Sukses

Intip Cara Membuat Omurice yang Mudah Tanpa Lengket

Liputan6.com, Jakarta Sajian dari telur memang gak ada habisnya. Bahan pangan kegemaran masyarakat Indonesia dan dunia ini bisa dibuat menjadi berbagai makanan dan dikombinasikan dengan bahan lain. Salah satunya yang viral baru-baru ini adalah Omurice.

Omurice itu adalah nama makanan dari Jepang yang berbahan dasar telur dan dimasak setengah matang, mirip seperti telur dadar, tapi ada isi nasi gorengnya lho. 

Untuk membuat Omurice sendiri, kita harus memerhatikan wajan yang digunakan untuk memasak.  Apakah Wajannya lengket atau tidak?

Karena kalau lengket dan timing-nya tidak tepat, Omurice yang kita buat akan menempel di wajan menjadi Kerak. Akhirnya Menjadi kerak telor, bukan lagi Omurice.

Berikut ini ada trik khusus untuk memasak Omurice tanpa lengket lengkap dengan resep membuat Omurice yang enak.

Siapkan bahan Nasi Goreng:

  • 150gram Nasi putih yang sudah masak
  • ¼ sdt lada hitam, bubuk
  • ½ sdm minyak goreng
  • 1 sdm bawang bombai, iris tipis
  • 1 sdm wortel, potong kecil
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 potong ayam bagian dada atau paha, potong dadu
  • garam, secukupnya

Bahan Omelet:

  • ¼ sdt garam
  • 1 sdm susu cair
  • 1 sdm mentega
  • 3 butir telur ayam
  • Saus tomat untuk penyajian

Setelah bahan-bahan sudah siap, gunakan wajan anti lengket Pero midi wok pan yang kamu bisa beli di Oshop.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Langkah Membuat Nasi Goreng dan Omurice

Langkah membuat Nasi Goreng :

1. Kita siapkan bahan untuk memasak Nasi Goreng:

Sebelumnya kita panaskan minyak di wajan anti lengket, dan gunakan api mode  sedang. Taburi potongan ayam dengan sedikit garam lalu masukkan ke dalam wajan dan tumis sebentar, masak hingga cukup empuk.

2. Masukkan bawang bombai dan wortel yang sudah di potong, lalu tumis sebentar. Setelah itu masukkan nasi dan aduk tumis rata.

3. Setelah cukup harum, buat lubang di tengah tumisan nasi yang digoreng, tambahkan saus tomat dan masak sebentar selama 30 detik. Lalu campur saus tomat dengan nasi, Aduk rata. Tambahkan sedikit garam dan lada hitam, Aduk rata.

4. Nasi goreng yang sudah matang di tata di atas piring

Langkah membuat Omurice :

1. Bersihkan wajan setelah selesai menggoreng. Siapkan 3 butir telur, susu dan sedikit garam. Pecahkan telur ke dalam mangkuk, masukan susu dan sedikit garam, lalu kocok aduk rata.

2. Panaskan wajan dengan api sedang dengan beri mentega hingga meleleh dan ratakan.Lalu tuang adonan telur dari mangkuk, dan ratakan menggunakan spatula.

3. Masak telur cukup setengah matang selama 60 detik, setelah bagian bawah telur sedikit matang, matikan kompor. Masukkan nasi goreng diatas tengah bagian telur yang setengah matang, lalu miringkan wajan sedikit dan gulung telur dari ujung pinggir ke tengah hingga berbentuk oval. Lakukan perlahan hingga ujung pinggir telur dadar menempel.

4. Matikan kompor, letakkan telur dadar yang sudah menjadi Omelet rice diatas piring saji. Tuang sedikit saus tomat di atas Omurice. Omurice siap dinikmati. Omurice Bisa dibelah menggunakan pisau ketika masih panas.

Itulah trik memasak Omurice. Segera praktekkan di rumah dan sajikan Omurice yang spesial untuk keluarga.

Semua peralatan yang digunakan untuk memasak Omurice bisa kalian dapatkan di web www.oshop.co.id. Dapatkan Promo Menarik lainnya di Oshop, Belanja di Oshop Aja!

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS