berterima kasih atas sikap dan dukungan Komisi X DPR RI tersebut.

"Sejak abad ke-15 kebaya sudah digunakan oleh perempuan Indonesia di berbagai daerah di Nusantara karena itu kita harus memperjuangkan pengajuan kebaya secara single nomination untuk kepentingan bangsa dan negara," papar Tuti yang juga anggota Komisi IX DPR RI. Berbagai kajian sejarah menunjukkan bahwa kebaya digunakan bukan hanya sebagai pakaian tapi juga sebagai tradisi dalam berbagai kehidupan rakyat Indonesia dan juga dalam ritual keagamaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Didukung Semua Fraksi

Anggota DPR RI lainnya, Rano Karno mengingatkan bahwa Bung Karno pada tahun 1940-an telah menetapkan kebaya sebagai identitas perempuan Indonesia. Dalam Konferensi Asia Afrika, Bung Karno menjadikan kebaya sebagai  alat diplomasi budaya. 

“Kebaya itu bukan sekedar pakaian tapi bermakna kesetaraan dan emansipasi perempuan, bahkan menjadi simbol perjuangan,” jelas Rano Karno dari FPDI yang hadir secara virtual. Karena itu Rano Karno meminta agar pemerintah segera menetapkan Hari Kebaya Nasional dan penetapan ini sekaligus melanjutkan visi besar Bung Karno, kebaya menjadi alat diplomasi budaya.

Sementara itu, Sakinah Aljufri dari Fraksi PKS mendukung segera ditetapkannya Hari Nasional Kebaya dan diajukan ke UNESCO secara single nomination. "Kita harus menjadikan kebaya sebagai busana khas Indonesia dan kebaya itu busana pemersatu bangsa Indonesia," ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama Ketua Tim Nasional Hari Kebaya, Lana T Koentjoro menyampaikan berbagai langkah dan kegiatan yang sudah dan sedang dilakukan oleh Tim Nasional. Dukungan terus berdatangan untuk pengajuan Hari Kebaya Nasional menuju UNESCO. Saat ini tercatat 295 komunitas mendukung kerja Timnas.

 

3 dari 4 halaman

Suara Komunitas

“Kami juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai kebaya dalam berbagai kegiatan. Selain itu Tim Riset kami terus melakukan kajian untuk mencari tanggal yang tepat sebagai hari Kebaya dilihat dari latar belakang historis, politis dan budaya ,” papar Lana yang juga Ketua Umum Perempuan Indonesia Maju

Sementara itu, Adriana Charlote Dondokambey dari FPDIP mengapresiasi gerakan berkebaya yang dilakukan oleh berbagai komunitas selama ini sehingga kebaya kembali digunakan oleh berbagai kalangan dalam berbagai kegiatan. “Komisi X mendukung tim Nasional mengajukan Penetapan Hari Kebaya Nasional dan  itu moment bagi bangsa Indonesia dan perempuan Indonesia untuk kembali menggunakan kebaya,” katanya.

Rojih dari FPPP juga sependapat bahwa pemerintah perlu segera menetapkan Hari Kebaya Nasional untuk memajukan kebaya sebagai bagian dari budaya Indonesia. Kebaya bila dianalogikan dengan makanan, rendang misalnya, orang Sumatera Barat mengkonsumsinya sehari-hari yang kemudian menularkan ke daerah lain.

Pempek sebagai makanan khas Palembang juga menjadi santapan harian warga Palembang yang kemudian menyebar dan menjadi favorit daerah lain. “Demikian pula dengan kebaya, kita bangsa Indonesia harus kembali menggunakan secara rutin dan lebih sering dipakai,” katanya lagi.

4 dari 4 halaman

Tagar Kebaya Goes To UNESCO

Belakangan, busana kebaya akan diajukan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO, badan khusus Perserikatan Bangsa Bangsa, yang bergerak di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Artinya, kebaya akan menyusul batik, busana tradisional Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sejak 2 Oktober 2009.

Tagar Kebaya Goes To UNESCO pun kini mulai digaungkan. Seperti sejumlah selebriti yang beramai-ramai mengunggah foto berkebaya di media sosial untuk mengajak masyarakat menggunakan kebaya. Bukan hanya di dalam negeri, dari luar negeri dukungan Kebaya Goes To UNESCO pun mengalir deras.

Sekitar 200 perempuan di wilayah Washington D.C dan sekitarnya meramaikan parade “Cantik Berkebaya" di kawasan National Mall, pusat kota Washington DC 7 Agustus 2022. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan KBRI Washington D.C bersama masyarakat dan diaspora Indonesia terhadap upaya pendaftaran kebaya sebagai Warisan Tak Benda (Intangible Heritage) UNESCO.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Washington, D.C., Ayu Heni Rosan menyampaikan tujuan dari kegiatan ini. "Kebaya adalah warisan budaya dari leluhur kita yang wajib dilestarikan. Melalui kegiatan ini, para perempuan dan diaspora Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat telah menunjukkan peran dan kontribusinya secara nyata terhadap gerakan Kebaya Goes to UNESCO.  Kami juga akan terus menggiatkan upaya promosi kebaya sebagai busana khas Indonesia agar lebih dikenal oleh publik AS", kata Ayu mengutip laman News Liputan6.com Senin, 22 Agustus 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.