Sukses

Semakin Cantik dan Nyaman! 4 Jenis Ubin Lantai Ini Cocok untuk Rumah Idaman Kamu

Ubin merupakan salah satu dekorasi untuk rumah agar lantai terasa lebih nyaman digunakan dan ruangan akan terlihat lebih cantik.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang sedang membangun rumah impian untuk keluarga? Jika itu kamu, alangkah baiknya memilih material ubin rumah secara selektif ya!

Ubin merupakan salah satu dekorasi untuk rumah agar lantai terasa lebih nyaman digunakan dan ruangan akan terlihat lebih cantik. Tapi, jika kamu pergi ke toko bangunan, ada banyak sekali jenis material ubin yang tersedia.

Setiap jenisnya memiliki karakter dan keunggulan yang berbeda. Jika kamu bingung dalam melakukan pilihan ubin untuk rumah, berikut ini 4 jenis ubin yang bisa digunakan untuk rumah impian kamu!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis-Jenis Ubin

1. Ubin Keramik

Ubin satu ini kerap kali dipilih oleh banyak keluarga ya! Salah satu yang menjadi keunggulan dari ubin jenis ini adalah pemasangannya yang relatif lebih praktis. Selain itu, pilihan dari ubin keramik ini sangat bervariasi, mulai dari segi ukuran, tekstur, pola, dan warna. Eits, tidak hanya itu saja, harga dari jenis ubin ini cenderung lebih terjangkau lho! Bisa jadi salah satu alternatif pilihan.

2. Ubin Granit

Buat kamu yang ingin mendapatkan kesan mewah, penggunaan ubin granit bisa jadi pilihan utama ya. Dengan menggunakan ubin jenis itu, kamu juga bisa mengurangi sambungan pada lantai lho!

Kamu bisa menggunakan ubin jenis ini pada ruangan yang selalu basah dan cenderung lembab karena pori-pori yang lebih padat dimiliki ubin granit. Kamu juga bisa menambahkan ubin jenis marmer ketika mengaplikasikan ubin granit di kamar mandi, karena ubin granit dan marmer merupakan paduan yang sangat pas.

Walau memberikan kesan yang elegan, ubin jenis ini memiliki kelemahan juga lho! Salah satunya adalah mudah menyerap noda. Untuk itu, kamu harus melakukan perawatan yang ekstra, supaya noda tidak merusak warna ubin granit ya.

3. Ubin Vynil

Kalau tidak ingin menampilkan kesan mewah, kamu bisa memilih ubin jenis ini untuk menampilkan kesan natural. Dengan kamu menggunakan ubin jenis ini, budget dalam membuat rumah kamu menjadi cantik jadi lebih efisien dan pemasangannya pun sangat mudah.

Selain itu, pilihan pola dan warna juga sangat variatif dan konsisten. Ubin vynil juga bisa membuat lantai lebih tahan air dan kotoran. Tapi yang kelemahannya ketika kamu mengaplikasikan ubin vynil ini adalah mudahnya terkelupas ketika kamu memindahkan beragai barang di dalam ruangan.

4. Ubin Parket

Jika kamu ingin menampilkan kesan hangat dan relatif mudah dipasang, ubin jenis ini bisa menjadi pilihan. Namun, ubin jenis ini tergolong mahal dari segi harga dan perawatannya. Untuk itu, kamu harus menghindari genangan air serta sinar matahari, agar warna dari parket tidak cepat berubah dan rusak.

Itu dia 4 jenis ubin yang bisa kamu aplikasikan ke dalam ruangan. Tapi yang paling penting, tentukan ubin tersebut sesuai dengan kebutuhan rumah kamu ya! Dan cermati juga kelebihan serta kekurangan yang ada. Yuk, segera wujudkan ubin ramah idamanmu!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini