Sukses

8 Alasan Tetap Lelah Setelah Bangun Tidur, Simak Cara Mengatasinya

National Sleep Foundation mengatakan orang dewasa yang sehat membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda tetap merasa lelah, padahal sudah tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam? Bisa jadi hal itu terjadi karena ada yang salah dengan kualitas tidur dan gangguan psikologis saat tidur. National Sleep Foundation mengatakan, orang dewasa yang sehat membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam, sehingga mungkin perlu lebih dari delapan jam tidur untuk merasa berenergi.

Mengutip CNN, Selasa, 16 Agustus 2022, menurut sebuah studi tahun 2015, sebagian orang mengalami gangguan kinerja saat pertama kali mematikan alarm. Kondisi juga meliputi inersia tidur sebagai keadaan fisiologis gangguan kinerja kognitif dan sensorik-motorik yang hadir tidak lama setelah bangun.

Efek inersia tidur biasanya hilang setelah 15 hingga 60 menit, tapi dapat bertahan hingga beberapa jam. Menurut penelitian, inersia tidur merusak keterampilan kognitif, seperti pemikiran evaluatif, pengambilan keputusan, kreativitas, serta penggunaan aturan, dan semakin buruk saat seseorang kurang tidur. Mengalami inersia tidur selama berjam-jam dapat memengaruhi kualitas hidup Anda.

"Cara untuk mengatasinya dimulai dengan mengevaluasi tidur Anda apakah mendapatkan kualitas tidur yang baik," kata spesialis paru dan tidur Dr. Raj Dasgupta, seorang profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine University of Southern California.

Dasgupta juga menyarankan untuk menemui spesialis tidur, untuk memeriksa gangguan tidur yang mendasari atau primer. Tapi, ada faktor lain yang lebih mudah dimodifikasi yang dapat mengganggu proses pemulihan, seperti integrasi memori, pengaturan hormon, dan pemrosesan emosional yang perlu terjadi selama tidur. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelelahan

Untuk itu, ketahui delapan alasan Anda tetap merasa lelah setelah bangun tidur.

1. Kelelahan

"Ada banyak kondisi yang menyebabkan kelelahan, tapi tidak serta merta membuat orang merasa siap untuk tertidur," kata Jennifer Martin, profesor kedokteran di David Geffen School of Medicine di University of California.

Ini dapat mencakup kondisi nyeri kronis, kondisi metabolik atau tiroid, anemia, dan penyakit paru obstruktif kronik. Jika merasa kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, langkah pertama yang penting dilakukan adalah memeriksa fisik secara rutin ke dokter.

Anda juga bisa mencoba tidur satu jam lebih awal atau bangun satu jam lebih lambat dari biasanya dan melihat apakah itu membuat perbedaan, kata Christopher Barnes, seorang profesor manajemen di University of Washington yang mempelajari hubungan antara tidur dan bekerja.

2.Gaya hidup menetap

Jika tidak banyak bergerak, tubuh akan terbiasa hanya mengeluarkan energi dalam tingkat yang rendah. Jadi, Anda mungkin merasa lebih lelah daripada yang seharusnya ketika mencoba melakukan aktivitas dasar sehari-hari.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan bahwa orang dewasa mendapatkan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu. Sementara, orang hamil harus melakukan setidaknya 150 menit aerobik sedang dan latihan penguatan per minggu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

3. Kecemasan atau Depresi

Raj Dasgupta mengatakan, memiliki kecemasan atau depresi bisa sangat melelahkan. Kondisi ini juga dapat memengaruhi secara negatif waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, serta apakah berapa kali Anda bangun sepanjang malam.

"Terkadang obat yang digunakan untuk mengatasi depresi atau kecemasan dapat memiliki efek samping, seperti insomnia atau menghalangi tahap tidur yang lebih dalam," sebut Dasgupta.

4. Tidur tidak konsisten

Jadwal juga dapat berfluktuasi untuk orang-orang dengan pekerjaan berbasis shift. Hal ini memengaruhi jam tidur yang tidak konsisten. 

"Praktik yang sangat umum adalah mengatakan, 'Oke, yah, ini Jumat malam. Saya tidak harus bekerja besok pagi, jadi saya bisa begadang sedikit lebih lama,'" kata Barnes lagi.

Mungkin Anda begadang Sabtu malam lebih larut karena Anda juga tidak harus bekerja pada hari Minggu, lalu tidur lebih awal pada hari Minggu menjelang minggu kerja. Namun pada titik ini, Anda telah menyesuaikan jadwal tidur kembali beberapa jam dalam waktu singkat. "Ini sangat mirip dengan jet lag," kata Barnes.

5. Dehidrasi

Lebih dari 50 persen tubuh Anda terbuat dari air, yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi, termasuk mencerna makanan, menciptakan hormon dan neurotransmiter, serta mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh Anda, menurut Klinik Cleveland. Dehidrasi telah dikaitkan dengan penurunan kewaspadaan dan peningkatan rasa kantuk dan kelelahan.

Institute of Medicine merekomendasikan wanita mengkonsumsi 2,7 liter cairan setiap hari, dan pria 3,7 liter setiap hari. Rekomendasi ini mencakup semua cairan dan makanan kaya air, seperti buah-buahan, sayuran, dan sup. Karena rasio asupan air rata-rata dari cairan ke makanan adalah sekitar 80:20, itu berarti jumlah harian sembilan gelas untuk wanita dan 12 gelas untuk pria.

4 dari 4 halaman

6. Lingkungan atau rutinitas tidur yang buruk

Sebaiknya setiap orang memerhatikan kebersihan ruang tidur yang baik, termasuk menjaga kamar tidur tetap gelap, tenang, dan dingin di malam hari dan hanya menggunakannya untuk tidur dan berhubungan seks.

Hindari mengonsumsi minuman berkafein kurang dari enam jam sebelum tidur dan batasi konsumsi alkohol dan makanan berat atau pedas setidaknya dua jam sebelum tidur. Alkohol dapat mencegah tahap tidur yang lebih dalam, dan makanan semacam itu dapat menyebabkan masalah pencernaan yang mengganggu tidur yang memulihkan.

7. Masalah pasangan tidur

"Orang (atau hewan peliharaan) dengan siapa Anda berbagi tempat tidur memiliki dampak besar pada tidur Anda," kata Martin.

Ia menambahkan, sleep apnea kondisi di mana pernapasan berhenti dan dimulai kembali saat seseorang tidur umum terjadi pada orang yang mendengkur. Mungkin pasangan tidur Anda mengalami gangguan tidur dan mendengkur atau berguling-guling.

Atau mungkin mereka memiliki jadwal berbeda yang mengganggu tidur Anda. Hewan peliharaan juga dapat mengganggu jadwal tidur Anda karena mereka tidak memiliki pola tidur yang sama dengan manusia.

"Hal terpenting jika pasangan Anda tidur mendengkur sebaiknya bawa mereka ke spesialis tidur dan mengevaluasi mereka untuk apnea tidur," kata Martin.

8. Gangguan tidur

Pada catatan itu, gangguan tidur adalah faktor lain yang secara dramatis dapat mengurangi kualitas tidur, kata Barnes. Seseorang dengan sleep apnea mungkin terbangun 50 kali, 100 kali, bahkan lebih sepanjang malam, tambahnya.

"Begitu Anda bangun, Anda tidak lagi tertidur lelap dan biasanya Anda tidak langsung tertidur lelap," kata Barnes.

Gangguan tidur lain yang dapat mempengaruhi tingkat energi harian termasuk narkolepsi dan sindrom kaki gelisah, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.