Sukses

Apa Itu Escargot? Simak Cara Masak dan Penyajiannya

Escargot adalah salah satu sajian khas dari Prancis.

Liputan6.com, Jakarta - Saat bertandang ke restoran Prancis, escargot biasanya ada dalam daftar menu makanan pembuka. Secara harfiah, escargot sendiri berarti siput dalam bahasa Prancis.

Dikutip dari Spoon University, Jumat (29/7/2022), escargot adalah hidangan siput yang umum disajikan di banyak negara Eropa, tak hanya Prancis, tapi juga Spanyol dan Portugal. Siput disebut cukup bergizi, tergantung cara memasaknya, karena kaya protein dan rendah lemah.

Namun penting diketahui bahwa tidak semua siput dapat dimakan. Hanya beberapa jenis keong darat yang dapat dijadikan escargot.

Artinya, jika menemukan siput di kebun Anda dan ingin mencoba escargot, jangan dimasak. Ini mungkin tidak dapat dimakan dan kemungkinan besar Anda bisa sakit.

Dikutip dari Departures, Prancis, secara historis, adalah tempat asal siput escargot dan siput liar yang paling dicari, dikumpulkan di sekitar Pegunungan Alpen Timur. Kelezatannya tidak harus datang dari Prancis untuk dijual sebagai escargot pada menu, escargot hanya mengacu pada gaya penyajian ala negara itu.

Faktanya, banyak tempat di seluruh dunia, yakni sebagian besar Eropa, Mediterania, dan berbagai negara Afrika, menggunakan siput dalam hidangan yang mirip dengan escargot.

Mashed menulis, menurut Departemen Pertanian AS, tiga ons porsi escargot yang dimasak, tanpa cangkang, akan mengandung sekitar 120 kalori, 16 gram protein, 4,5 gram lemak, dua gram karbohidrat, dan 330 mg natrium. Siput juga sumber zat besi yang layak, dengan sekitar 3,5 mg per porsi, serta magnesium (253,5 mg per porsi), fosfor (276 mg per porsi), dan kalium (390 mg per porsi).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seperti Apa Rasanya?

Escargot juga kaya tryptophan, yang berarti mereka dapat bekerja sebagai mood booster atau membuat Anda mengantuk. Lantas, bagaimana rasa escargot?

Departures menulis biasanya escargot disajikan dengan diolesi mentega bawang putih yang lezat di samping (atau di atas) roti yang renyah. Rasa siput cukup lembut dan dikenal karena teksturnya yang kenyal.

Dilansir Mashed, hidangan yang tak biasa bagi sebagian orang ini ternyata sangat lezat. Rasa daging escargotnya sendiri cukup lembut, namun teksturnya juicy, sedikit kenyal, dan ada banyak rasa dari sausnya. Namun, seperti halnya setiap jenis makanan lain, tidak semua orang menyukainya.

Utas Quora yang menanyakan tentang rasa escargot mendapat tanggapan yang beragam. Seorang responden menjawab, "Biasanya memiliki banyak mentega di atasnya, jadi itu adalah rasa utama." Ia menambahkan, "Tekstur dan rasanya ... saya akan mengatakan itu paling mirip dengan kerang atau tiram, tapi lebih substansial."

Sedangkan lainnya berpendapat, "Siput pada dasarnya hanya memberikan tekstur, karena dicelupkan dalam bawang putih." Namun pengguna Quora lainnya mengatakan, "Saya tidak ingat banyak rasanya, tetapi teksturnya kenyal."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Menyiapkan Escargot untuk Dimasak

Mashed mewartakan, jika Anda telah membeli escargot kalengan, escargot itu siap dimasak. Jika escargot dibeli atau dipanen segar, begitu segar sehingga mereka masih hidup dan menggeliat, dalam hal ini segalanya menjadi jauh lebih rumit.

Sebelum Anda siap memasak, siput harus disimpan dalam ember tertutup dengan lubang pernapasan. 10 hari sebelum Anda berencana untuk memakannya, beri mereka makan selada dan sediakan sepiring air tawar.

Tiga hari sebelum siput dimasak, mereka harus berhenti makan makanan padat, tapi jika ingin mewah, Anda bisa menukar airnya dengan anggur. Beberapa jam sebelum dimasak, bersihkan lendir siput dengan menutupinya dengan air yang telah dicampurkan dua sendok makan garam dan satu cuka untuk setiap lusin siput.

Diperlukan waktu sekitar empat jam bagi siput untuk mengeluarkan lendirnya. Setelahnya, Anda dapat membilasnya, merebusnya selama 10 menit, lalu mengeluarkannya dari cangkang. Siput cangkang kebun tidak cukup kuat untuk berdiri saat dipanggang, jadi Anda mungkin ingin mengupas cangkangnya.

4 dari 4 halaman

Cara Penyajian

Sedangkan menurut Spoon University, escargot biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama. Siput yang dimasak secara tradisional ala Prancis dibuat dengan peterseli dan mentega bawang putih.

Ada wajan khusus yang digunakan untuk memasak dan menyajikan siput. Wajan itu adalah wajan tumis satu sisi dengan 6--12 rongga tergantung pada ukuran wajan Anda.

Siput dimasak secara individual di setiap rongga. Namun, Anda tidak memerlukan panci escargot besi khusus untuk memasak escargot dan bisa disiapkan dengan memasaknya di wajan dengan mentega.

Sajian ini dapat disuguhkan di dalam cangkangnya bersama dengan roti dan saus mentega. Escargot biasanya diakhiri dengan bumbu tambahan dan bisa pula dengan keju.

Mashed menulis, jika makan escargot yang disajikan dalam cangkang, cara yang tepat untuk mengambil dagingnya adalah dengan garpu escargot, alat yang dimaksudkan untuk menjangkau ke dalam ruang cangkang dan membantu Anda mengambilnya. Escargot di dalam atau di luar cangkang juga dapat disajikan dalam hidangan escargot khusus dengan lekukan untuk masing-masing, atau dapat disajikan di atas roti panggang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.