Sukses

Kejurnas Danau Toba Rally 2022 Dongkrak Sport Tourism ke Pentas Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Kejuaraan Nasional atau Kejurnas Danau Toba Rally 2022 jadi salah satu event yang mengusung konsep sport tourism. Konsep ini tak lain sinergi industri pariwisata dan olahraga yang mengedepankan aspek antusiasme pada olahraga hingga keindahan alam.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kejurnas Danau Toba Rally 2022 sendiri telah digelar 5--7 Agustus 2022. Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menyebut selain event olahraga, namun ini juga bagian dari pengembangan sektor pariwisata.

"Potensinya tidak hanya level nasional, tapi juga Asia Pasifik, bahkan kelas dunia," kata Musa Rajekshah dalam rangkaian acara Danau Toba Rally 2022 di Sumatera Utara.

Ijek, begitu ia akrab disapa menjelaskan bahwa gelaran rally di kawasan Danau Toba ini memicu efek domino bagi industri pariwisata. Ia mengalkulasi, dengan 46 mobil rally atau 92 pembalap, satu peserta dapat membawa tim mekanik dan keluarga hingga total 1.000 orang.

Ditambah dengan 300-an panitia dan penonton dari berbagai daerah, sehingga setidaknya ada 3.000 orang yang datang ke ajang Danau Toba Rally 2022. Bila setiap orang rata-rata membelanjakan Rp2 juta untuk hotel dan konsumsi selama gelaran tiga hari, total uang yang berputar mencapai Rp6 miliar.

Hal tersebut belum termasuk belanja lain-lainnya dan promosi positif dari orang-orang yang mengetahui keindahan Danau Toba dari cerita wisatawan yang datang menonton Danau Toba Rally 2022, serta pemberitaan di media maupun media sosial.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Trek Aek Nauli

"Itu semua akan menjadi efek domino untuk membangkitkan sport tourism Danau Toba," tambahnya.

Karena itu, Ijek sangat mengapresiasi kontribusi berbagai pihak yang mendukung penuh gelaran rally ini. Salah satunya, PT Toba Pulp Lestari Tbk yang menyediakan lahan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli di Kabupaten Simalungun sebagai trek untuk Danau Toba Rally 2022.

"Karakteristik trek Aek Nauli ini sangat lengkap dan variatif, jadi sangat menantang. Ini trek kelas dunia karena dulu pernah menjadi lokasi WRC (World Rally Championship)," ungkap Ijek.

Kawasan Danau Toba pernah menorehkan tinta emas dalam sejarah penyelenggaraan kejuaraan rally dunia ketika menjadi lokasi pelaksanaan gelaran WRC pada 1996 dan 1997. Sektor Aek Nauli menjadi salah satu trek yang banyak diapresiasi pembalap dunia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Geliat Sport Tourism

Direktur PT Toba Pulp Lestari Tbk Anwar Lawden menyebut, Aek Nauli adalah HTI yang dikelola dengan prinsip keberlanjutan, sehingga bisa menghadirkan lokasi untuk kejuaraan rally yang layak dikembangkan hingga kelas dunia. "Ini merupakan bentuk dukungan penuh kami pada pengembangan olahraga dan sektor pariwisata Danau Toba yang menjadi destinasi prioritas nasional," ucapnya.

Dalam gelaran Danau Toba Rally 2022, 46 pembalap beradu cepat dalam sembilan Special Stage (SS) di HTI Sektor Aek Nauli dengan jarak total sepanjang 333,86 kilometer. Para peserta berasal dari berbagai wilayah seperti Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, hingga Sulawesi Selatan.

Anwar meyakini, gelaran Danau Toba Rally 2022 tidak hanya menggairahkan dunia olahraga Tanah Air, tapi juga membangkitkan industri pariwisata serta mendorong pemberdayaan sektor UMKM di kawasan Danau Toba. "Salah satu multiplier effect dari pengembangan sport tourism di Danau Toba adalah pelaku UMKM yang bisa mendapatkan manfaat dari kedatangan ribuan wisatawan," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Kelas Dunia

Anwar melanjutkan, Kejurnas Danau Toba Rally 2022 yang berlokasi di HTI Sektor Aek Nauli ini akan menjadi pemanasan dan persiapan untuk event lebih besar lagi yang rencananya akan digelar pada September 2022, yakni Asia Pacific Rally Championship (APRC). Selanjutnya, pada 2023 akan ditargetkan naik kelas lagi dengan menggelar World Rally Championship.

"Kami berkomitmen untuk mendukung penuh pengembangan sport tourism kelas dunia di Danau Toba," katanya.

Pembalap nasional Rifat Sungkar mengatakan Danau Toba Rally 2022 menjadi ajang rally pertama yang diikutinya setelah absen selama 12 tahun. Pembalap yang memperkuat tim Mitsubishi Xpander Rally Team ini pun memuji kualitas trek Danau Toba Rally 2022 yang berada di HTI Sektor Aek Nauli.

"Ini trek kelas dunia, variasi lintasannya, pemandangannya, semuanya juara," terangnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS